HomeBeritaManado City

Kesbangpol Manado Gelar Diskusi, GSVL: Ada Ormas Abaikan Kepentingan Publik

Kesbangpol Manado Gelar Diskusi, GSVL: Ada Ormas Abaikan Kepentingan Publik

Manado, JP- Upaya memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap seluruh organisasi kemaayarakatan (Ormas) di kota Manado kembali dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas).

Upaya ini dilakukan melalui forum Diskusi Lintas Ormas, LSM dan OKP se-Kota Manado, yang dibuka Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut (GSVL) SH MSi DEA yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Drs Hanny D Solp, di Hotel Griya Sintesa, Kamis (11/07/2019) pagi.

Dalam sambutannya yang dibacakan Hanny, Walikota GSVL memgatakan bahwa kehadiran ormas sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan pelaksanaan pembangunan. 

Baca Juga  Gugus Tugas PP Covid-19 Minut Semprot Desinfektan di Sejumlah Area Publik

“Ormas sejatinya merupakan wujud partisipatif masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan yang menitikberatkan kepada pengabdian secara swadaya,” ujarnya.

Menariknya. Meski menyebut ormas menjadi media yang sangat efektif dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah, namun GSVL tak menampik jika secara faktual terkadang ada ormas digunakan segelintir orang untuk kepentingan personal yang justru mengabaikan kepentingan publik. 

“Karena itu hadirnya Permendagri No 56 Tahun 2017 menjadi solusi efektif dalam menjawab tantangan tersebut,” jelasnya.

Dikatakan orang nomor satu di kota Manado ini, dengan sistem pengawasan yang terintegrasi, diharapkan ormas bisa menjalankan fungsinya sesuai regulasi dan tujuan ormas itu.

Baca Juga  Kajati Pimpin Jalan Sehat Jajaran Kejati Sulut

“Pengawasan bukan berarti pembatasan apalagi pelarangan. Pembatasan lebih berupaya pada penjaminan terhadap aktivitas ormas agar efektif dan efisien yang berorientasi pada kepentingan publik sesuai perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya. 

GSVL berharap melalui sosialisasi ini diharapkan memberikan pemahaman kolektif dan komprehensif.

“Dengan demikian keberadaan ormas menjadi ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan, khususnya di Kota Manado,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari unsur Pemkot Manado, unsur Polresta Manado, unsur kejari, unsur dandim. Turut hadir dalam acara tersebut, Kajari Manado Maryono SH MH, Dandim 1309/Manado yang mewakili Pasiter Kapten Inf Frans Dahua, Kapolresta Manado yang diwakili Kasat Bimas Kompol Adi Wiyanto, panitia, dan peserta. (JPc)

Baca Juga  Kolaborasi PLN UP3 Manado Bersama Tim BASARNAS Manado Gelar Simulasi Aksi Heroik

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0