HomeMinahasa Raya

Mengejutkan, Grace Undur Diri Pencalonan Pilhut Lembean, Siap Dukung Calon Lain

Mengejutkan, Grace Undur Diri Pencalonan Pilhut Lembean, Siap Dukung Calon Lain

FOTO: Para Calon Hukum Tua Desa Lembean saat memperlihatkan nomor ururt calon.

MINUT, JP – Agenda penetapan calon pemilihan Hukum Tua (Pilhut) dirangkaikan dengan penarikan nomor urut calon di Desa Lembean berlangsung menarik, bertempat di kantor Desa, Jumat (09/09/22).

Tak disangka dan mengejutkan, Grace Lowry Karundeng, calon penyandang nomor urut 3 menegaskan pengunduran dirinya dari daftar Pilhut Desa Lembean.

Acara ini turut dihadiri Camat Kauditan Royke Rampengan SPt, MSi, Pj Kumtua Lemban Veible N. Katuuk AMD Kes, Panitia Kecamatan, Ketua BPD Robby Karundeng, Kepolisian Sektor Kauditan, Babinsa, Sekretaris Desa Youla Sumarauw SPd, serta seluruh Panitia Pilhut.

Peserta Pilhut sebagaimana diumumkan Ketua Panitia Recky Soemampouw dipandu Sekretaris Panitia Semmy Wantania sesuai pendatanganan berita acara penetapan calon yakni, Ferly L Moningca nomor urut 1, Pnt Daisy A.A Soemampouw SH nomor urut 2, berikut Grace Lowry Karundeng nomor urut 3.

Baca Juga  Februari Pendaftaran Paslon di Pilgub Sulut, Maret Paslon di Pilbup dan Pilwako

Panitia kemudian memberikan waktu kepada para calon untuk menyampaikan sambutan singkat.

Yang menarik, sambutan peserta nomor urut 3, Grace Lowry Karundeng.
Beberapa saat setelah mengawali sambutan, Grace kemudian merogoh secarik kertas dari kantong rok warna coklat yang dikenakanannya.

Nampak dari jauh, kerta putih bertuliskan tangan serta dibacakan, isinya yang bersangkutan menarik diri dari pencalonan Kumtua.
Bahkan dirinya berkomitmen menggalang suara untuk calon Kumtua Nomor Urut 2 yakni Pnt Daisy A.A Soemampouw SH.

“Mulai hari ini, saya akan mengajak keluarga, para pendukung untuk memberi dukungan buat kakak saya, Daisy Soemampouw. Pengunduran diri yang saya lakukan ini atas keinginan sendiri, dengan sadar dan tidak ada paksaan dari pihak manapun,” tegasnya.

Baca Juga  Pilhut di Minahasa Digelar Awal Tahun 2022, Diikuti 98 Desa

Spontan, tim pendukung Daisy Sumampouw (2) dengan mengenakan kostum warna orange yang menyaksikan agenda penetapan calon langsung bereaksi memberikan aplaus.

Camat Kauditan Royke Rampengan menerangkan, kejadian seperti bukan hal baru, dan bisa terjadi dalam kontestasi pemilihan.

“Saya imbau tahapan Pilhut yang sudah berjalan biarlah diberlakukan. Artinya, calon Pilhut tetap 3 orang. Namun jika dalam perjalanan kampanye atau sosialisasi, yang bersangkutan akan mengajak atau bersama calon nomor 2, seperti yang dimaksudkan, itu masalah internal,” timpal Camat.

Dikesempatan yang sama, Camat Kauditan juga mengajak para kontestasi Pilhut bersama pendukungnya senantiasa mampu menjaga Kamtibmas, mampu mengedepankan asas kebersamaan dan kekeluargaan, agar pelaksanaan pemilihan di Desa Lembean berlangsung aman, lancat dan kondisif.

“Terpenting juga, para wajib pilih bisa ambil bagian dalam pesta demokrasi, khusus dalam memilih calon pemimpin di Desa Lembean, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara. Kedepan Desa Lembean akan semakin lebih maju dan berkembang,” imbau Rampengan.

Baca Juga  Kukuhkan dan Beri Motivasi Kepada 30 Siswa Anggota Paskibraka, Bupati Joune Ganda Kenang Pengalamannya

Terpisah, Pnt Daisy Soemampouw SH mengaku angka 2 merupakan hadiah dari Tuhan. Dirinya tidak menyangka di hari penetapan calon kali ini, cucunya genap berusia 2 tahun.
Demikian angka 2 diakui istri tercinta Theodorus Lasut ini merupakan angka yang penuh arti.

“Saya ingat saat mengikuti tahapan pemilihan Kumtua Desa Lembean tahun 2013 silam, juga mendapat nomor urut 2. Alhasil saat itu bisa meraih suara dan menjabat Kumtua. Angka 2 kali ini bisa mengisyaratkan akan melanjutkan 2 Periode,” timpalnya berniat memberi diri dalam pelayanan, termasuk pelayanan mewujudkan Desa Lembean lebih maju, sejahtera, mandiri dan berdaya saing. (*/marpol)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0