HomeBerita

Dream Mobile Jadi Inovasi PLN Tingkatkan Keandalan Suplai Listrik

Dream Mobile Jadi Inovasi PLN Tingkatkan Keandalan Suplai Listrik

FOTO: Aplikasi Dream Mobile PT. PLN (Persero) UID Suluttenggo.

MANADO, JP – Fasilitas Operasi PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) kini mengalami trasnformasi yang signifikan sejak memakai aplikasi Dream Mobile, mulai dari efisiensi hingga tercipatanya keandalan sistem pemeliharaan master station secara rutin.

Ari Dartomo, selaku General Manager PLN UID Suluttenggo mengatakan sejak diterapkan pemeliharaan berbasis Aplikasi Dream Mobile sebagai sarana monitoring, pemantauan dan pemeliharaan master station dapat dilakukan secara terpusat, lebih akurat, dan lebih cepat.

Baca Juga  Jaga Kedaulatan Negara, PLN Listriki 19 Desa di Perbatasan Indonesia – Malaysia

“Aplikasi Dream Mobile memiliki dua tingkatan inspeksi, yaitu Tier 1 dan Tier 2. Tier 1 melibatkan pengecekan fisik, termasuk memeriksa kondisi port kabel dan kebersihan ruangan server untuk memastikan bahwa lingkungan server tetap optimal dan bebas dari faktor-faktor potensial yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat,” jelas Dartomo.

Dilanjutkannya bahwa Tier 2 lebih mengarah pada pengecekan internal perangkat keras, seperti RAM dan hard disk, untuk memastikan bahwa ini memenuhi standar yang ditetapkan.

“Pengecekan ini sangat penting karena melibatkan aspek kinerja yang sangat vital dari master station. Jika ada penyimpangan dari standar yang telah ditetapkan, perbaikan akan dilakukan sesuai dengan jenis kerusakan yang teridentifikasi,” sambungnya.

Baca Juga  Mantap, PLN Catat Kenaikan Penjualan Listrik 6,17 Persen Tahun 2022

Ditambahkan Lalla, selaku Manager PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Suluttenggo, mengatakan aplikasi Dream Mobile terbukti membawa dampak positif terhadap operasional pemeliharaan master station.

“Aplikasi Dream Mobile memungkinkan pemantauan yang lebih efisien dan terpusat, sehingga tim IT mampu merespons potensi masalah dengan lebih cepat, dan mengurangi waktu henti sistem yang mungkin terjadi akibat kerusakan atau kegagalan perangkat,” ujar Lalla.

Melalui pengembangan ini, perusahaan mengambil langkah proaktif untuk memastikan bahwa infrastruktur teknologi mereka tetap andal dan efisien. Pemeliharaan rutin yang terjadwal dan termonitor dengan baik adalah landasan utama untuk mendukung operasi perusahaan yang lancar dan tanpa hambatan.

Baca Juga  Ayo Gunakan Listrik Secara Benar dan Cek Berkala, Biar Hidup Anda Aman Nyaman!

Selain aplikasi Dream Mobile, PLN juga telah menghadirkan aplikasi PLN Mobile sebagai bagian dari Transformasi Digital kecepatan layanan bagi seluruh pelanggan PLN, apalikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store. (*/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0