HomeKolom & Interaktif

Peran Kaum Muda Masa Kini

Peran Kaum Muda Masa Kini

Penulis : Rivaldo E.M. Padachan
(Mahasiswa Unika De’la Salle Manado)

KAUM muda atau generasi muda seringkali dikaitkan dengan usia atau umur. Menurut World Health Organization (WHO) pemuda didefinisikan sebagai seseorang yang berusia antara 10 sampai 24 tahun. Sementara menurut UU Kepemudaan, pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Menurut International Youth Year yang diselenggarakan tahun 1985 mendefinisikan pemuda sebagai kelompok penduduk yang berusia 15-24 tahun. Jika dilihat dari segi usia, pemuda merupakan masa perkembangan secara biologis dan psikologis yang memiliki aspirasi yang berbeda sehingga memiliki semangat pembaharu dan progresif. Jika dilihat dari segi ideologis politis, maka generasi muda adalah calon pengganti dari generasi terdahulu, dalam hal ini berumur antara 18-30 tahun.

Kaum muda adalah individu yang secara biologis dan psikologis sedang berkembang dan memiliki semangat pembaharu dan mereka juga yang adalah penerus bangsa di masa depan nanti. Merekalah yang nantinya akan memimpin bangsa ini, membawa perubahan serta melanjutkan pekerjaan yang dibangun pada masa sekarang.

Oleh karena itu, mereka sangat berperan aktif dalam pembangunan bangsa terlebih untuk memajukan bangsa yang memiliki daya saing dan dapat menghasilkan karya yang unggul terhadap bangsa lain. Kaum muda memiliki harapan, semangat dan cita-cita yang tinggi demi memajukan bangsa. Mereka dapat berinovasi di berbagai bidang dan terus mengembangkannya dengan kreativitas yang tiada batasnya sehingga dapat menghasilkan karya yang tidak kalah dengan bangsa lain.

Baca Juga  SEKILAS SEJARAH MATAKIN Catatan HUT ke-97 MATAKIN: 12 April 1923-12 April 2020 (Bagian 5)

Peranan dari kaum muda yang begitu pentingnya dalam mendongkrak stabilitas dan kemajuan bangsa ini sehingga aspirasi dan semangat dari mereka tak bisa dihiraukan. Salah satu peranan kaum muda dalam usaha memajukan bangsa adalah peranan mereka dalam bidang teknologi. Pada masa sekarang ini atau biasa disebut dengan era digital atau 4.0, teknologi sudah tak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir setiap aktivitas manusia memerlukan teknologi, baik dalam hal kecil seperti berfoto dengan smartphone sampai hal besar seperti penerapan kecerdasan buatan dalam industri. Tentu hal ini membawa kabar baik bagi kita manusia dalam mendukung aktivitas di kehidupan sehari-hari. Teknologi merupakan salah satu faktor penting dari kemajuan suatu bangsa. Semakin majunya teknologi suatu bangsa maka semakin maju pula bangsa itu. Kemajuan dalam bidang teknologi tentu tak dapat dilepaskan dari peranan orang-orang yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan yang mendedikasikan hidup mereka demi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kaum muda adalah salah satu diantara dari orang-orang tersebut. Mereka terus berinovasi dan mengeluarkan kreatifitasnya dalam bidang yang dikuasainya.

Baca Juga  Penipuan Dengan Menggunakan Telepon Selular Ditinjau Dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Pengguna terbesar dari teknologi adalah para kaum muda. Mereka berinteraksi dengan teknologi yang sudah sangat dekat dengan kehidupan manusia salah satunya adalah smartphone. Melalui benda kecil itu, manusia dapat melakukan aktivitasnya dengan lebih mudah dan efisien. Tentu hal ini dapat berdampak baik dan buruk juga terlebih bagi kaum muda. Melalui smartphone para kaum muda sudah mulai menunjukkan kreatfitas mereka terlebih dengan adanya media sosial dan aplikasi video musik. Melalui wadah yang sudah ada jika dimanfaatkan dengan baik maka dapat membawa hal positif bagi perkembangan bangsa. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, para kaum muda sudah sangat berperan aktif dalam pembangunan bangsa. Selain itu dengan adanya perkembangan teknologi ini dapat mendorong para kaum muda di dalam negeri untuk berinovasi guna menghasilkan produk yang lebih unggul dan berdaya saing.

Selain dari smartphone, perkembangan teknologi juga terjadi dalam bidang industri salah satu contohnya penggunaan kecerdasaan buatan dalam pembangunan dan perakitan. Para kaum muda sudah banyak menghasilkan hasil karya yang bagus dan memiliki daya saing. Hal ini tentu merupakan kesempatan emas dimana hasil karya tersebut bila dikembangkan dapat menjadi karya yang lebih berguna dan pemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat terlebih untuk kemajuan bangsa. Ini adalah salah satu bukti dari inovasi para kaum muda di negeri ini.

Baca Juga  Kesakralan Tubuh Manusia Menurut Hindu

Kaum muda sangat menetukan arah dari perkembangan dunia saat ini. Mereka perlu menilai dan menganalisa berbagai masalah yang terjadi sekarang ini dan perlu mencari solusinya agar masalah serupa tidak terulang kembali. Mereka juga perlu menyiapkan diri demi menghadapi berbagai perubahan tantangan yang ada. Dengan begitu mereka sudah tidak takut lagi dan selalu siap akan perubahan dan tantangan. Tentu hal ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang dengan rela dapat membantu untuk mewujudkan bangsa yang maju dan unggul.

Kaum muda yang adalah generasi penerus memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa karena masa depan bangsa berada di tangan mereka yang nantinya mereka akan menjadi pemimpin dari bangsa tersebut. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0