HomePolitik

Lantik Pantarlih, Andri Sumolang Tekankan Empat Hal Ini

Lantik Pantarlih, Andri Sumolang Tekankan Empat Hal Ini

Foto: Ketua KPU Talaud Andri L. J. Sumolang memberikan sambutan pada acara pelantikan Pantarlih di Aula KPU Talaud, Senin (24/06).  

MELONGUANE, JP – Ketua KPU Talaud Andri L. J. Sumolang melantik 62 Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) di Aula KPU Talaud, Senin (24/06) pagi.

62 Pantarlih tersebut nantinya akan bekerja di 37 TPS. Yakni, 38 Pantarlih di 22 TPS di Kecamatan Melonguane, 13 Pantarlih di 7 TPS di Kecamatan Beo Selatan dan 11 Pantarlih di 8 TPS di Kecamatan Melonguane Timur.

Kesempatan itu, Andri Sumolang menegaskan tiga hal penting yang harus dilakukan oleh Pantarlih selama bekerja. Pertama, dalam melaksanakan tugas dibutuhkan komitmen, kejujuran dan integritas yang tinggi.

Baca Juga  30 Juni, Jokowi-Ma'ruf Ditetapkan sebagai Capres-Cawapres Terpilih

“Tugas yang diemban saudara sekalian adalah tugas yang sangat mulia dan penting. Pantarlih memiliki peran strategis dalam memastikan data pemilih yang akan digunakan dalam Pilkada 2024 adalah data yang akurat dan valid. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugas ini dibutuhkan komitmen, kejujuran dan integritas yang tinggi,” kata Andri dalam sambutannya.

Kedua, Pantarlih harus bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional. “Rekan-rekan Pantarlih diharapkan turun langsung ke rumah, mendata pemilih dengan cermat, serta memastikan bahwa tidak ada warga yang terlewati dalam arti warga masyarakat yang mempunyai hak memilih,” ujarnya.

Baca Juga  Struktur DPP Demokrat: Ramping dan Banyak Kader Muda

Ketiga, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, Pantarlih harus menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independen.

“Jangan sampai ada kepentingan pribadi atau golongan tertentu atau kelompok tertentu yang mempengaruhi kinerja teman-teman sekalian. Kita semua harus bekerja demi kepentingan bangsa dan negara. Memastikan bahwa setiap warga negara yang memuhi sayarat memiliki hak untuk memilih dan suaranya dihitung secara adil,” tegas Andri.

Di akhir sambutan, Andri berharap Pantarlih dapat bekerja sama dengan baik, menjalin koordinasi efektif dengan PPS, PPK dan semua unsur terkait lainnya di tingkatan masing masing.

“Mari kita sama-sama menyukseskan Pilkada serentak ini dengan bekerja keras, bekerja sama, jujur dan penuh semangat,” pungkasnya.

Baca Juga  Ade Sahea: Saya Mohon Doa untuk Saya dan Pak Moktar

Diketahui, Pantarlih adalah petugas yang direkrut oleh PPS guna melakukan pemutakhiran data pemilih Pilkada 2024. Jumlah keseluruhan Pantarlih di Kabupaten Kepulauan Talaud sebanyak 289 orang.

Hari ini, mereka dilantik secara serentak di sejumlah titik. Selain di Aula KPU Talaud, pelantikan Pantarlih juga di pusatkan di BPU Kecamatan Lirung untuk 18 Pantarlih Kecamatan Lirung, 12 Pantarlih Kecamatan Kolongan, 12 Pantarlih Kecamatan Moronge dan 19 Pantarlih Kecamatan Salibabu.

Sedangkan untuk 166 Pantarlih yang akan bekerja di 121 TPS yang tersebar di 103 desa/kelurahan se-Talaud dilantik di kecamatan atau desa oleh jajaran KPU Talaud setempat. (Rey Atapunang)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0