HomeBeritaMinahasa Raya

Rayakan HUT Desa Kalawiren, Bupati Minahasa Minta Warga Lestarikan Danau Tondano

Rayakan HUT Desa Kalawiren, Bupati Minahasa Minta Warga Lestarikan Danau Tondano

MINAHASA, JP- Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi menghadiri perayaan ucapan syukur Hari Ulang Tahun Ke-121 Desa Kalawiran Kecamatan Kakas Barat, yang diselenggarakan di Lapangan Desa Kalawiran.

Guyuran hujan deras tak membuat Bupati yang sering disebut warga dengan akronim namanya ROR ini, absen di kegiatan tahunan desa yang memiliki sejarah dalam masa perang dan memperjuangkan kemerdekaan RI itu.

Dalam ibadah yang dipimpin oleh Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Ajaran, Pembinaan dan Pengembalaan ini, dihadiri Plh Kejari Minahasa, Fien Ering, SH, MH, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Jeffry Tangkudung, SH, MAP, Camat Kakas Barat, Jeane Sumendap, SP, Kapolsek Kakas, Iptu. Andre Mamahit, Danramil Kakas Pelda Danny Saruan.

Baca Juga  Wawali Mor Hadiri Pisah Sambut Dandim 1309 Manado¬†

Dalam sambutanya, Bupati mengajak warga Kalawiran yang masuk areal Danau Tondano untuk turut dalam upaya pelestarian Danau Tondano yang kini masuk dalam 15 danau prioritas nasional.

“Sebab kalau kita tidak bahu-membahi untuk melestarikannya, maka 30 tahun ke depan danau ini bisa saja hilang dan itu sudah ada bukti contohnya bagi kita,” ujarnya.

Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM periode 2005-2010 itu juga kembali menyampaikan program kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa yang merupakan visi dan misi dirinya bersama Wakil Bupati, Robby Dondokambey, SSi yakni pemberian dana duka, BPJS kelas 3 gratis, pemberian perlengkapan sekolah untuk siswa kelas 1 dan kelas 7, menaikan tunjangan aparat desa, menaikan gaji bagi guru honorer serta BPJS ketenagakerjaan bagi petugas keagamaan yang merupakan program Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta meneruskan pemberian tunjangan bagi pemimpin agama.

Baca Juga  Buka Rakor APPSI, Mantiri Tekankan Kolaborasi Kembangkan Inovasi

“Semua ini butuh dana karenanya saya mengimbau agar warga Kakas Barat terutama di Kalawiran untuk rajin membayar pajak dan saya tahu di Kecamatan Kakas Barat pelunasan PBB-nya selalu 100 persen,” jelasnya.

Bupati yang sering diapresiasi warga karena selalu dekat dengan warganya ini juga kembali juga mendorong Desa Kalawiran untuk memproteksi diri dengan jaminan sosial ketenagkerjaan yang pada akhirnya akan membantu diri kita dan keluarga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bersama.

“Akhirnya banyak selamat kepada semua warga Kalawiran di usia 121 tahun desa dan kiranya Tuhan yang mengguyur sejak kemarin membangun tenda saat mempersiapkan kegiatan HUT ini bahkan sampai acaranya ini menjadi berkat badi desa ini bahkan kita semua,” tandasnya. (JPc/mcc)

Baca Juga  Work From Home Diperpanjang, Absen ASN-THL Pemkot Manado Lewat Whatsapp Group

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0