HomeBeritaBerita Utama

LMI Mimika Papua Rayakan Pengucapaan Syukur dengan Diskusi tentang Minahasa

LMI Mimika Papua Rayakan Pengucapaan Syukur dengan Diskusi tentang Minahasa

MANADO, JP- Kegiatan pengucapan syukur tidak hanya digelar masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) secara bergilir di masing-masing kabupaten/kota.

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi tahunan ini juga ternyata digelar warga Bumi Nyiur Melambai yang tinggal di luar Sulut.

Ibadah pengucapan syukur yang digelar LMI di Mimika Papua.


Seperti yang terjadi di Mimika Papua. Di daerah ini juga digelar pengucapan syukur oleh warga kawanua (warga asal Sulut, red) yang tinggal menetap dan bekerja di daerah setempat.

Pengucapan syukur di Mimika digelar oleh pengurus dan anggota Laskar Manguni Indonesia (LMI) pada 28 Juli 2019 lalu.

Baca Juga  Bitung Raih 2 Penghargaan, Walikota: Terima Kasih Warga Kota Bitung

Menariknya, jika di Sulut pengucapan syukurnya diisi dengan ibadah di Gereja masing-masing lalu terjadi kegiatan silahturahmi, di mana saling mengunjungi dan disuguhi makanan dan minuman serta diberikan ole-ole berupa dodol dan nasi jaha dalam bambu untuk di bawah pulang, tidak untuń∑ di Mimika.

Suasana ibadah pengucapan syukur LMI Mimika


Di daerah ini warga kawanua yang tergabung di Ormas adat LMI tersebut berkumpul di salah satu rumah, menggelar ibadah bersama dan kegiatan ramah tamah berupa sambutan, atraksi tarian kabasaran Minahasa serta makan dan minum bersama dan dilanjutkan dengan kehiatan diskusi tentang tanah kelahiran mereka, Minahasa. Kegiatan pengucapan syukur ini diakhiri dengan acara hiburan.

Baca Juga  Datangi Masjid dan Bicara Soal Toleransi di Peringatan Turunnya Alquran, Pendeta Hanny Ungkap Kata Bijak Gus Dur dan Filosofi Pelangi

“Acara ini dibuat untuk selalu membangun solidaritas dan persatuan tou Minahasa di Mimika. Melalui kegiatan ini kita ingin warga kawanua yang ada di Papua khususnya Mimika untuk tidak melupakan tanah kelahirannya sekaligus ajakan untuk selalu mengucap syukur dalam segala hal,” jelas Tonaas LMI Mimika Ferdinan Kumayas.

Tonaas Ferdinand Kumayas dan jajaran LMI Mimika foto bersama di sela-sela acara Pengucapan Syukur


Dalam acara pengucapan syukur ini, Tonaas Ferdinand Kumayas mengundang sejumlah organisasi masyarakat adat lainnya seperti Brigade Manguni Indonesia (BMI), Garda Manguni, Waraney dan KKK Mimika.

Pengucapan syukur LMI Mimika Papua diisi dengan kegiatan hiburan


Tonaas Wangko LMI Pendeta Hanny Pantouw STh mengapresiasi kegiatan yang dilakukan LMI Mimika tersebut.

Baca Juga  Peduli Kemanusiaan, Sejumlah Komunitas Bedah Rumah Oma Katrin

“Ini kegiatan yang sangat baik karena menegaskan bahwa meski kita berada di tanah rantau namun semangat persaudaraan, kebersamaan dan kekeluargaan tetap terjalin. Dan tentunya tidak melupakan tanah kelahiran Minahasa. Banyak selamat buat LMI Mimika. Sukses selalu,” katanya.

Tonaas Wangko Pdt Hanny Pantouw STh


Pdt Hanny berharap ke depannya semoga LMI Mimika semakin eksis dan terus membangun persatuan dan kebersamaan diantara anggota serta bermitra dengan Pemerintah dan TNI/Polri setempat.

“Dan hendaknya ikut membantu pemerintah di Sulut untuk mempromosikan hal-hal yang baik di Sulut termasuk iven-iven pariwisata yang menjadi keunggulan daerah kita. Juga tetap membangun kemitraan dengan pemerintah di Mimika dan aparat TNI/Polri setempat,” tandasnya. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0