HomeBeritaBerita Utama

Akademi Sepakbola Berlisensi Eropa, Siap Rekrut Bibit Muda Manado

Akademi Sepakbola Berlisensi Eropa, Siap Rekrut Bibit Muda Manado

MANADO, JPc– Kabar gembira bagi pecinta bola di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, Akademi Sepakbola Berlisensi Eropa kini hadir Di Manado

Hal ini menyusul kedatangan tim Inspire Academy di Kantor Walikota Manado, Senin (24/06/2019). Adapun kedatangan tim Inspire Academy ini juga berkaitan dengan agenda Pembukaan Inspire Academy Manado di Lapangan Kiban, Paniki, Kamis (27/06/2019) lusa.

Kunjungan Leader Inspire Academy Mr John Hamilton, Team Leader Inspire Manado Hein Hoekstra dan Academy Manager Novri Siby di Kota Manado ini diterima Sekretaris Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Laurens Umboh dan Kabid Pembudayaan Olahraga Pontowuisang Kakauhe, di ruang kerjanya.

Menurut Lakat, pertemuan perdana tersebut membicarakan tentang rencana pembangunan Football Inspire Academy usia 9-16 tahun di Kota Manado.

“Jadi ini merupakan program dari UEFA (Union of European Football Associations) dan dibiayai oleh keduataan negeri Belanda,” ujarnya.

Baca Juga  Legislator PSI Ini Kembalikan Dana Reses Rp150 Juta

Ditambahkan Lakat, pemerintah pasti akan mendukung langkah dari Inspire Academy dalam mengembangkan potensi sepakbola anak-anak usia dini di Kota Manado.

“Semua yang positif pasti akan didukung oleh Pemerintah Kota Manado,” tandasnya.

Sementara itu, Kadispora Laurens Umboh menambahkan, rencana pembangunan akademi ini akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan sepak bola di Kota Manado. Apalagi, kata dia, Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Mor Dominus Bastiaan SE sedang gencar-gencarnya menggenjot dunia olahraga di ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini.

“Ya, lewat kegiatan ini pemerintah akan sangat terbantu juga komunitas sepak bola di Kota Manado. Nantinya akan muncul bibit muda potensial dan mereka ini akan dididik oleh pelatih-pelatih yang memang profesional di bidangnya. Apalagi menurut Coch Hein Hoekstra, mereka yang akan masuk di akademi ini gratis tidak dipunggut biaya,” tukaa Umboh.

Baca Juga  Gelar Ibadah, Bupati Tetty Kagum Cara LMI Tutup Rakernas

Sementara itu, Team Leader Inspire Manado Hein Hoekstra menjelaskan, Inspire merupakan akademi sepakbola yang didirikan sejak 13 tahun lalu melalui kerjasama badan pengendali sepak bola di Belanda Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB).

“Kami telah ada di beberapa Kota di Indonesia seperti Bandung, Medan dan kali ini Manado menjadi target kami selanjutnya,” jelasnya.

Dikatakan Hoekstra, Inspire Academy merupakan organisasi sepakbola yang hadir untuk menginspirasi anak muda agar memakai potensi mereka di lapangan dan luar lapangan.

“Maksud kedatangan kami kemari untuk bekerjsama dengan pemerintah Kota Manado dalam membangun kembali sepakbola yang positif,” kata Hoekstra.

Lalu usia mana yang menjadi fokus Inspire Academy di Manado? Menurut Hoekstra, pihaknya akan fokus pada pengembangan usi dini yakni 9-16 tahun dengan program academy sepakbola yang bukan hanya menjadikan para anak muda sebagai pesepakbola yang exelent di dalam lapangan, namun juga menjadi pribadi yang baik di luar lapangan.

Baca Juga  Jaksa Tak Banding, Vonis 1,5 Tahun Bui Eliezer Berkekuatan Hukum Tetap, Ini 4 Alasannya

“Awalnya kami fokus pada pengembangan usia dini dan kedepan berharap mereka bisa bergabung bersama para senior yang telah berlaga di liga 3,” harapnya.

Ditambahkan Hoekstra, yang membedakan akademi ini dengan lainnya di Indonesia yakni staf kepelatihan merupakan jebolan kepelatihan dari KNVB dan Burnley, di mana para pelatih terseleksi dari kursus kepelatihan yang ketat.

“Dengan staf kepelatihan yang ada saat ini kami bisa mengembangkan sekitar 80 pesepakbola pemula,” tandasnya.

Sekadar informasi, Inspire Manado adalah bagian dari Inspire Indonesia yang sudah 12 tahun menginspirasi komunitas lewat sepak bola. Inspire Indonesia juga memiliki pemain lulusan Inspire Academy yang telah bermain untuk Tim Nasional Indonesia, dan telah mendapatkan beasiswa ke universitas di Amerika dan Indonesia. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0