HomeBerita

Masyarakat Minahasa ingin Punya Pemimpin Suka dan Peduli Olahraga seperti Audy Karamoy

Masyarakat Minahasa ingin Punya Pemimpin Suka dan Peduli Olahraga seperti Audy Karamoy

FOTO: Audy Karamoy memberi arahan kepada para pecatur junior di Turnamen Catur Seri-2 Minahasa di Moy Restoran Tondano. Bukti kepeduliannya akan kemajuan olahraga catur sejak usia dini.

MINAHASA, JP – Dunia olahraga menjadi salah satu tolak ukur dalam kemajuan daerah. Melalui prestasi yang ditorehkan dalam bidang olahraga, suatu daerah dapat dikenal, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi hingga Internasional.

Tak heran bila masyarakat Minahasa, khususnya para pegiat olahraga ingin Kabupaten Minahasa ke depannya dipimpin oleh bupati yang suka dan peduli dengan olahraga. Apalagi Minahasa banyak atlet-atlet olahraga.

Lalu siapa yang dikategorikan cabup yang suka dan peduli dengan olahraga? Para pegiat olahraga inipun merujuk ke satu nama calon bupati Minahasa saat ini, yakni Audy Karamoy, sosok yang dinilai mereka sangat suka dan peduli dengan kemajuan olahraga di Minahasa.

“Selama ini saya melihat cuma pak Audy Karamoy cabup Minahasa yang suka dan begitu peduli dengan olahraga. Belau memfasilitasi dan mensponsori banyak iven cabang olahraga dengan dananya sendiri, diantaranya futsal dan line dance se-Minahasa,” ujar tokoh masyarakat yang memiliki lapangan futsal Borneo Tondano dan punya klub line dance sekaligus ketua Kawanua Country Club (KCC) Minahasa Raya ini.

Audy Karamoy (kedua dari kiri) selaku sponsor lomba line dance menyerahkan hadiah kepada pemenang didampingi Ketua Kawanua Country Club Willy Senduk (pakai topi lebar) di Moy Convention Center beberapa waktu lalu.

Senada disampaikan mantan pemain Persmin Mecky Lego saat menghadiri kegiatan Open Tournamen Futsal se-Minahasa di Lapangan Futsal Borneo Tondnao baru-baru ini.

Baca Juga  Bupati Minahasa Lepas Fun Bike GPPMP

“Pak Audy Karamoy memang sosok yang peduli olahraga khususnya sepak bola. Saya kenal beliau ketika menjadi manager Persma dan Manado United. Di Pilkada kali ini torang butuh pemimpin Minahasa yang peduli dan mau berkorban majukan olahraga khususnya sepak bola seperti Pak Audy Karamoy. Sapa tau ke depan Persmin (Klub Sepak Bola Minahasa yang pernah tampil di pentas sepak bola nasional) bisa bangkit kembali,” kata Mecky Leho.

Begitu juga dengan pengakuan dari Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Minahasa Jefrry Uno.

“Ketika olahraga catur kurang diperhatikan Pak Audy Karamoy hadir memfasilitasi dan mensponsori turnamen catur se-Minahasa setiap bulan, sehingga semua pecatur di Minahasa baik master maupun non master sangat senang dengan kesukaan dan kepedulian Pak Audy Karamoy. Karena kepedulian Pak Audy ini sehingg kami dari Percasi dan para pecatur bisa sering mengasah kemampuan sehingga dapat meraih prestasi. Kami berharap pak Audy Karamoy menjadi bupati Minahasa agar catur Minahasa bangkit dan berprestasi,” ucapnya.

Audy Karamoy (kanan) tidak hanya memfasilitasi dan mensponsori iven lomba catur tapi juga ikut bertanding sebagai peserta. Bukti sosok low profile, peduli dan merakyat.

“Cuma Pak Audy Karamoy cabup yang selalu mensponsori banyak iven olahraga. Khusus di catur, Pak Audy sangat komit membangkitkan olahraga catur di Minahasa. Bayangkan saja beliau menggandeng kami Percasi dan minta iven ini digelar tiap bulan sampai Desember 2024 dan tiap bulan beliau menyiapkan tempat dan semua biaya baik itu hadiah juga konsumsi peserta, pake depe doi sendiri. Ini bukti kalau Pak Audy calon pemimpin Minahasa yang benar-benar suka dan peduli dengan kemajuan olahraga di Minahasa,” tambah Sekretaris Percasi Minahasa AKP Robby Wongkar.

