HomeBerita

Didorong Masyarakat Maju Cabup Minut, Sompie Singal: Jika Tuhan Menghendaki dan Rakyat Mendukung

Didorong Masyarakat Maju Cabup Minut, Sompie Singal: Jika Tuhan Menghendaki dan Rakyat Mendukung

FOTO: Sompie Singal saat menjabat sebagai Bupati Minut.

MINUT, JP – Kabupaten Minahasa Utara kini membutuhkan sosok pemimpin yang mempunyai visi memimpin, merakyat serta kemampuan birokrasi ulung.

Hal ini membuat mantan birokrat handal dan Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA kembali didorong masyarakat Minut untuk maju sebagai calon Bupati (Cabup) di Pilkada Minut tahun 2024 ini.

Dorongan Sompie untuk maju cabup dan kembali memimpin Minut ini, terlihat dari terbentuknya group-group relawan-relawan di media sosial oleh masyarakat. Salah satu nama group relawan yakni KISS singkatan dari Kami Ingin Sompie Singal.

Rupanya warga Minut punya memori indah dengan Sompie. Karena sewaktu jadi Bupati Minut, tak hanya punya visi memimpin yang baik dan memiliki kemampuan birokrasi yang hebat, ia juga sangat merakyat dengan rajin blusukan di tengah-tengah merakyat. Hampir di semua acara suka dan duka di Minut, Sompie selalu hadir dan menyapa warga. Bahkan setelah tidak lagi menjabat Bupati Minut pun, Sompie tetap terlihat merakyat dengan rajin menemui masyarakat di acara-acara suka dan duka. Hal ini jarang terlihat dari para kepala daerah maupun mantan kepala daerah.

Sompie Singal saat melayat ke rumah duka Almarhumah Julien (Nunin) Oley dari Keluarga Wahyudi Oley Kelurahan Airmadidi Rap Rap Kecamatan Airmadidi, Minut pada tanggal 3 Februari 2023 lalu. (Foto: Tangkapan layar akun Fb@Retyc)


Ketika dimintai tangapannya atas dorongan warga Minut ini, Sompie menjawab singkat

Baca Juga  Fabian Kaloh: Pemdes Jangan Sewenang-Wenang, Kami Akan Panggil

“Saya siap maju (Cabup Minut, red) jika Tuhan menghendaki dan rakyat mendukung saya,” ujarnya singkat.

Diketahui Sompie pernah mendampingi Bupati Vonnie Anneke Panambunam (VAP) sebagai Wakil Bupati Minut. Namun belum genap satu periode kepemimpinan keduanya, pada tahun 2008 Sompie diangkat menjadi Bupati definitif setelah VAP mundur dari jabatan Bupati untuk menghadapi kasus hukum yang menjeratnya. Kemudian Sompie dipilih rakyat dan kembali menjabat Bupati Minut periode 2010-2015.

Sompie sempat dua kali mencalonkan diri sebagai Bupati pada Pilbup Minut. Ada yang menarik dari sisi pencalonannya tersebut. Pertama, tahun 2015 Sompie maju cabup melalui kendaraan politik PDIP bersama Peggy Mekel sebagai calon wakil bupati. Di mana lawannya adalah mantan Bupati VAP yang pernah bersamanya memimpin Minut. Sayangnya, Sompie kalah tipis dari VAP yang kala itu berpasangan dengan Joppie Lengkong. Lalu Sompie kembali maju cabup di Pilkada Minut berpasangan dengan Joppie Lengkong yang sebelumnya menjadi lawannya di Pilbup Minut. Meski meraih suara murni sebanyak 31.763 suara tapi keduanya diusung Partai Golkar, Hanura, dan PAN. Namun Sompie-Joppie kalah dari pasangan calon Joune Ganda dan Kevin Lotulung yang diusung PDIP.

Baca Juga  Kamagi Resmikan Destinasi Wisata Telaga Lotta Indah

Jika benar ia kembali maju cabup pada Pilkada Minut 2024, Sompie bisa saja belajar dari pengalaman untuk menyusun strategi untuk meraih kemenangan.

Sosok yang sempat “dijuluki” oleh Lembaga survei Charta Politika Indonesia sebagai cabup paling religius berdasarkan hasil survei “Preferensi Politik Masyarakat Kabupaten Minahasa Menjelang Pilkada Serentak 2020”, pada Rabu (21/10/2020) ini, diyakini punya kans besar memenangi Pilbup karena masih dicintai warga Minut. Apalagi sang petahana Joume Ganda dan Kevin Lotulung berpotensi “bercerai” di Pilkada Minut 2024 nanti, di mana PDIP kemungkinan besar mengusung keponakan Gubernur Sulut dan juga Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey yakni Kevin Lotulung, sementara Joune Ganda ditengarai sedang mencari dukungan kendaraan politik di mana sempat diberitakan tengah merapat ke Partai Gerindra.

Baca Juga  Sempat Viral Karena Hibahkan Tanah untuk Gereja, Opa Robo Dikunjungi PSI Sulut, MJP: Ini Teladan Toleransi

Sedangkan Sompie sendiri bisa dicalonkan lewat partai politik mengingat dirinya kini menjadi kader Partai Demokrat, tapi juga bisa maju lewat jalur perorangan atau independen. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0