HomeBeritaBerita Utama

Likupang Masuk dalam 5 Destinasi Super Prioritas

Likupang Masuk dalam 5 Destinasi Super Prioritas

JAKARTA, JP – Calon Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara ditetapkan masuk dalam 5 destinasi super prioritas.

Hal ini terungkap dalam Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas di Istana Negara di Kementerian Pariwisata RI, Senin (15/7/2019). 

Hal ini dibenarkan Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam keterangan tertulis, yang diterima wartawan, Kamis (18/7/2019).

“Likupang masuk dalam 5 destinasi super prioritas bersama 4 destinasi Bali baru yang lebih dulu masuk kluster super prioritas. Ke-4 destinasi tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo,” ujarnya.

Baca Juga  Dibekali Arahan Ketum Airlangga, CEP: Partai Golkar Sulut Siap Hadapi Pilkada

Arief menjelaskan, masuknya Likupang ke dalam destinasi super prioritas karena komitmen pimpinan daerahnya yang telah melakukan percepatan menjadi KEK.

“Seperti apa yang dipidatokan Pak Presiden Jokowi dalam Visi Indonesia, bahwa persaingan ke depan adalah yang cepat mengalahkan yang lambat. Speed itu penting, selain komitmen pimpinan daerahnya untuk melakukan percepatan,” katanya.

Menurut Arief, pengusul calon KEK Likupang ini sudah siap dengan lahan yang clear and clean seluas 197 hektar dan sisanya seluas kurang lebih 600 hektar dalam proses penyelesaian.

Sehingga, lanjut Arief, luas total KEK Likupang mencapai hampir 800 hektar dengan nilai investasi sebesar Rp 7,1 triliun. Selanjutnya 16 dokumen persyaratan KEK juga sudah lengkap yang dikerjakan dalam 7 bulan dan saat ini tinggal menunggu pembahasan Dewan Nasional KEK. 

Baca Juga  Pakar Nilai Jokowi Restui Airlangga, Survei CPI Ungkap Mayoritas Pemilih dari PDIP Pilih Ganjar Ketimbang Puan

“Saya tahu persentase progres perkembangan semua destinasi prioritas yang kita pantau. Performance Likupang misalnya, sampai kemarin sudah 171,4 persen dari target pekan ini atau realisasi kerjanya lebih cepat 71 persen dari rencana. Sukabumi dan Pangandaran masih 92 persen, lalu Tanjung Gunung dan Sungai Liat masih 85 persen. Dengan digital kita bisa membaca capaian, kinerja, dan keseriusan masing-masing destinasi,” pungkas Arief.

Diketahui, selain Likupang, empat destinasi unggulan yang masih proses menjadi calon KEK Pariwisata, yakni Tanjung Gunung Bangka, Sungai Liat Bangka, Cikidang Sukabumi Jabar, Pangandaran Jabar, dan Likupang Sulut. (JPc)

Baca Juga  Felly Runtuwene Minta Anggaran Infrastruktur Dialihkan Tangani Covid-19

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0