HomeBeritaBerita Utama

Pimpinan DPR RI Ini Pernah Tinggal dan Bersekolah di Manado

Pimpinan DPR RI Ini Pernah Tinggal dan Bersekolah di Manado

JAKARTA, JP- Belum hilang rasa bangga terhadap Anggota DPR RI termuda Dapil dan asal Sulawesi Utara, Hillary Brigitta Lasut menjadi pimpinan sementara DPR RI saat rapat paripurn pelantikan Anggota DPR RI, kini masyarakat Sulut patut berbangga karena satu dari lima pimpinan DPR RI periode 2019-2024, yang telah dilantik pernah tinggal dan mengenyam pendidikan di kota Manado.

Dia adalah Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra. Sufmi ditunjuk oleh Ketua Umumnya Prabowo Subianto sebagai pengganti Fadli Zon di pimpinan DPR RI.

Yang menarik, Sufmi pernah tinggal dan bersekolah di Manado.

Sebagaimana dikutip dari website resmi DPR RI, setelah menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri 66 Palembang, tahun: 1973 – 1979 dan Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 43 Jakarta, tahun 1979 – 1982,
Sufmi pernah bersekolah di SMA Negeri 2 Manado sejak 1982 hingga lulus tahun 1985.

Baca Juga  MOR BASTIAAN Ternyata Titisan RAJA Tahuna, Ini Buktinya

Tak hanya itu, semasa SMA dan tinggal di kota Manado itu, dia juga aktif sebagai pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Kota Manado.

Usai menamatkan pendidikan SMA di Manado, tokoh senior dan pendiri Partai Gerindra ini melanjutkan studi S1 Fakultas Elektro, Universitas Pancasila dan menetap di Jakarta.

Diketahui, Sufmi adalah pria kelahiran Bandung, 7 Oktober 1967 lalu. Masa kecilnya dihabiskan di Palembang, sebelum pindah ke Jakarta dan Manado.

Selain bergelar S1 Fakultas Elektro di Universitas Pancasila pada 1985-1993, Sufmi juga studi S1 Fakultas Hukum Universitas Jakarta pada 2005-2009, S2 Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta pada 2009-2012, dan S3 Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung pada 2012-2015.

Baca Juga  Dana Duka Naik Rp 5 Juta, GSVL Ingatkan Lurah dan Pala

Selain itu, Sufmi juga aktif di organisasi Serikat Pengacara Rakyat, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Satuan Relawan Indonesia Raya, Kongres Advokat Indonesia, hingga DPP KNPI

Sejak 2008, Sufmi menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra. Ia juga Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra sejak 2008-2014.

Saat ini, Sufmi Dasco menjabat sebagai wakil ketua umum bidang hukum dan advokasi di partai berlambang burung garuda tersebut.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sufmi Dasco dikenal sebagai pengusaha dengan menduduki jabatan Direktur di sejumlah perusahan.

Sufmi Dasco juga bukan sosok baru di dunia parlemen. Ia pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 Dapil Banten III, menjabat Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dan berada di Komisi III yang membidangi hukum, keamanan dan hak asasi manusia yang sekarang menjadi “incaran” legislator termuda asal Sulut Hillary Brigitta Lasut.

Baca Juga  Dulu Lantang Berdakwah dengan Nada Menghina, Kini Meminta Maaf di Ruang Pengadilan, PGI: Kita Maafkan Yahya Waloni

Pada Pemilu 2019, Sufmi Dasco kembali maju mewakili Banten III dan kembali lolos dengan mengantongi 99.002 suara.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang tercatat pada 2015 lalu, Sufmi memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 24,837 miliar.

Selain Sufmi, empat pimpinan DPR RI lainnya yakni Puan Maharani (PDIP) sebagai ketua, Aziz Syamsudin (Golkar) sebagai wakil ketua, Muhaimin Iskandar (PKB) selaku wakil ketua dan Rachmat Gobel (Nasdem) sebagai wakil ketua. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0