HomeBeritaBerita Utama

Ikut Lomba Tingkat Nasional, Tim Verifikasi Terkesan Program Deteksi Dini IVA Pemkot Manado

Ikut Lomba Tingkat Nasional, Tim Verifikasi Terkesan Program Deteksi Dini IVA Pemkot Manado

MANADO, JP- Kota Manado menjadi satu dari lima nominator Lomba Tes IVA Tingkat Nasional.

Atas hal ini, Kamis (11/07/2019) pagi, Tim Verifikasi dari Tim Penggerak PKK Pusat Hj Rahmawati Amanuldi dan dr Syarial berkunjung ke kota Manado dan melakukan penilaian yang berlangsung di Lapangan Sparta Tikala.

Di mana usai acara pembukaan, Tim Verifikasi langsung menuju tempat pemeriksaan IVA dan ruang data di tribun sparta Tikala dan mewancarai beberapa beberapa ibu Kader Posyandu untuk mengecek langsung kebenaran data yang disampaikan.

“Manado adalah nominator terakhir yang diverifikasi. Dan saya terkesan karena Kota Manado sangat kompak menjalankan program deteksi dini IVA. Pemerintah Kotanya dengan dukungan yang inovatif dari Pemerintah Provinsi Sulut, Forkopimda dan masyarakat yang sangat antusias membantu Tim Penggerak PKK Kota Manado,” ungkap Rahmawati.

Hj Rahmawati Amanuldi dan dr Syarial di acara pembukaan penilaian Lomba Test IVA Nasional di kota Manado


Sebelumnya, saat membawakan sambutan dalam pembukaan kegiatan ini, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut (GSVL) SH MSi DEA mengaku Pemerintah Kota Manado telah memberi support kepada Tim Penggerak PKK dengan me-launching sebuah aplikasi Panada Tante IVA (Portal Analisis Data Berbasis Peta Tentang Tes IVA).

Baca Juga  Cegah Covid-19, Dua Desa Ini Jadikan Kebun dan Rumah Angker Sebagai Lokasi Karantina

Ia merincikan, Panada Tante IVA adalah menu baru dari PANADA yang menggambarkan Mapping online wanita usia subur di wilayah Kecamatan Tikala yang sudah/belum melakukan tes IVA.

”Untuk mendukung program ini, Pemkot Manado juga mendorong para suami untuk peduli terhadap kesehatan sang istri dengan sebuah gerakan ‘ Susi Antariksa’ ( suami sayang istri antar periksa IVA),” kata Walikota.

GSVL mengaku semua pihak telah bekerjasama dengan terpilihnya kota Manado dalam lomba test IVA Nasional mewakili Sulut.

“Ini merupakan kerja luar biasa dari semua yang berkolaborasi memajukan kota Manado,” tukasnya.

Ketua Tim Verifikasi dr Syariar serius dengan data TP PKK Kota Manado

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut-Runtuwene MS DEA optimis Kota Manado akan mendapatkan perhatian tersendiri bagi tim verifikasi.

Baca Juga  Dipimpin Inggrid Walewangko, Pengurus SBSi Kota Manado Dilantik, Begini Pesan Wawali RS

”Ketua Tim Verifikasi dr Syahriar bersama rombongan akan melihat langsung keseriusan Tim Penggerak PKK Kota Manado bersama semua pihak yang terkait untuk mendukung program tes IVA ini,” jelasnya.

Tim Verifikasi meminta Ibu Lurah Paal 4 Diana Pandegirot memberi contoh pidato untuk menarik hati ibu ibu PKK di Kelurahan melakukan Tes IVA


Dikatakannya, setelah pencanangan gerakan nasional deteksi dini lVA oleh Ibu Negara Ny Hj Iriana Joko Widodo pada akhir November 2016, Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut telah memulai suatu gerakan dan komitmen bersama untuk melakukan deteksi dini

Baca Juga  Wagub Sulut: Lawan Rasisme dan Intoleransi dengan Pererat Kerukunan

“Sejak awal 2017 kami memulai program deteksi dini IVA di tingkat Dasa Wisma sebagai ujung tombak,” kata istri tercinta Walikota GSVL

Upaya pencegahan, lanjutnya, dengan terus melakukan penyuluhan, soaialisasi dan pemeriksaan agar masyarakat kota Manado senantiasa sehat dan semakin peduli terhadap kesehatannya, terutama kesehatan rahim.

Tim verifikasi mewancarai Kader Posyandu Kelurahan Paal 4, Kecamatan Tikala Reni Suak


Sedangkan Tim Verifikasi Rahmawati Amanula membaca sambutan dari Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, yang dalam sambutannya mengapresiasi TP PKK kota Manado dan Pemkot Manado yang all out mendukung upaya pencegahan kanker servis sehingga kota Manado menjadi salah satu dari enam nominator.
Usai membacakan sambutan tersebut, Rahmawati mengaku terkesan dengan sebutan PANADA yang ternyata sama dengan kue tradisional yang dikonsumsi masyarakat dan Susi Antariksa.

“Rencananya penyerahan penghargaan bagi pemenang lomba akan diserahkan pada Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) Nasional ke-47 di Padang pada 24 – 27 Juli 2019 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo,” tandasnya. (Liputan Khusus/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0