HomeBeritaBerita Utama

LMI Bentuk Orsap Kateda, Ini Tujuannya

LMI Bentuk Orsap Kateda, Ini Tujuannya

MANADO, JP- Laskar Manguni Indonesia (LMI) terus melebarkan “sayap” organisasinya, dengan membentuk Orsap (Organisasi Sayap) Kateda LMI.

Hal ini ditandai dengan diterbitkannya SK (Surat keputusan) DPP LMI yang ditandatangani Tonaas Wangko LMI Pdt Hanny Pantouw STh dan Sekretaris Jenderal Stevanus Sumolang, dengan nomor 08.A/SK/DPP-LMI/VIII/2019 tentang Susunan Kepengurusan Kateda LMI periode 2019-2024, tertanggal 24 Agustus 2019.

SK tersebut telah diserahkan oleh Pdt Hanny kepada Tonaas Kateda LMI Sonny O Tewuh di Kantor DPP LMI jalan Sea Malalayang Barat kota Manado, Jumat (27/09/2019).

Dijelaskan Pdt Hanny, pembentukan Orsap Kateda LMI ini bertujuan sebagai wadah berhimpun para aktivis dan generasi muda yang memelihara, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai agama, adat dan budaya setempat di mana LMI berada melalui kegiatan bela diri menggunakan tenaga dalam.

Baca Juga  GSVL-Mor Segera Bangun Mall Pelayanan Publik, Begini Total Anggarannya

Karena itu kepada Tonaas Sonny, Pdt Hanny berharap agar Orsap Kateda ini semakin memperkuat LMI sebagai Oeganisasi adat yang peduli dengan budaya dan adat istiadat serta berkomitmen mengawal dan menjaga Pancasila, NKRI dan Toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta di Bumi Nyiur Melambai ini (Sulut, red) yang aman dan damai.

“Saya percaya Tonaas Sonny dapat menjalankan Orsap ini dengan baik dan benar sesuai Visi dan Misi serta tujuan dari LMI. Khususnya membentuk generasi muda yang cinta Pancasila, NKRi dan toleransi. I Yayat U Santi!!!,” tandasnya.

Baca Juga  Rapid Tes Reaktif, Satu OTG Corona di Talaud Tunggu Hasil Swab

Tonaas Sonny sendiri siap mengemban tugas dan kepercayaan ini.

“Bersama Kateda, LMI semakin kuat untuk mengawal dan menjaga Pancasila, NKRI dan toleransi demi menjaga dan melestarikan kehidupan yang aman dan damai,” tegasnya.

Diketahui, Kateda merupakan olahraga bela diri menggunakan kemampuan tenaga dalam. Ilmu dan teknik Kateda adalah murni teknik pernapasan, yang digabungkan dengan metode pengendalian otot yang menghasilkan tenaga dasar atau tenaga inti, untuk dapat menerima hantaman benda keras di ulu hati dan bahkan di kepala, dada, punggung, kaki, tangan, rusuk, dan bagian lainnya.

Meski merupakan beladiri yang terlihat keras namun tujuan sebenarnya adalah menciptakan kedamaian diri dimana seseorang bisa menekan sifat agresi dalam dirinya.

Baca Juga  Saeful Akui Hasto Sumber Duit Suap, PDIP Bungkam, Pengamat: Layak Ditangkap

Kateda memiliki 30 jurus singkat yang mudah dihafal, sederhana namun efektif dalam keadaan terdesak karena gerakan-gerakan dalam jurus tersebut adalah dasar dalam bela diri.

Pada tahun 2011 tepatnya bulan Juli maka digelarlah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kateda di Jakarta untuk pertama kalinya. (JPc)

Adapun komposisi Orsap Kateda LMI:

Penasihat:
– Billy Kembau
– Coan Lonteng
– Joshua Kaseger

Tonaas/Ketua: Sonny O Tewu

Sekretaris: Kartika Lonteng

Bendahara: Julio Tulong

Departemen Mental/Spiritual: Pdt Quean Palandi STh

Departemen Pelatihan: Steifen Oroh

Departemen Budaya: Marlon Tumbelaka

Departemen Humas: Icat Mo

Departemen Penanggulangan Bahaya Narkoba: Refky Tampang

Panglima: James Palueseng

Sumber: Infokom DPP LMI

COMMENTS

WORDPRESS: 1
DISQUS: 0