HomeBeritaMinahasa Raya

Uskup Rolly Lantik Lektor dan Akolit, Ini Tugas Mereka

Uskup Rolly Lantik Lektor dan Akolit, Ini Tugas Mereka

Uskup Rolly Lantik Lektor dan Akolit, Ini Tugas Mereka

PINELENG, JP- Puluhan Frater dilantik menjadi Lektor dan Akolit pada perayaan Ekaristi (Misa, red) yang berlangsung di di Kapel Seminari Tinggi “Hati Kudus” Pineleng, Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (29/06/2019) pagi. Pelantikan Lektor dan Akolit yang disaksikan umat Katolik ini merupakan satu dari tiga agenda penting dalam perayaan tersebut yakni Tahbisan Imam dan Tahbisan Diakon.

Upacara pelantikan Lektor dan Akolit dilakukan sebelum liturgi ekaristi. Pelantikan ditandai dengan penyerahan Kitab Suci dan patena berisi hosti, amanat imam, doa dan berkat bagi para lektor dan akolit.

Pelantikan ini dipimpin langsung Uskup Keuskupan Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC sebagai celebran utama bersama Uskup Emeritus Mgr Josef Suawatan MSC, Provinsial Tarekat Missionaris Hati Kudus Yesus (MSC) Provinsi Indonesia, Pastor Johny Luntungan MSC Superior Skolastikat MSC Pastor Anselmus Jamlean MSC, Rektor Seminari Pineleng Pastor Melky Malingkas Pr dan para Pastor.

Baca Juga  Ratusan Santri di Bolsel Diwisuda

Upacara dimulai dengan pengajuan calon pelantikan. Setelah itu sapaan uskup.
Usai itu, Uskup Rolly melantik para Lektor dengan kata-kata sebagai berikut: “Terimalah Kitab ini, dan jadilah pewarta-pewarta Sabda Allah. Jika kamu menunaikan tugasmu dengan setia dan berguna, kamu akan memiliki bagian dalam ganjaran. Seperti mereka yang sejak permulaan telah melayani Sabda Allah dengan baik,” kata Uskup Rolly yang diakhiri dengan memanjatkan doa pelantikan para lektor.

Usai melantik para Lektor, Uskup Rolly melantik Akolit. Seperti pelantikan Lektor, acara dimulai dengan pengajuan calon pelantikan lalu sapaan Uskup. Kemudian Uskup Rolly melantik para Akolit.

Baca Juga  Pemprov Sulut Bakal Panggil Petinggi Gudang Garam cs

Di mana sambil memegang lilin, Uskup Rolly berujar: “Terimalah tempat lilin beserta lilinnya. Camkanlah: kamu harus menyalakannya dan demikian memberikan memberi terang di dalam gereja demi nama Tuhan,” ujarnya.

Selanjutnya Uskup Rolly memegang ampul (tempat air dan tempat anggur kosong) sambil berkata: “Terimalah tempat air dan anggur ini. Camkanlah: kamu harus membawa air dan anggur untuk Perayaan Ekaristi Darah Kristus, atas nama Tuhan,” katanya.

Pelantikan Akolit diakhiri dengan doa yang dipanjatkan Uskup Rollly.

Diketahui, pelantikan Lektor dan akolit merupakan bagian kecil dalam jenjang tahbisan imamat Gereja Katolik. Setiap calon Diakon atau imam harus terlebih dahulu menjabat sebagai lektor dan akolit.

Baca Juga  Komkat Keuskupan Manado Bekali Pimpinan Umat Katolik Paroki Airmadidi

Pelantikan menjadi lektor dan akolit menjadi titik awal bagi para frater untuk memahami makna sabda dan ekaristi, serta mulai menjalankan tugas pelayanan itu dengan sungguh-sungguh.

Namun untuk menjadi pewarta sabda dan pelayan sakramen ekaristi yang baik. Seorang lektor dan akolit mesti terlebih dahulu menghidupi sabda dan ekaristi itu dalam dirinya. Karena itu para frater yang baru dilantik diharapkan untuk tekun membaca Kitab Suci dan setia mengikuti perayaan ekaristi. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0