HomeBerita

Hadirkan Kanal “Lapor Calo di Manado Siaga 112”, Erwin Kontu Berharap Partisipasi Aktif Masyarakat

Hadirkan Kanal “Lapor Calo di Manado Siaga 112”, Erwin Kontu Berharap Partisipasi Aktif Masyarakat

MANADO, JP – Walikota Manado Andrei Angouw melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado, Erwin S. Kontu, SH., mengumumkan upayanya untuk memberantas praktik calo yang meresahkan warga.

Dalam pernyataannya, Kontu dengan tegas mengecam keberadaan calo di seputaran kantor Disdukcapil Manado dan memastikan bahwa tindakan yang tegas akan diambil untuk melindungi hak-hak warga.

Sebagai kepala dinas yang baru, Erwin Kontu telah meluncurkan serangkaian langkah strategis untuk memerangi praktik calo yang merugikan masyarakat. Langkah pertama yang diambil adalah meningkatkan keamanan dan keandalan sistem administrasi kependudukan untuk mencegah akses calo ke data sensitif dan informasi pribadi warga.

Baca Juga  UMK Bitung Ditetapkan, Tim Disnaker Bakal Sidak Perusahan

Selain itu, Disdukcapil Manado juga melakukan pelatihan intensif kepada stafnya agar mereka dapat mengenali tanda-tanda calo dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

“Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan yang disediakan oleh dinas tersebut terjamin keabsahannya dan bebas dari campur tangan pihak ketiga yang tidak berwenang,” ujar Erwin Kontu, Senin (29/05/2023).

Dalam upaya mencapai transparansi dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, Disdukcapil juga membuka kanal komunikasi untuk Lapor Calo di Manado Siaga 112. Masyarakat kini dapat melaporkan adanya calo atau perilaku mencurigakan melalui saluran pengaduan yang disediakan oleh Dinas Dukcapil.

Baca Juga  Diprotes Karena Menyuarakan Aspirasi Rohaniwan, Jurani Rurubua Justru Banjir Dukungan Warganet

Dengan tagline “Stop Jo Ba Calo” Kalo ada Calo Lapor jo ke 112, pihak Disdukcapil menjamin kerahasiaan pelapor dan akan menindaklanjuti setiap laporan yang diterima dengan segera.

Erwin Kontu mengajak seluruh warga Kota Manado untuk aktif melaporkan praktik calo yang mereka temui dan untuk tidak memberikan dukungan kepada mereka.

Erwin Kontu menekankan bahwa penanganan calo menjadi tanggung jawab tersebut adalah tanggung jawab bersama antara dinas dan masyarakat.

Mengakhiri pernyataannya, Erwin Kontu mengungkapkan harapannya bahwa dengan upaya kolektif, masalah calo dapat diatasi dengan efektif. Disdukcapil Manado berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari praktik calo dan akan terus berupaya maksimal dalam melindungi hak-hak dan kepentingan warga. Nad mo tenang ngoni pe hidop, tutur Kontu.

Baca Juga  Panitia Paskah 2022 Gelar Webinar Nasional, Kebangkitan dan Peran Umat Kristen dalam Kehidupan Kebangsaan Menuju Pemilu 2024

Warga Kota Manado menyambut baik langkah-langkah yang diambil oleh kepala dinas ini. Mereka berharap bahwa penanganan calo yang dilakukan oleh Disdukcapil akan memastikan pelayanan administrasi kependudukan yang adil dan berkualitas bagi seluruh warga Kota Manado,

“Terima kasih pak Walikota untuk pemberantasan calo calo ini,” tandas warga. (*/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0