Baca Juga  Start dari Kampung Halaman Prabowo, Gerbong Pemenangan Duet Jusak Kereh - Audy Karamoy Mulai Bergerak Raih Dukungan Warga ke Segala Penjuru Minahasa

Ini baru pengakuan beberapa pihak ketika diwawancara jejakpublik.com. Sementara itu dalam banyak kesempatan Audy Karamoy menegaskan kepeduliannya terhadap semua cabang olahraga tidak hanya catur, futsal dan lain sebagainya. Dan ia tak ragu menggelontorkan dana pribadinya demi menggairahkan dan membangkitkan olahraga serta membantu atlet meningkatkan prestasi.

“Kita (saya, red) suka semua cabang olahraga. Bukan cuma catur, futsal, line dance, dan sebagainya. Pokoknya semua cabang olahraga kita suka. Kalau ada yang nanti beking iven kita siap sponsor,” katanya dalam banyak kesempatan.

Audy Karamoy (kanan) didampingi Ketua Percasi Minahasa Jefry Uno mensupport penuh pecatur junior asal Minahasa yang berprestasi di kejuaraan internasional mewakili Indonesia Brave Lumunon (tengah).

Diketahui, kepedulian Audy Karamoy terhadap dunia olahraga sudah terlihat sejak usia muda. Di waktu muda dia hobi olahraga balapan motor cross dan mobil dan sering ikut lomba. Ia juga pernah menjadi atletik dan suka dengan tinju, takraw, biliar gateball dan beberapa cabang olahraga lain.

Pengusaha sukses yang low profile dan merakyat ini waktu muda juga menjadi pemain sepak bola tim Panter Bahu. Seiring berjalannya waktu Audy Karamoy dikenal sosok “gila bola”. Tahun 1995-2005 dia diangkat menjadi manager Persma kala klub sepak bola kebanggaan Sulut ini tampil di pentas sepak bola nasional. Lalu ia dipercaya menjadi manager Manado United, klub sepak bola kebanggaan warga Manado Sulut di level nasional sekitar tahun 2010.

Baca Juga  Tim Penyidik Sita Aset Milik Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian Kominfo

Selain itu, sosok yang ikut mendukung pariwisata Kabupaten Minahasa dengan mendirikan Moy Residance (hotel), Moy Restoran, Moy Convention Center dan Makarios Hot Pool dan Cafe (tempat Pemandian air panas) di Tondano ini juga pernah mendatangkan wasit nasional pada pertandingan bola voli di Sulut.

Selain itu, tahun 2010-2015 menjadi Ketua Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliard Seluruh Indonesia (PB POBSI) Provinsi Sulut. Dan saat ini (2017-2025) ia dipercaya menjadi Bendahara Persatuan Gate Ball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Sulut. Dan masih ada beberapa jabatan organisasi cabang olahraga lainnya yang diembannya.

Audy Karamoy melakukan tendangan pertama didampingi istri Linda Masengi pada pertandingan futsal se-Minahasa yang disponsorinya.

Tapi Audy Karamoy tak hanya menduduki jabatan di beberapa cabang olahraga serta memfasilitasi dan mensponsori iven olahraga yang digelar. Ia juga ikut sebagai peserta lomba seperti menjadi peserta turnamen catur yang digelar Percasi setiap bulannya di mana Audy ikut jadi peserta membaur dengan puluhan pecatur lainnya. Termasuk juga ketika Hari Persatuan (Hapsa) Pria/Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM Audy Karamoy menjadi satu-satunya cabup yang menjadi peserta pertandingan catur di iven tersebut.

Menariknya, meski menjadi salah satu bakal cabup Bupati Minahasa, namun berulangkali Audy Karamoy menegaskan komitmennya membangkitkan dan menggairahkan olahraga di Minahasa dengan memfasilitasi dan mensponsori banyak iven tersebut tidak untuk kepentingan politik.

“Kita (saya, red) memang dari dulu suka beking iven olaharga atau mensponsori kegiatan itu. Jadi bukan karena kepentingan politik saat ini. Kan sekarang saja belum ada SK pencalonan, nda tahu siapa yang dipili untuk diusung menjadi cabup Minahasa dan nanti siapa yang mo jadi bupati Minahasa, mar kita beking lomba setiap bulan. Dan ke depan mo jadi calon atau mo jadi bupati atau nda kita tetap memfasilitasi dan mensponsori iven cabang-cabang olahraga, karena memang kita suka deng peduli dengan olahraga,” ucapnya.

Audy Karamoy bakal calon bupati Minahasa sangat suka dan paling peduli terhadap kemajuan olahraga di Minahasa.

Audy Karamoy menegaskan kemajuan Kabupaten Minahasa salah satunya karena kemajuan olahraga dan prestasi para atlet Minahasa.

“Kalau olahraga maju dan berprestasi pasti Minahasa juga akan maju,” tandasnya. (Simon)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0