HomeBeritaBerita Utama

2021, UN Diganti AKM dan Survei Karakter

2021, UN Diganti AKM dan Survei Karakter

JAKARTA, JP- Format Ujian Nasional (UN) yang selama ini digelar selama ini Kan segera dihapus. Sebagai gantinya, Pemerintah akan menerapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.

Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim, saat rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

Namun menurut Nadiem, format AKM dan Survei Karakter baru akan mulai berlaku di 2021. Dengan demikian tahun depan (2020, red) format UN dihapus dan diganti AKM dan Aurvei Karakter.

Baca Juga  Jelang Tahun Yubileum, Uskup Manado Resmikan Patung Pendiri DSY Diapit 2 Anak Cacat, Jadi Tempat Ziarah Baru

“Untuk 2020, UN akan dilaksanakan sesuai seperti tahun sebelumnya. Jadi 2020, bagi banyak orang tua yang sudah investasi buat anaknya belajar mendapat angka terbaik di UN itu silakan lanjut untuk 2020. Tapi itu terakhir UN seperti format sekarang diselenggarakan. Di tahun 2021, UN itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum (AKM) dan survei karakter,” ujarnya.

Nadiem mengatakan, ada beberapa masalah pada format UN saat ini dna sekaligus menjadi beban bagi siswa, guru, dan orang tua.

“Ini sudah jadi beban stres bagi banyak sekali siswa guru dan orang tua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu. Padahal maksudnya ujian berstandar nasional adalah untuk mengakses sistem pendidikan, yaitu sekolahnya maupun geografinya maupun sistem penduduknya secara nasional,” tandasnya. (JPc/dtc)

Baca Juga  Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Stefanus Liow: Suatu Kehormatan dan Kebanggaan

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0