HomeBeritaBerita Utama

Lawan Sepadan Olly Cuma E2L dan SVR, Akankah Diusung Nasdem di Pilgub?

Lawan Sepadan Olly Cuma E2L dan SVR, Akankah Diusung Nasdem di Pilgub?

MANADO, JP- Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara akan digelar tahun 2020. Namun sejumlah figur mulai diwacanakan menjadi bakal calon Gubernur (Cagub) dan calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sulut dan dinilai pantas bertarung di pesta demokrasi tersebut.

Banyak kalangan menilai jika kembali maju sebagai Cagub, figur Olly Dondokambey SE dinilai masih kuat dan karenanya berpeluang besar memenangi Pilgub. Alasannya, selain karena faktor petahana, juga karena diusung oleh PDIP yang notabene memenangi Pemilihan Legislatif (Pileg) di Sulut.

Namun seiring bermunculannya figur-figur terbaik, ditambah meroketnya Partai Nasdem di Pileg lalu dengan meraih kursi terbanyak kedua setelah PDIP, plus bergabungnya 6 kepala daerah di partai yang dipimpin Surya Paloh ini, maka figur yang akan diusung Nasdem layak diperhitungkan. Di sana ada nama hebat seperti Elly Engelbert Lasut (E2L) GS Vicky Lumentut, Max Lomban dan beberapa nama lainnya.

Baca Juga  PLN Kotamobagu Dukung Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional

Yang menarik, ada yang mewacanakan nama Stevanus Vreeke Runtu (SVR), tokoh senior Partai Golkar sebagai figur yang layak diperhitungkan.

Anthonius Ngampas

“Figur pak SVR tidak bisa dipandang sebelah mata. Beliau layak bertarung di Pilgub Sulut nanti,” ujar Anthonius Ngampas.

Kader Partai Golkar yang terkenal sangat loyal dengan SVR ini bahkan berharap figur SVR bisa disandingkan dengan E2L untuk maju di Pilgub nanti.

“Figur E2L dan SVR lawan sepadan Olly. Jika keduanya dipaketkan maka berpeluang besar mengalahkan sang petahana (Olly, red),” prediksinya.

Lalu apa argumen dari Ngampas? “Yang pasti kedua tokoh ini sudah berpengalaman tidak hanya di dunia politik tapi juga dalam dunia pemerintahan. Keduanya mantan kepala daerah dua periode, khusus E2L bisa di bilang untuk periode ketiga,” jelasnya.

Tokoh politik asal Lotta Pineleng ini mengurai satu persatu figur. “Terpilihnya Hillary Brigitta Lasut (HBL) menjadi anggota DPR RI walau berusia muda dan baru terjun didunia politik, menjadi modal untuk E2L ke depan. Belum lagi E2L kembali terpilih menjadi Bupati Talaud dan sang istri Telly Tjangkulung pernah menjabat Bupati Minahasa Tenggara. Apalagi E2L figur yang sangat berkharisma,” katanya.

Baca Juga  Pdt Fekie: Mari Doakan Selalu Pak Mor Bastiaan

Sementara untuk SVR, Ngampas menilai selain dua periode menjabat sebagai Bupati Minahasa, juga kini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut.

“Tambah lagi di Pileg lalu, kedua anaknya masing-masing CNR (Careig N Runtu) dan Steisy Runtu terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Sulut. Ini modal berarti bagi SVR untuk bertarung di Pilgub. Saya yakin masih banyak kader Golkar yang mendukung SVR,” paparnya.

Belum lagi, lanjutnya, di Pilgub 10 tahun lalu, SVR berada di posisi kedua dan E2L di posisi ketiga.

“Seandainya waktu itu antara SVR dan E2L ada yang mengalah pasti bisa memenangi Pilgub. Makanya sangat pas jika di Pilgub ini keduanya (E2L dan SVR, red) diduetkan maju Pilgub,” tuturnya.

Baca Juga  Pemkab Talaud - LLP-FBDH Teken Perjanjian Hibah Lampu Jalan Tenaga Surya

Menurut Ngampas, jika keduanya disandingkan dan diusung di Pilgub, akan jadi lawan sepadan Olly.

“Jika benar E2L dan SVR diduetkan di Pilgub, maka jadi ancaman serius bahkan bisa mengalahkan Olly. Ini prediksi saya,” tegasnya.

Lalu siapa yang layak jadi Cagub dan Cawagub? Ditanyai soal ini, Ngampas menyerahkan sepenuhnya kepada Partai Nasdem.

“Memang secara senioritas di pemerintah dan politik masih SVR yg di atas, tapi kalau untuk saat ini E2L yang lebih layak (Cagub), karena beliau setelah dilantik Bupati Talaud masih berkuasa, sedangkan SVR tinggal menghitung hari di dewan provinsi,” tandasnya.
Akanlah Partai Nasdem mengusung paket E2L dan SVR sebagai Cagub dan Cawagub di Pilgub 2020? Kita tunggu saja. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0