HomeBeritaBerita Utama

Tumbangkan Rekor Amerika Serikat, WASI Raih Rekor Dunia Rantai Manusia Terpanjang di Bawah Laut Manado

Tumbangkan Rekor Amerika Serikat, WASI Raih Rekor Dunia Rantai Manusia Terpanjang di Bawah Laut Manado

MANADOO, JP- Guinness World Records Official Attempt yang diwakili oleh Solvej Malouf, Guinness World Records Adjudicator, akhirnya mensahkan pemecahan rekor dunia rantai manusia (penyelam) terpanjang di bawah laut yang digelar Wanita Selam Indonesia (WASI) yang berlangsung di laut Manado, tepatnya di pantai Kawasan Megamas, Kamis (01/08/2019) pagi.

Di mana sedikitnya 578 orang penyelam berada di bawah lalu sambil bergandengan tangan memanjang hingga membentuk rantai manusia terpanjang.

Catatan rekor ini berhasil menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Amerika Serikat dengan jumlah penyelam sebanyak 368 orang tahun 2018.

Kepastian pemecahan satu dari tiga rekor dunia di laut Manado ini menyusul penyerahan Piagam Sertifikat Rekor Dunia dari Panitia Guinnes World Record yang berasal dari London kepada Ketua WASI Ny Tri Tito Karnavian yang memimpin langsung pemecahan rekor dunia ini di Kawasan Megamas Manado.

Baca Juga  Beri Perlindungan Jamsostek, GSVL-MOR Peduli 13.000 Pekerja

“Alhamdulilah, puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa semua kerja keras kita dalam setahun ini berhasil. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terima kasih kepada Bangsa Indonesia, terima kasih kepada semua masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Sulawesi Utara tentunya semua peserta yang telah menyukseskan acara ini,” ungkap Ketua WASI.

Menurut Ny Tri, hasil ini patut disyukuri selain piagam penghargaan yang diterima tetapi juga bahwa para peserta semua naik dengan selamat.

“Rekor yang dipecahkan hari ini tentu berbeda dengan rekor yang akan dipecahkan tanggal 3, namun teknis keselamatan dan penyelaman kami harapkan sama dan bahkan bisa lebih baik lagi karena para peserta sudah mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing,” paparnya.

Ditegaskan istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian ini, pemecahan rekor ini menguatkan posisi Indonesia sebagai negara maritim yang mampu melebihi rekor yang dilaksanakan oleh negara lain, khususnya yang berhubungan dengan laut.

Baca Juga  Barang Bukti 96 Perkara Terorisme Dimusnahkan  

“WASI secara khusus sebagai organisasi selam menginisiasi kegiatan ini sebagai wujud dukungan untuk memajukan pariwisata serta mendorong masyarakat untuk turut aktif menjaga kelestarian laut Indonesia,” paparnya.

Menurut wanita cantik yang tahun lalu berhasil meraih rekor MURI berupakan penyelaman massal terbanyak ini, kegiatan pemecahan rekor WASI Guinness World Records Official Attempt tersebut, telah dipersiapkan kurang lebih satu tahun, dengan persiapan mulai dari koordinasi para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari luar Indonesia, serta proses panjang pemilihan lokasi untuk melaksanakan kegiatan ini hingga akhirnya Manado terpilih sebagai lokasi paling tepat.

“Kita sudah melakukan survei ke seluruh Indonesia, karena untuk melakukan kegiatan berskala besar seperti ini tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Kami memeriksa mulai dari fasilitas hotel, penerbangan dan tentunya venue tempat diselenggarakannya acara karena itu merupakan hal yang terpenting untuk keselamatan para peserta. Dari seluruh tempat yang kami survei, Manado beruntung karena menjadi tempat terbaik untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kami berharap, masyarakat Manado pun tidak hanya menjadi penonton, namun selanjutnya dapat menjadi pelaku pecinta laut yang ada,” tukasnya.

Baca Juga  Zona Hijau, Warga Talaud Diimbau Tetap Lakukan Prokes dan Vaksinasi Covid-19

Diketahui, sejak didirikan pada 2018, WASI telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang kegiatan maritim dan mengampanyekan pelestarian kehidupan dan wisata laut Indonesia.

Salah satunya adalah pemecahan rekor MURI pada 2018 untuk Penyelaman Massal Wanita terbanyak yang diikuti oleh 930 penyelam wanita dan Pembentangan Bendera Terpanjang Dalam Laut Indonesia sepanjang 500 meter. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0