HomeBeritaBerita Utama

Larantuka jadi Kota Suci Indonesia, Ini Tanggapan MUI

Larantuka jadi Kota Suci Indonesia, Ini Tanggapan MUI

FLORES TIMUR, JP- Usulan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjadikan Larantuka sebagai Kota suci umat katolik di Indonesia mendapat tanggapan positif dari banyak pihak. Salah satunya adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT.

Kepada wartawan, Ketua MUI Flores Timur Ahmad Bethan menyatakan pihaknya menyambut baik rencana pemerintah menjadikan Larantuka sebagai kota suci bagi umat Katolik di Indonesia.

“Syukur pada Tuhan, karena dengan menjadikan Larantuka sebagai kota suci, maka perilaku penduduk ikut termotivasi menjadi suci, baik sikap perilaku terhadap sesama, terhadap religiusitas termasuk sensivitas terhadap sikap iman dan takwa orang pribadi,” ujarnya.

Baca Juga  Bawa Sabu Dari Palu, Jaringan Tompaso Baru Dibekuk Di Pos Covid-19

Menurut Bethan, usulan tersebut tentunya sudah melalui survei kelayakan terhadap Kota Larantuka, dan boleh jadi telah memenuhi sejumlah kriteria kesucian kota.

“Maka keinginan untuk menjadikan Larantuka sebagai kota suci seperti demikian cukup beralasan,” katanya.

Mantan Kepala Inspektorat Pemerintah Kabupaten Flores Timur itu menambahkan sebuah kota suci yang padanya terdapat pluralitas penganut keyakinan agama, maka boleh jadi sudah menjadi pembahasan yang mendalam dari penggagas.

Pembahasan ini, lanjutnya, tentunya berkaitan dengan tingkat kepantasan, tingkat kelayakan, maupun tingkat prioritasnya sebelum diusulkan menjadi sebuah kota suci.

Baca Juga  Kejari Yapen Periksa 14 Saksi Dugaan Tipikor di Unima, Termasuk Rektor

“Tentu target penggagas menjadikan Kota Larantuka sebagai kota suci seperti apa, perlu transparan dalam rangka informasi publik,” tegasnya.

Bethan berharap, semua umat dapat mendoakan, kiranya niat menjadikan Larantuka sebagai kota suci sejalan dengan niat menjadikan seluruh umat beragama secara orang pribadi yang suci sesuai kehendak ilahi.

Diketahui, pekan lalu Pemerintah Provinsi NTT telah mengusulkan Larantuka yang merupakan ibukota sari Kabupaten Flores Timur menjadi kota suci bagi umat Katolik di Indonesia.

“Larantuka akan diusulkan menjadi kota suci bagi umat Katolik Indonesia,” ujar
Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Eden Klakik

Baca Juga  Maknai Peringatan Hari Guru, PLN Baktikan Dedikasi Untuk Guru di Penjuru Indonesia

Pertimbangannya Larantuka merupakan kota yang menjadi bagian dari sejarah masuknya umat Katolik di Indonesia dan merupakan kerajaan Katolik pertama di negeri ini.

Pertimbangan lainnya adalah perayaan keagamaan Samana Santa yang usianya sudah mencapai ratusan tahun di Flores Timur, dan masih tetap terlaksana dari dahulu hingga sekarang.

Bahwa Larantuka secara historis-religius juga terkenal dengan sebutan Kota Reinha.
Kota tua dengan wilayah kecil yang terletak di kaki Ile Mandiri itu, telah menyerahkan seluruh kehidupannya kepada perlindungan Bunda Maria. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0