HomeBeritaMinahasa Raya

Datangi Posko Siaga Darurat Karhutla, Ini yang Dikatakan Bupati VAP

Datangi Posko Siaga Darurat Karhutla, Ini yang Dikatakan Bupati VAP

MINUT, JP- Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) terus membuktikan komitmennya untuk fokus menangani peristiwa Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla).

Hal ini terlihat ketika Bupati VAP mendatangi Posko Siaga Darurat Karhutla yang berada di Balai Budidaya Ikan Ait Tawar Tatelu, Kecamatan Dimembe, Rabu (25/09/2019).

Ia didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ir Joefita Supit, Anggota Dewan Minut Daniel Mathew Rumumpe, Kepala Dinas Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jack Paruntu SE, dan Camat Dimembe Ansye Dengah.

Dalam kunjungan itu, Bupati VAP mendapat penjelasan dari Agni Hambali dari Manggala Agni Hambali dan Unit SAR Sulawesi Utara (USSU) Malonda memberikan menjelaskan bagaimana tim Manggala Agni, Relawan USSU, TNI, Polri dan warga bahu membahu untuk memadamkan api, dengan cara pembuatan ring dan penyemprotan selang pemadaman yang ditarik hingga ke titik api, sedangkan airnya dipompa dari bawah dengan menggunakan mesin.

Baca Juga  Ass Intel Kejati Sulut Ikut Sosialisasi Juklak Mekanisme Kerja TP4 dari Kejagung

“Ada beberapa titik nyala api yang saat ini masih sedang ditangani yang terletak di wilayah Desa Pinilih, Kecamatan Dimembe. Penyemprotan kami konsentrasikan di kawasan Bukit Tumampas untuk mencegah api jangan sampai menjalar ke wilayah Bitung dan dilanjutkan pemadaman ke wilayah dimana terdapat api baru yang mulai membakar,” ungkap Hambali saat berada di posko siaga karhutla.

Mendengar ini Bupati VAP berterima kasih kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang sudah memperhatikan dan membantu Minut  dalam upaya pemadaman Karhutlah ini.

“Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya kepada semua pihak yang sudah sukarela membantu dalam penanganan Karhutla yang terjadi di Minut.

Baca Juga  FORJUBIR Siap Sukseskan Pelaksanaan W20 di Likupang

“Marilah kita sama-sama doakan Minut agar cepat melewati musibah ini,” ajaknya.

Kepada Kepala BPBD Ir Joefita Supit, Bupati VAP meminta untuk membuat permintaan jika masih ada yang diperlukan terkait kelanjutan upaya penanganan Karhutla.

“Bila masih memerlukan sesuatu langsung buat permintaan, biar saya langsung tandatangani,” kata VAP kepada Supit. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0