HomeBeritaBerita Utama

Mendagri Minta Ada Terobosan di Rakernas, APEKSI Sepakat Berkolaborasi dalam Pembangunan

Mendagri Minta Ada Terobosan di Rakernas, APEKSI Sepakat Berkolaborasi dalam Pembangunan

SEMARANG, JP- Sedikitnya 98 Walikota se-Indonesia menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) membahas tantangan dalam pengelolaan pemerintahan, yang berlangsung di PO Hotel Semarang, Rabu (3/7/2019).

Saat membuka kegiatan ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta APEKSI harus terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten. Ia juga meminta APEKSI terus mengawal dan mendukung pencapaian sisa sasaran pembangunan dalam RPJMN 2014-2019, agar terlaksana secara tuntas. 

“Bahwa usia kota lambat laun semakin tua, tetapi wajah kota harus semakin muda dan tingkat pelayanan dan inovasi harus semakin Tinggi. Kota harus bisa mempertahankan identitas diri, jangan sampai Kota meninggalkan jati dirinya termasuk mempertahankan kearifan lokal. Semoga Rakernas ini bisa menghadirkan ide, gagasan dan terobosan yang akan berkontribusi terhadap implementasi Indonesia Maju Berdaulat di masa depan,” harapnya.

Baca Juga  Bupati Roring Resmikan Gereja Kristus Raja Kembes

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Airin Rachmi Diany menegaskan pertemuan itu bisa membuat semua kota saling mendukung maju bersama.

“Tidak ada lagi kota maju sendirian dan tertinggal sendirian. Kami sepakat, mari kolaborasi,” kata Airin.

Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, diwakili Asisten I Hery Saptono, Staf Ahli Johanis Waworuntu bersama Kabag Humas Sony Takumansang di Rakernas APEKSI.


Sedangkan Walikota Semarang, Hendrar Pribadi selaku tuan rumah menuturkan Rakernas Apeksi 2019 mengangkat tema besar ‘Penguatan Alokasi Anggaran Pemda Untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah’.

Baca Juga  Berpihak Pada Kepentingan Rakyat, Demokrat Tolak Tetapkan RUU Ciptaker, Ini Alasannya

Agenda Rakernas Apeksi, lanjut dia juga akan disisipi berbagai kegiatan seperti Internasional Semarang Night Carnival, City Tour, dan kegiatan lainnya hingga tanggal 6 Juli 2019. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0