HomeBerita

AARS Terima 4 Penghargaan Hanya dalam Seminggu, Bukti Nyata Kerja Hebat Diakui Pemerintah Pusat

AARS Terima 4 Penghargaan Hanya dalam Seminggu, Bukti Nyata Kerja Hebat Diakui Pemerintah Pusat

FOTO: Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang saat menerima penghargaan peringkat I PPKM Award untuk wilayah Sulawesi dari Presiden Joko Widodo.

MANADO, JP – Luar biasa kinerja dari Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Andrei Angouw dan dr Richard Sualang (AARS). Hanya dalam jangka waktu 1 minggu, sudah menerima empat penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Pada minggu lalu menerima penghargaan Universal Health Coverage dari BPJS Kesehatan, kemudian mendapat Paritrana Award dari BPJS Ketenagakerjaan, dan pada Kamis (16/03/2023) lalu menerima penghargaan Harmoni Award oleh FKUB Indonesia.

Terbaru, Senin (20/03/2023), Pemkot Manado menerima penghargaan peringkat I PPKM Award untuk wilayah Sulawesi. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dan diterima oleh Wawali Richard Sualang di Gedung Dhanapala Kemenkeu Jakarta.

Baca Juga  Kejagung Periksa 2 Saksi Terkait Perkara Pengelolaan Dana Pensiun

Seperti dilansir lewat situs resmi Kemendagri RI, bahwa penghargaan ini adalah tanda apresiasi dari pemerintah Pusat ke Pemerintah daerah dan untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam menghadapi ancaman pandemi di masa datang.

Seperti di ketahui kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dilakukan oleh Pemerintah Pusat pada awal bulan Januari 2021 menggantikan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).
Implementasi awal dilaksanakan di Pulau Jawa dan Bali. Tetapi pada saat Varian Delta merebak di seluruh Indonesia di bulan Juli 2021, maka kebijakan ini kemudian meluas keseluruh Indonesia.

Pada saat itu Pemerintahan AA-RS baru saja dimulai setelah dilantik pada bulan Mei 2021. Pilihan yang amat sulit harus diambil oleh Pemerintah Kota Manado, tetapi demi menyelamatkan banyak nyawa, maka mau tidak mau kebijakan PPKM ini harus diambil. Strategi rem dan gas diterapkan terutama untuk menyeimbangkan antara perkembangan epidemiologis dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga  Permohonan Sejumlah Kepala Daerah Ditolak Bank Sulut, Ternyata Sudah Diprediksi Bupati Yasti Sebelumnya

Salah satu terobosan utama adalah program Vaksin Hebat, dengan menggelar pos-pos vaksin secara meluas di seluruh wilayah Manado. Hasilnya kemudian terlihat nyata, dengan terbentuknya kekebalan komunitas maka pandemi berangsur angsur mereda, tetapi pertumbuhan ekonomi Kota Manado terjaga dan pada saat ini berada di atas level nasional.

Wawali Richard Sualang menyampaikan Pemerintah Kota Manado tentunya tidak takabur dalam penghargaan yang didapatkan.

“Tentunya, kita tidak takabur dan harus bersyukur kehadirat Tuhan, karena kami percaya ini adalah anugerah dari Maha Pencipta bagi Kota Manado, yang terus memelihara kita selama masa pandemi,” ujarnya.

Baca Juga  Pengamat: Stop Pertontonkan Tidak Harmonisnya Pemimpin di Sulut

Lewat penghargaan itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Manado ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat, bahwa sesuatu yang paling sulitpun bisa kita atasi bila ada kolaborasi antara Pemerintah dan masyarakat.

“Oleh karenanya, saya bersama Pak Walikota Manado Andrei Angouw menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Manado untuk kerjasamanya selama pemberlakuan PPKM ini, demikian tandas Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang.
Hadir mendampingi penganugerahan ini Kasatpol PP Kota Manado Hany Waworuntu, Kadis Kesehatan Kota Manado dr. Steaven Dandel, MPH, beserta Kabag Protokol Pemkot, Innov Waleleng. (*/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0