HomeBeritaManado City

Kadis Kominfo Sambut Baik MoU Pemkot Manado dan ITB

Kadis Kominfo Sambut Baik MoU Pemkot Manado dan ITB

Kepala Dinas Kominfo Erwin S. Kontu SH (Kedua dari kiri) mendampingi Walikota Manado DR Ir G.S. Vicky Lumentut (GSVL) SH MSi DEA saat penandatanganan MoU Pemkot Manado dan ITB yang berlangsung di Ruang Rapim A, Gedung CCAR ITB Lantai 1 Bandung, Selasa (24/09/2019).

BANDUNG, JP- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Erwin S. Kontu SH menyambut baik
kerjasama dengan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) menyangkut Pengembangan dan Implementasi Manado Smart City melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Walikota Manado DR Ir G.S. Vicky Lumentut (GSVL) SH MSi DEA dengan Rektor ITB  Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi yang berlangsung di Ruang Rapim A, Gedung CCAR ITB Lantai 1 Bandung, Selasa (24/09/2019).

Baca Juga  Porprov Sulut Ditutup, Bitung Peringkat II

“Tentunya ini merupakan terobosan Pemerintah Kota Manado dalam melakukan terobosan dan kolaborasi dalam bentuk kerjasama dalam mengembangkan Smart City dengan melibatkan akademisi atau perguruan tinggi baik yang ada di provinsi sulawesi utara maupun dari luar daerah,” ujarnya.

Menurut Kontu yang ikut mendampingi Walikota GSVL dan menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut, MoU tersebut menitikberatkan pada 3 (tiga) aspek utama, yaitu pertama, penelitian, pengembangan dan inovasi Smart City dan komponen-komponen yang terkait, kedua perencanaan Smart City, termasuk pengembangan tata kelola dan Master Plan dan ketiga pendidikan, pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan dan implementasi Smart City.

Baca Juga  JAM-Intelijen: Laksanakan Core Value Trapsila Adhyaksa atau Tri Krama Adhyaksa dan ASN Berakhlak

“Bekerjasama dengan ITB merupakan sebuah kehormatan. Namun juga tentu kerjasama ini semakin ruang pusat kendali yang bernama Cerdas Command Center (C3) yang sudah mendapat tempat bagi warga masyarakat di kota Manado,” jelasnya.

Kontu berharap pihak akademisi perguruan tinggi termasuk ITB dapat membantu kota manado baik dalam perencanaan maupun pengembangan masterplan smart city yang lebih terarah menuju kota cerdas.

Walikota GSVL dalam sambutannya mengatakan sebuah kehormatan dapat melakukan kerjasama dgn ITB.

“Hampir 3 tahun ini Manado sedang mengembangkan Smart City, hal ini dengan adanya ruang pusat kendali yang bernama Cerdas Command Center (C3) yang sudah mendapat tempat bagi warga masyarakat di kota Manado” katanya.

Baca Juga  Lantik Dua Kajari, Ini Pesan Kajati Sulut

Ia berharap pihak akademisi perguruan tinggi termasuk ITB dapat membantu kota manado baik dalam perencanaan maupun pengembangan masterplan smart city yang lebih terarah menuju kota cerdas.

“Setelah panandatangan Nota Kesepahaman ini akan segera ditindaklanjuti oleh Perangkat Daerah terkait dalam hal ini kami dari Dinas Kominfo dan Bapelitbang dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS),” tandasnya. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0