HomeBerita

Dampak Globalisasi Terhadap Siswa Tidak Disiplin Membuat Tugas dan Malas Sekolah

Dampak Globalisasi Terhadap Siswa Tidak Disiplin Membuat Tugas dan Malas Sekolah

Karya Ilmiah Mata Kuliah:
Bimbingan dan Konseling SD

Oleh: Ema Rosina Bugaleng

SALAH satu Penyebab siswa tidak disiplin, malas ke sekolah dan mengerjakan tugas adalah globalisasi, globalisasi adalah kata yang kita sering dengar dalam kehidupan kita yaitu “global” yang artinya meliputi seluruh dunia atau secara keseluruan. Secara etimologis, globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu globalize yang artinya universal atau menyeluruh dan imbuhan -ization yang pada kata globalization berarti proses mendunia. Makna globalisasi merupakan sebuah proses dari suatu (informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi) yang mendunia.

Dikutip dari jurnal Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia oleh Donny Ermawan T., MDS, globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarmanusia dan bangsa di seluruh dunia melalui perdagangan, perjalanan, interaksi, dan sebagainya yang membuat batas-batas suatu negara menjadi sempit. Selain itu, dikutip dari buku Daya Saing Indonesia di Era Globalisasi oleh Ir. Helena Ras Ulina Sembiring, M.Si dan Dr. Ima Rohima, MPd, globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia dan berbagai aspek lainnya. Globalisasi menurut Anthony Giddens adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia yang terhubung antara peristiwa satu lokasi dengan lokasi lainnya yang menyebabkan perubahan pada keduanya.

Baca Juga  Esok, Lonceng Seluruh Gereja GMIM Dibunyikan Serentak, Jemaat Diminta Berdoa dan Puasa

Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan, baik dalam bidang ekonomi, politik, budaya, teknologi, lingkungan, mapun dunia Pendidikan. Globalisasi telah membawa pengaruh hampir keseluruhan aspek kehidupan, baik pengaruh positif maupun negatif. Generasi yang paling muda atau siswa di sekolah dasar mudah terpegaruh dengan dunia global akan mengakibatkan baik masa depannya. Pertama peranan orang tua juga perlu di perhatikan ketika anak tersebut tidak disiplin dan malas sekolah sebagai orang tua harus memperhatikan waktu dan memberikan motifasi dan arahan ke pada anak tersebut. Kedua guru merupakan pendidik yang berinteraksi secara langsung dengan siswa baik secara verbal maupun non varbal. Guru sangat berperang aktif dalam meningklatkan perilaku anak. Era globalisasi lebih suka game onlinen dari pada belajar, adanya peningkatan kenakalan anak, dan siswa kurang memiliki karakter sesuai nilai budaya bangsa Indonesia.

Baca Juga  Bupati VAP Terima Tim Dewan Nasional KEK

Salah satu dampak globalisasi adalah gadget, gadget adalah alat yang membuka jendela informasi, permainan, hobi, maupun hiburan yang dapat mempengaruhi pola pikir, perilaku atau sikap peserta didik. Siswa yang menggunakan gadget yang berlebihan akan memberikan dampak negatif, seperti proses belajar tidak berjalan dengan sempurna. Kondisi ini disebabkan teknologi pada gadget tersebut bisa digunakan oleh siswa untuk mengakses berbagai informasi, terutama informasi yang berkaitan dengan mata pelajaran. gadget bukan lagi sekadar alat berkomunikasi, tetapi gadget juga merupakan alat untuk menghibur dengan suara, tulisan, gambar dan video. Gadget merupakan suatu istilah yang digunakan dalam menyebut beberapa macam jenis alat teknologi yang sifatnya semakin berkembang pesat dan memiliki fungsi khusus (Arwansyah & Wahyuni, 2020; Hudaya, 2018). Contoh dari gadget yaitu smartphone, I phone, computer, laptop Salah satu penyebab yang membuat siswa ridak disiplin dan malas ke sekolah yaitu gadget Dengan bagitu, otak siswa tidak dapat terasah dengan baik atau bisa dikatakan siswa tersebut tidak menggunakan rasio nya untuk berpikir akibatknya siswa menjadi malas untuk belajar. Dampak kedua siswa sering menggunakan gadget dapat membuat konsentrasi siswa menurun ketika sebuah materi pemaparan yang disampaikan oleh Pendidikan. Siswa terlihat sibuk memainkan gadgetnya. Aplikasi-aplikasi yang tersedia atau yang telah diundah seperti media social, game dan fitur lainnya. Adapun dampak positif dari gadget yaitu anak yang bergaul dengan gadget dunia cenderung lebih kreatif dan komunikasi menjadi lebih praktis. Guru harus mampu membekali dan memperkuat karakter siswa sehingga tidak mudah terpengaruh akibat dari kehidupan sosial.

Baca Juga  Mantan Sekda Sitaro Adry Manengkey Tutup Usia

Daftar Pustaka
1. Jurnal Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Saodah Saodah, Qonita Amini, Khofifah Rizyah, Siti Nuralviah, Nurvia Urfany pandawa 2 (3), 375-385, 2020

2. Jurnal Pengaruh Gadhet Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Adeng Hudaya

3. Jurnal Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa SDN Kapek Pengasih Kulon Proga Yogyakarta. Mahasti Windha Wardhani, PGSD/PSD

4. Jurnal Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia oleh Donny Ermawan T., MDS.

5. Artikel detikedu, “Globalisasi Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab, dan Dampak” (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6655870/globalisasi-adalah-pengertian-menurut-para-ahli-penyebab-dan-dampak).

6. Buku Daya Saing Indonesia di Era Globalisasi oleh Ir. Helena Ras Ulina Sembiring, M.Si dan Dr. Ima Rohima, MPd.(*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0