Pemerintah Siap Transfer Bantuan Sosial Tunai Rp 600 Ribu Per Keluarga

oleh -180.792 views
Pihak Kemensos salurkan bantuan sosial tunai kepada penerima manfaat yang terdampak pandemi corona atau Covid-19. (Foto: Dok. Humas Kemensos RI)

JAKARTA, JP- Kabar baik untuk maayarakat Indonesia khususnya yang berada di luar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Pasalnya, Kementerian Sosial (Kemensos) RI segera menyalurkan bantuan sosial tunai sebesar Rp600 ribu bagi warga terdampak Covid-19 yang berdomisili di luar Jabodetabek.

“Di luarJabodetabek kita akan memberikan bantuan sosial tunai selama 3 bulan sebesar Rp 600.000 per keluarga,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara.

Mensos berharap mulai disalurkan pada akhir April 2020 ini.

“Saya harapkan bulan ini, tapi tidak bisa langsung serentak karena menyangkut pendataan, namun minggu keempat bulan April sebaiknya sudah mulai jalankan,” katanya.

Soal mekanisme penyaluran bantuan tersebut, menurut Mensos, ada yang ditransfer langsung, ada juga yang dikirim melalui kantor pos.

“Nanti warga dinotifikasi gitu di kantor pos yang tidak ditransfer, nanti kita atur agar tidak terjadi antrean yang panjang,” jelasnya.

Untuk saat ini, lanjut Mensos, bansos masih dilakukan koordinasi antara Kemensos RI dan Pemerintah daerah (Pemda)

“Bansos tunai perlu koordinasi dulu antara Pemda dengan kementerian sosial yang saat ini sedang berlangsung, karena ini menyangkut jumlah banyak dan juga tentunya kita tidak ingin berdebat soal data,” tegasnya.

Ditambahkan Mensos, pihaknya menyerahkan persoalan data penerima bansos kepada Pemda

“Kita menyerahkan datanya dari daerah dulu, setelah kita terima semua baru kita crosscheck untuk kegiatan tersebut. Apabila ada keluarga yang ternyata sudah masuk ke dalam penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako, maka akan langsung dicoret,” tandasnya.

Diketahui, untuk warga yang di Jabodetabek, Kemensos menyalurkan bantuan sembako dengan nominal yang lebih besar yakni Rp1,2 juta. (JPc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *