HomeBeritaBerita Utama

Oktober Rekrutmen PPPK Tahap II Digelar, Ini Harapan BKN

Oktober Rekrutmen PPPK Tahap II Digelar, Ini Harapan BKN

JAKARTA, JP- Kabar gembira bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan tetap.

Pasalnya, jika tak ada aral melintang pada bulan Oktober 2019 nanti, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menggelar rekrutmen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) 2019 tahap II.

Hal ini diakui Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada wartawan, Rabu (26/06/2019) sebagaimana yang dikutip dari JPNN.

“Rencananya, rekrutmen PPPK tahap II dibuka Oktober. Saat ini pemerintah tengah menunggu usulan kebutuhan ASN dari pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga,” ujarnya.

Baca Juga  Targetkan Kemenangan di Pemilu 2024, Adrie Kamasi Minta Kader Golkar Tetap Solid dan Terus Bergerak

Namun, lanjut Bima, pihaknya berharap usulan kebutuhan itu lebih banyak untuk formasi PPPK, dengan persentase 70 persen dan sisanya CPNS.

“Rekrutmen tahap II ini terbuka untuk umum, di mana masyarakat umum termasuk yang berusia di atas 35 tahun dan ingin menjadi PPPK, bisa ikut melamar,” jelasnya.

Hanya saja, lanjutnya, belum diketahui jabatan-jabatan apa saja yang akan dibuka, apakah tetap guru, tenaga kesehatan, penyuluh, atau ada tambahan lainnya.

“PPPK tahap satu kan khusus formasi honorer K2. Nah tahap dua ini, formasi PPPK umum. Ini yang masih harus diverifikasi dan validasi jabatan apa saja yang dibuka,” jelasnya.

Baca Juga  Wakil Jaksa Agung ke Anggota IAD: Bijak dalam Bermedia Sosial dan Terapkan Pola Hidup Sederhana

Dikatakan Bima,, mengingat tahap II adalah formasi PPPK umum, maka honorer K2 maupun nonkategori yang akan ikut akan memerebutkan kursi, bersaing dengan pelamar lainnya.

“Mekanisme ini sementara dibahas di internal pemerintah. Wacananya ya itu, honorer K2 dan nonkategori dipertandingkan dengan pelamar umum. Kalau enggak begitu bagaimana bisa maju honorernya,” tukasnya. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0