HomeBeritaManado City

Dinas PUPR Manado Siap Hadirkan “SIPETARUNG”

Dinas PUPR Manado Siap Hadirkan “SIPETARUNG”

MANADO, JP— Manado kota cerdas terus diwujudkan Perangkat Daerah Pemkot Manado.

Kali ini oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Instansi pimpinan Petter KB Assa ini akan segera menghadirkan aplikasi yang diberi nama ‘SIPETARUNG’ atau Sistem Informasi Perijinan Tata Ruang.

Dalam upaya menghadirkan pelayanan publik berbasis IT lewat aplikasi ini, Dinas PUPR Manado bekerja sama dengan Universitas De La Salle melalui pelayanan publik berbasis IT.

“Dalam waktu dekat ini DPUPR akan mengoperasikan satu aplikasi yang diberi nama SIPETARUNG atau Sistem Informasi Perijinan Tata Ruang. Kita bekerja sama dengan Universitas De La Salle,” ujar Kepala Dinas PUPR kota Manado di ruang kerjanya, Kamis (12/09/2019).

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Sonya Selviana Kembuan, Sosok inspiratif Kartini Masa Kini (Bagian 2)

Ia mengatakan, aplikasi ini nantinya juga akan terintegrasi dengan PANADA.

“Dengan kata lain, SIPETARUNG ini hadir untuk menunjang aplikasi PANADA,” jelasnya.

Menurut Assa, aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP).

“Aplikasi SIPETARUNG nantinya akan terintegrasi dengan DPM-PTSP,” kata Assa.

Ditambahkan Kepala Seksi Tata Ruang di Dinas PUPR Mei Hompas, dalam implementasinya SIPETARUNG akan mengcover semua aspek perijinan yang berhubungan dengan ketataruangan.

“Memang aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, namun ke depannya aplikasi ini juga akan digunakan pengawasan dan pengendalian pemanfaatan tata ruang hingga penerbitkan IPPT atau Ijin Peruntukan Penggunaan Tanah,” papar Hompas.

Baca Juga  JAM-Pidum Setujui 8 Penghentian Penuntutan Berdasarkan Restorative Justice

Menurut Hompas, selain teritegrasi dengan Dinas PM-PTSP,  aplikasi SIPETARUNG juga akan terintegrasi dengan Dinas Kominfo dan Cerdas Command Center. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0