HomeBerita

Mor Dominus Bastiaan Jabat Ketua Tim Pemenangan E2L – HJP, Rekam Jejaknya Mumpuni

Mor Dominus Bastiaan Jabat Ketua Tim Pemenangan E2L – HJP, Rekam Jejaknya Mumpuni

FOTO: Mor Dominus Bastiaan

MANADO, JP – Teka-teki siapa yang menjabat sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Elly Engelbert Lasut dan Hanny Joost Pajouw (E2L – HJP) akhirnya terjawab.

Hal itu terungkap ketika Mor Dominus Bastiaan (MDB) mendatangi lapangan basket Megamas saat akan berlangsungnya acara Deklarasi Kampanye Damai, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (25/09/2024) sore. Bahkan setibanya di lokasi Mor langsung masuk ke ruangan VIP mendampingi E2L – HJP.

Ketika hendak meninggalkan lokasi kegiatan, Mor sempat dicegat wartawan jejakpublik.com menanyakan kabar jika dirinya menjabat Ketua Tim Pemenangan E2L – HJP dan dia pun membenarkan hal tersebut.

“Ia kita (saya jabat ketua tim pemenangan E2L – HJP, red),” ujarnya singkat sambil tersenyum.

REKAM JEJAK MUMPUNI

Mor Dominus Bastian sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sulut. Dia adalah putra dari pasangan Ko Leng dan Ci Annie Karibato. Istrinya Imelda Markus atau lebih dikenal Ci Mei, putri dari pemilik toko kain Cemerlang. Mor juga berdarah Sangihe dan Tionghoa, karena merupakan cucu dari Alm. Kho Boen Pae yang sangat dikenal di kota Manado dan Ch Bastiaan (Ida Bastiaan) serta Alm. Oscar Karibato dan Alm. Stien Pangalila. Tak heran bila kemudian Mor dikenal sebagai pengusaha sejumlah usaha seperti diving resort, pengumpul hasil bumi, restoran dan lain-lain.

Baca Juga  Audy Karamoy - Lucky Datau Kantongi SK B1KWK dari Partai Demokrat, Penantang Serius di Pilwako Manado

Politisi kelahiran 17 Maret 1974 ini merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Dia dibesarkan di Kota Manado dalam lingkungan keluarga pebisnis, sehingga ia tumbuh menjadi sosok yang penuh disiplin dan pekerja keras. Mor menempuh pendidikan hingga lulus di SD dan SMP Kristen Eben Haezar Manado, SMA Negeri 1 Manado, serta Fakultas Hukum Unsrat Manado dan Sekolah Tinggi Theologia El Shadai Manado. Alhasil, ayah dari Rachel Getroida Bastiaan, Eilleen Alisa Bastiaan dan Joshua Jimmy Bastiaan ini, menjadi salah satu politisi yang menyandang sejumlah gelar sarjana yakni Sarjana Theologi (STh), Sarjana Hukum (SH) dan Sarjana Ekonomi (SE).

Di lingkungan gereja, Mor adalah salah seorang tokoh Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulut. Ketokohannya di GPdI begitu kuat sehingga ia pun dipercaya menduduki sejumlah jabatan di GPdI. Sedangkan dalam dunia olahraga, Mor pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengprov Pengurus Besar (PB) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulawesi Utara (2011-2014).

Baca Juga  Dukung E2L-HJP dari Hati, Relawan Elang Sulut Makin Solid, Terus Bergerak Masif di Desa dan Kelurahan

Sementara itu rekam jejak politiknya dimulai dari bawah dan merupakan seorang politisi yang selalu setia pada partaimya. Mor mulai terjun di dunia politik dengan menjadi kader Partai Demokrat pada tahun 2003. Tahun-tahun berikutnya, Mor langsung dipercayakan memegang sejumlah jabatan organisasi yang penting dan strategis, diantaranya menjadi Ketua DPC Angkatan Muda Demokrat Indonesia (2005-2010), Anggota DPRD Kota Manado (2004-2009), Ketua DPC Partai Demokrat Kota Manado (2008-2013), Wakil Ketua DPRD Kota Manado (2009-2014), Bendahara DPD Partai Demokrat Sulawesi Utara (2011-2021), Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Sulut (2020-2021) dan menjadi Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Sulut (2022-2027) di bawah kepemimpinan E2L.

Jejak politik Mor akhirnya mencapai pada level di atas kala ia menjabat sebagai Wakil Walikota Manado (2016-2021) mendampingi walikota saat itu GS Vicky Lumentut. Dan pada Tahun 2020 Mor sempat maju sebagai calon Walikota Manado. Menariknya, di Pilwako Manado tersebut, dia berpasangan dengan HJP sebagai calon wakil walikota Manado. Dan kala itu terjadi pandemi COVID-19, Mor tanpa banyak publikasi menggelontorkan dana pribadinya bersama HJP menyalurkan bantuan bahan pokok untuk membantu warga kota Manado.

Baca Juga  PDI Perjuangan Kota Manado Gelar Rakercab, Begini Pesan Bendum Olly

Di sini Mor ikut menunjang kekuatan E2L – HJP  di kota Manado dan Sulut mengingat Manado merupakan pemilih terbanyak. Ketiga sosok ini belum ditambah dengan dukungan kader dan relawan, anggota DPRD Sulut dan kabuoaten/kota, pemgurus dan  serta anggota DPR RI Hillary Brigitta Lasut (HBL) peraih suara terbanyak di Pileg 2024 di dapil Sulut dan masuk 5 besar se-Indonesia.

Setelah tak terpilih di Pilwako Manado tersebut, Mor kembali fokus pada bisnisnya. Namun panggilan nurani untuk terlibat dalam Pilkada Serentak 2024 mendorongnya untuk menerima kepercayaan yang tidak mudah ini.

Lalu apa kunci yang dimiliki Mor? “Doakan dan jalani setiap kepercayaan yang diberikan dengan sungguh-sungguh dan penuh ikhlas. Dengan demikian maka Tuhan pasti menyertai dan memberkati kita serta membantu kita meraih kemenangan,” ucap Mor Bastiaan. (Simon)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0