HomePemerintahan

Dilaunching Wagub Hasil Perikanan Sulut Diekspor ke Singapura, Pusat Beri Apresiasi

Dilaunching Wagub Hasil Perikanan Sulut Diekspor ke Singapura, Pusat Beri Apresiasi

MANADO, JP- Terobosan baru di tengah upaya pemulihan ekonomi, dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Di mana produk perikanan yang menjadi unggulan Sulut ini, diterbangkan menembus pasar internasional di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini ditandai dengan dilaunchingnya Direct Call Eksport Hasil Perikanan ke Singapura oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang berlangsung di VIP Pemda bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (08/03/2021).

Wagub sangat mengapresiasi langkah semua pihak, terutama para pejuang ekspor, yang dengan gigih telah membuka pasar baru untuk komoditas unggulan Sulut.

Baca Juga  Provinsi Sulut plus 11 Daerah Diganjar Penghargaan Swasti Saba 2019

“Terobosan direct call ke Singapura ini bukan main-main, ibaratnya telah menabrak tembok untuk melewati sungai deras. Salut untuk para pejuang ekspor,” ungkapnya.

Wagub menyebutkan, pemerintah daerah selalu punya niat untuk membangun dan membangkitkan ekonomi, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, tidak ada jalan lain untuk peningkatan ekonomi, selain melakukan ekspor pertanian dan perikanan. Dan ini direalisasikan melalui ikhtiar semua pihak,” paparnya.

Namun Wagub meminta agar jangan cepat puas dengan keadaan yang telah dicapai saat ini, namun harus terus lakukan inovasi.

Baca Juga  Silaturahmi Lintas Ormas Sulut: Kami Bersepakat Bersama Itu Indah

“Kita tidak boleh puas dengan capaian saat ini, karena masih banyak peluang dan market yang dapat disasar. Kiranya output dan outcame dapat dinikmati masyarakat Sulut,” tandasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Edwin Silangen mengatakan penerbangan langsung ini sangat direspon Gubernur Olly Dondokambey yang kemudian ditindaklanjuti dengan zoom meeting dengan atase perdagangan yang kemudian terwujud melalui direct call.

“Ekspor ke Tokyo Jepang tetap berjalan, kita kirim juga sampel untuk ikut pameran di Tokyo dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Sejumlah pihak masing-masing Menteri Perdagangan RI melalui Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Kasan, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Rina dan
Menteri Keuangan RI melalui Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi dan Dubes Berkuasa Penuh Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mengatakan direct call Perikanan Sulut ini, merupakan hal yang luar biasa, terlebih di tengah pandemi. Apalagi, direct call Perikanan Sulut ini mampu menjawab kebutuhan Singapura. (JPc)

Baca Juga  Penatua Tommy Sampelan Minta Pemprov Bijaksana Sikapi Penolakan Warga Pineleng

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0