HomeBeritaNews

SAH!!! 289 Pantarlih Kabupaten Talaud Resmi Dilantik

SAH!!! 289 Pantarlih Kabupaten Talaud Resmi Dilantik

Foto: Yulstince Sasalab (muka) membacakan Pakta Integritas Pantarlih mewakili peserta Pantarlih dalam acara pelantikan Pantarlih Kecamatan Melonguane, Melonguane Timur dan Beo Selatan di Aula KPU Talaud, Senin (24/06/2024). 

MELONGUANE, JP – Sebanyak 289 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara resmi dilantik Senin (24/06) hari ini. Proses pemutakhiran data pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud ini dijadwalkan selama sebulan. Pantarlih diharapkan bekerja secara profesional dan berintegritas sehingga menghasilkan data pemilih yang akurat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Talaud memulai tahapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud. Proses pemutakhiran data pemilih ini diawali dengan pelantikan Pantarlih yang berjumlah 289 orang. Mereka akan bekerja di 195 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 19 kecamatan, 11 kelurahan dan 142 desa.

Pelantikan Pantarlih sendiri digelar secara bersamaan di sejumlah titik. Terpantau, sebanyak 62 Pantarlih dari Kecamatan Melonguane, Melonguane Timur dan Beo Selatan digelar di Aula KPU Talaud.

Kemudian, 61 Pantarlih dari Kecamatan Lirung, Moronge, Salibabu dan Kalongan pelantikannya dibuat di BPU Kecamatan Lirung. Sementara sebanyak 166 Pantarlih dari 12 kecamatan lainnya dilantik di kecamatan atau desa masing-masing oleh PPK atau PPS setempat.

Baca Juga  Kawal Hak Pilih, Bawaslu Talaud Siap Terima Aduan Warga

Pantarlih Kecamatan Melonguane, Melonguane Timur dan Beo Selatan dilantik langsung oleh Ketua KPU Talaud Andri L. J. Sumolang. Pelantikan ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Talaud Yohanis B. K. Kamagi, Kasubagbin Kejari Kepulauan Talaud Ardhitia Harjanto, mewakili Kajari Kepulauan Talaud, Pasi Intel Kodim 1312/Talaud Kapten Alvian Taengetan, mewakili Dandim 1312/Talaud, Wakapolres Talaud Kompol Barthol Bawoleh, mewakili Kapolres Talaud. Hadir juga Komisioner KPU Talaud Budirman, Hilda Jein Palandung dan Ahmad Faisal Tahir.

Penandatangan Pakta Integritas antara Pantarlih dan Ketua KPU Talaud

Prosesi pelantikan sendiri ditandai pengambilan sumpah/janji Pantarlih, penyematan atribut Pantarlih oleh Ketua KPU Talaud bersama Forkopimda, penandatanganan pakta integritas Pantarlih serta pembacaan Pakta Integritas Pantarlih oleh Yulstin Sasalab.

Ketua KPU Talaud Andri L. J. Sumolang dalam sambutannya menekankan tiga hal penting. Pertama, dalam melaksanakan tugas dibutuhkan komitmen, kejujuran dan integritas yang tinggi.

“Tugas yang diemban saudara sekalian adalah tugas yang sangat mulia dan penting. Pantarlih memiliki peran strategis dalam memastikan data pemilih yang akan digunakan dalam Pilkada 2024 adalah data yang akurat dan valid. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugas ini dibutuhkan komitmen, kejujuran dan integritas yang tinggi,” kata Andri.

Baca Juga  Pilkada 2024, Penetapan Cakada Talaud 22 September

Kedua, Pantarlih harus bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional. “Rekan-rekan Pantarlih diharapkan turun langsung ke rumah, mendata pemilih dengan cermat, serta memastikan bahwa tidak ada warga yang terlewati dalam arti warga masyarakat yang mempunyai hak memilih,”

Ketiga, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab Pantarlih harus menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independen.

“Jangan sampai ada kepentingan pribadi atau golongan tertentu atau kelompok tertentu yang mempengaruhi kinerja teman-teman sekalian. Kita semua harus bekerja demi kepentingan bangsa dan negara. Memastikan bahwa setiap warga negara yang memuhi sayarat memiliki hak untuk memilih dan suaranya dihitung secara adil,” tegas Andri.

Andri juga berharap Pantarlih dapat bekerja sama dengan baik, menjalin koordinasi efektif dengan PPS, PPK dan semua unsur terkait lainnya di tingkatan masing masing.

“Mari kita sama-sama menyukseskan Pilkada serentak ini dengan bekerja keras, bekerja sama, jujur dan penuh semangat,” pungkasnya.

Pasi Intel Kodim 1312/Talaud menyematkan atribut Pantarlih kepada perwakilan Pantarlih

Sekretaris Daerah Talaud Yohanis B. K. Kamagi dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh Pantarlih sekaligus kembali mengingatkan Pantarlih agar tetap menjaga integritas selama bekerja.

“Selamat kepada seluruh warga masyarakat yang terpilih sebagai Pantarlih. Bahwa tidak mudah untuk menjadi Pantarlih yang mengemban tugas kita bersama untuk menyukseskan Pilkada serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi dan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud,” kata Kamagi.

Baca Juga  Elly Lasut Tinjau Gedung Utama Kantor Bupati Talaud Yang Baru

“Seluruh jajaran Pantarlih kiranya melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, lakukan tugas secara bertanggung jawab, terlebih menjaga integritas. Integritas adalah yang utama. Hindarilah perbuatan KKN, hindari perbuatan-perbuatan yang menyimpang sebagaimana yang diamanatkan kepada saudara-saudara,” lanjut Kamagi.

Kamagi juga menyatakan bahwa pemerintah daerah, TNI, Polri dan jajarannya akan mendukung penuh Pantarlih dalam tugasnya.

“Apabila dalam pelaksanaan tugas di lapangan, terdapat kendala-kendala ataupun ada hal yang perlu segera koordinasikan, silakan berkoordinasi, baik lewat tingkat pemerintahan desa dan seluruh jajaran. Sekiranya ada hal-hal yang menyimpang dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab, kami pemerintah daerah senantiasa membuka pintu untuk mendapatkan informasi-informasi atau hal-hal di luar tugas yang menghambat ataupun menyebabkan penyelengaraan tugas-tugas Pantarlih terhambat,” ujar Kamagi.

Akhirnya Kamagi berharap, target dua minggu Coklit yang diberikan KPU Talaud kepada Pantarlih dapat diselesaikan dengan baik.

“Sehingga kita masih punya sisa waktu untuk melakukan rekonsiliasi data. Melengkapi hal-hal yang mungkin masih ada yang terlewatkan, sehingga lewat data Pantarlih kita mendapatkan data yang valid untuk melaksanakan Pilkada serentak,” pungkas Kamagi, seraya mengingatkan Pantarlih untuk tetap menjaga kesehatan selama bekerja. (Rey Atapunang)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0