HomeEkonomi

Wamendag Jerry Sambuaga Kunjungi Pasar di Sulut, Pastikan Stok Bapok Ramadhan Aman, Harga Stabil

Wamendag Jerry Sambuaga Kunjungi Pasar di Sulut, Pastikan Stok Bapok Ramadhan Aman, Harga Stabil

MANADO, JP- Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memastikan stok bahan pokok (bapok) untuk menghadapi puasa Ramadhan 2021 di Sulawesi Utara cukup aman dengan harga stabil.

“Hasil pantauan dan laporan ke Kemendag, stok cukup aman dengan harga terkendali dan pemerintah terus mengawal ketersediaan dan harga jual di pasar,” ujar Wamendag kepada wartawan di Swissbell Hotel Manado, Sulawesi Utara, Kamis (15/4/2021).

Dia juga memastikan, pihak Kemendag terus memantau ketersediaan dan harga jual bahan pokok agar semuanya terkendali baik.

“Kami terus pantau stok bahan pokok dan harganya,” tegasnya.

Sebelumnya, di didampingi Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebt) Sidharta Utama, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Edwin Kindangen, Wamendag mengunjungi Pasar Girian di Kota Bitung dan Pasar Segar di Kota Manado, sekaligus memantau harga dan pasokan barang kebutuhan pokok.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga berdialog dengan salah satu pedagang.

Saat di Pasar Girian, Wamendag ikut didampingi Wakil Wali kota Bitung, Hengky Honandar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bitung Beny Lontoh, sedangkan di Pasar Segar ikut didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Hendrik Waroka.

Baca Juga  Radiogram Terbit, Elly Lasut - Moktar Parapaga Dilantik Esok

Dari hasil pantauannya, Wamendag menyebut sampai saat ini harga sejumlah kebutuhan pokok masih di kedua pasar tersebut relatif stabil dan terkendali. Juga persedian stok bapok di pasar  aman karena jalur distribusi berjalan normal dan lancar.

Meski demikian, Wamendag mengingatkan Pemkot Bitung dan Manado serta Pemerintah kabupaten/kota se-Sulut untuk terus memantau pergerakan harga, agar bila terjadi kenaikan harga segera dapat diantisipasi.

“Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok dan mencukupi dengan harga terjangkau untuk Ramadan dan Lebaran,” tandas politisi Partai Golkar ini.

Diketahui, berdasarkan pantauan di Pasar Girian dan Pasar Seger saat ini rata-rata harga beras berada pada kisaran Rp9.500 per kilogram untuk beras medium Bulog hingga Rp11.000 per kilogram untuk jenis premium. Sementara itu, harga gula pasir rata-rata terpantau Rp14.000 per kilogram, minyak goreng Rp16.000 per kilogram dan tepung terigu Rp9.000 per kilogram. Selanjutnya, harga daging sapi rata-rata Rp115.000 per kilogram, daging ayam broiler Rp40.000 per kilogram, daging ayam kampung Rp50.000 per ekor dan telur ayam Rp1.600-Rp 2.220 per butir dan per baki (30 butir) Rp 50.000. Kemudian, harga bawang merah rata-rata Rp40.000 per kilogram, bawang putih Rp40.000 per kilogram, cabai rawit (rica) Rp90.000 per kilogram, dan cabai merah keriting Rp55.000 per kilogram.

Wamendag Jerry Sambuaga bincang-bincang dengan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar saat kunjungi Kota Bitung.

Selain dari daging ayam, telur ayam, dan cabai rawit komoditas bapok yang lain normal, bahkan ada yang cenderung turun. (JPc)

Baca Juga  Sentil TPA dan Incenerator di Hari Bumi, Walhi: Kita Masih Punya Pekerjaan Rumah Bersama

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0