HomeBerita Utama

Akses Masuk Digenjot, KEK Pariwisata Siap Dibangun

Akses Masuk Digenjot, KEK Pariwisata Siap Dibangun

LIKUPANG, JP- Rencana Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang di lahan seluas 374 hektar dengan nilai investasi sebesar Rp 11 triliun bakal segera terwujud.

Hal ini menyusul kerja keras Pemerintah Provinsi Sulut di bawah pimpinan Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandouw (OD-SK) sebagai gubernur dan Wakil Gubernur. Saat ini OD-SK sedang menggenjot pembabgunan
Infrastruktur jalan menuju ke lahan KEK Pariwisata.

Saat ini sedang diperlebar akses jalan dari Likupang I – Marinsow dengan APBN 2019 yang dilaksanakan BPJN Wilayah XV Manado.

Baca Juga  Ular Piton 12 Meter dari Toli-Toli Bakal Tersaji di Menu Makanan Pengucapan Syukur Manado

Selain itu, aksesibilitas infrastruktur dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado menuju KEK Pariwisata terus dibangun. Pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 31,5 KM menelan Rp 631 miliar dan terbagi dalam empat segmen yakni segmen pertama Bandara Sam Ratulangi – Talawaan 4,6 KM, segmen kedua Talawaan – Tatelu 2,75 KM, segmen ketiga Tatelu – Wasian 4,1 KM dan segmen keempat Wasian -Marinsow sepanjang 20,1 KM.

Pelebaran jalan di titik gunung Wori (perbatasan antara Desa Likupang I – Desa Wineru Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara. Foto: Ferry

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengatakan, Presiden Jokowi telah membantu sebagian dana yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur jalan melalui APBN.

Baca Juga  Survei PSI: Elektabilitas Partai Golkar dan Airlangga Tertinggi, Duet dengan Ganjar Pranowo Paling Diinginkan Masyarakat

Bahkan investor dari Prancis sudah menemui Pemprov Sulut pada Mei 2019 untuk menyatakan kesediaan mereka untuk turut berinvestasi di KEK Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang. Sedangkan, PT Minahasa Permai Resort Development menjadi pengelolahnya.

Sedangkan Wagub Sulut Drs Steven OE Kandouw mengatakan, sektor pariwisata memang menjadi pendongkrak perekonomian daerah, karena lonjakan kunjungan turis mancanegara begitu drastis.

Diketahui, pada bulan lalu investor dari Prancis sudah menemui Pemprov Sulut pada Mei 2019 untuk menyatakan kesediaan mereka untuk turut berinvestasi di KEK Pariwisata Tanjung Pulisan Likupang. Sedangkan, PT Minahasa Permai Resort Development menjadi pengelolahnya.

Baca Juga  Paskibraka Nasional asal Sulut Tiba di Bandara Sam Ratulangi

Dengan begitu, ODSK terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan sebagai aksesibilitas, selain juga menyiapkan atraksi dan amenitas yang dinilai sangat penting dalam membangun sektor pariwisata daerah. (JPc)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0