HomeEkonomi

Bantu Cerdaskan Bangsa, PLN Salurkan Bantuan Komputer dan Sambungan Internet ke Sejumlah Sekolah di Sulut

Bantu Cerdaskan Bangsa, PLN Salurkan Bantuan Komputer dan Sambungan Internet ke Sejumlah Sekolah di Sulut

FOTO: Bantuan fasilitas internet dan perangkat komputer menjadi satu dari sekian program PLN Peduli berlandaskan SDGs yang dapat meningkatkan mutu pendidikan.

BITUNG, JP – PT PLN (Persero) memberikan bantuan perangkat komputer dan fasilitas internet kepada sejumlah sekolah di Sulawesi Utara. Hal ini merupakan bentuk upaya tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendorong perkembangan dunia pendidikan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo, yang diwakilkan Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, W Gautama mengatakan, pemberian bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

“PLN tidak hanya memberikan pelayanan kelistrikan terbaik kepada seluruh pelanggan dan masyarakat, tetapi juga mengaplikasikan kepedulian lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, ” ujarnya, (27/06/2022).

Adapun rincian bantuan yang diberikan yaitu sebanyak lima unit komputer, lima unit Smart Android TV 43″, lima unit printer dan layanan internet gratis selama setahun yang disalurkan di lima sekolah yaitu SMP Negeri 7 Bitung, SMK Negeri 5 Bitung, SMP 13 Politeknik Manado, SD Negeri Inpres 6/84 Kakenturan dan SD Khatolik St. Theresia 10 Manado.

Menurutnya, dukungan sarana prasarana berupa komputer dan fasilitas internet yang diberikan diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar untuk para siswa dan tenaga pengajar di sekolah.

“Dengan diberikan bantuan ini, semoga dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah untuk dapat meningkatkan pengetahuan bagi generasi mendatang dalam menghadapi era global,” ujar Gautama.

Baca Juga  Peduli Nasabah Pensiunan ASN, Bank SulutGo Manembo nembo Salurkan Sembako

Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Bitung Wasti Marthin mengapresiasi PLN atas bantuan yang diberikan karena sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

“Terima kasih PLN telah mendukung dengan memberikan bantuan yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa di sekolah kami tercinta” ungkap Wasti.

Kepala sekolah SMK Negeri 5 Bitung, Maxi Rompas menambahkan, dengan bantuan perangkat komputer dan fasilitas internet dapat membuat aktivitas belajar mengajar lebih mudah terlebih pada era digital seperti sekarang ini.

“Di era digital seperti ini, hadirnya bantuan berupa internet dan perangkat komputer dapat memudahkan siswa dalam mengakses ilmu pengetahuan,” ucap Maxi.

Program PLN Peduli berkomitmen membangun TJSL dengan fokus Sustainable Development Goals (SDGs), di mana harapannya setiap program CSR bisa menyasar terhadap 17 Program SDGs meliputi pengentasan kemiskinan, pangan, kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, ketersediaan air, ketersediaan energi, peningkatan perekonomian masyarakat, infrastruktur, iklim, pemukiman, ekosistem kelautan, dan juga keberlanjutan untuk mendukung pembangunan.

Bantuan fasilitas internet dan perangkat komputer menjadi satu dari sekian program PLN Peduli berlandaskan SDGs yang dapat meningkatkan mutu pendidikan. Berbagai hal menarik lainnya tentang Program PLN Peduli pun dapat ditemukan langsung dari aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store. (*/JPc)

Gandeng Himbara, PLN Permudah Masyarakat Miliki Kendaraan Listrik

PLN dan Himbara bersinergi menyediakan akses kredit ringan untuk masyarakat agar mudah mengakses kendaraan listrik.

Labuan Bajo, 24 Juni 2022 – PT PLN (Persero) bersinergi dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk mendukung pengembangan green ecosystem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) nasional untuk mendukung program transisi energi. Kerja sama ini khususnya untuk pembiayaan kepemilikan kendaraan listrik serta pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tanah Air.

Baca Juga  Pastikan Pasokan Gas Pembangkit, PLN Teken Kerja Sama dengan 4 Pemasok

Kolaborasi ini merupakan bukti nyata dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap pelaksanaan transisi energi sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan upaya mendukung ekosistem kendaraan listrik guna mempercepat tercapainya target carbon neutral pada 2060. Kesepakatan ini tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direksi PLN bersama Direksi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) (BNI), PT Bank Mandiri Tbk (Persero) (Mandiri) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) (BTN) saat perhelatan forum Energy Transition Working Grup (ETWG) 2 di Labuan Bajo, 24 Juni 2022.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif yang diwakili oleh Sekertaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial menjelaskan untuk bisa mencapai target Net Zero Emission pada 2060 mendatang perlu kolaborasi semua pihak. Salah satu program yang perlu didukung yaitu membangun ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB).

“ESDM mendukung penuh kerja sama yang dilakukan oleh PLN dan Himbara untuk bisa meningkatkan akses masyarakat untuk menjangkau KBLBB ini. Ini upaya bersama kita untuk bisa meningkatkan energi bersih, menekan emisi karbon dan sekaligus menghemat devisa dan menekan angka impor minyak,” ujar Ego.

Baca Juga  Instruksikan Percepat Perluasan Bandara Sam Ratulangi, Jokowi: Agustus 2020 Rampung

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan salah satu upaya bersama untuk mengurangi emisi karbon salah satunya dengan masifnya kendaraan listrik. Namun, untuk bisa mencapai hal ini tidak bisa dilakukan sendiri, perlu kolaborasi bersama salah satunya dengan Himbara yang menjadi salah satu akses pembiayaan murah bagi masyarakat.

“Kolaborasi ini sangat penting bagi kita semua untuk bisa menciptakan lingkungan bagi generasi mendatang yang lebih baik. Kami sangat mengapresiasi langkah aktif Himbara dalam memasifkan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Darmawan.

Tak hanya kredit kepemilikan kendaraan listrik, PLN saat ini membuka juga peluang kerja sama pihak swasta untuk memasifkan SPKLU. Untuk itu, PLN menggandeng Himbara agar dapat memberikan kredit kepada swasta yang ingin bekerja sama dengan PLN dalam pembangunan SPKLU.

“Untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi pengisian kendaraan listrik di SPKLU, dalam kerja sama dengan Himbara ini nantinya metode payment terintegrasi dengan bank yang tergabung dalam Himbara,” ujar Darmawan.

Untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik, PLN gencar membangun SPKLU di Tanah Air. Hingga Mei 2022, PLN membangun 129 unit SPKLU yang terdiri dari SPKLU Fast Charging dan Ultra Fast Charging yang tersebar di 98 titik.

“Targetnya, hingga akhir tahun nanti kami sudah menganggarkan akan menambah 40 unit SPKLU lagi untuk bisa memudahkan masyarakat dalam mengisi kendaraan listriknya,” tandas Darmawan. (*/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0