HomeBerita

Pemekaran Dapil di Minahasa Untungkan Partai Golkar, Target 9 Kursi Bisa Tercapai Bahkan Lebih

Pemekaran Dapil di Minahasa Untungkan Partai Golkar, Target 9 Kursi Bisa Tercapai Bahkan Lebih

FOTO: Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Minahasa Adrie Kamasi SH., MH., saat membawakan sambutan pada acara Musyawarah Kecamatan Pineleng waktu lalu

MINAHASA, JP – Pemekaran daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Minahasa untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 dari 4 dapil menjadi 6 dapil, di mana dapil 3 dimekarkan menjadi dapil 3 dan dapil 4 serta dapil 4 menjadi dapil 5 dan dapil 6, diprediksi menguntungkan Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini bakal menambah jumlah kursi dari 6 kursi di DPRD Minahasa yang ada saat ini.

Bahkan target 9 kursi dari Ketua DPD Minahasa Adrie Kamasi SH., MH., pada Pileg 2024 mendatang diyakini bisa tercapai bahkan lebih dari itu, bisa mencapai 10-12 kursi.

Hal ini melihat capaian suara perdapil pada Pileg 2019 lalu dan kekuatan figur-figur lama dan baru yang berpotensi diusung di 6 dapil tersebut.

Untuk Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Tondano Barat, Tondano Timur, Tondano Utara dan Tondano Selatan, Partai Golkar dipastikan mempertahankan 2 kursi saat ini. Dua petahana yakni Okstesi Runtu dan Imanuel Manus menjadi kekuatan Partai Golkar, ditambah dengan munculnya figur-figur baru potensial seperti Alva Sanggelorang, Norma Ani, Debby Sagay, Sandy Mantiri, Jems Lewu, Kartini Sumanti dan Daniel Rumiap membuat Partai Golkar diyakini memiliki kans besar meraup suara signifikan. Hadirnya figur-figur baru ini tidak hanya mempertahankan 2 kursi saat ini tetapi berpeluang menambah 1 kursi menjadi 3 kursi dari 7 kursi yang diperebutkan.

Baca Juga  Lomban Irup Peringati 3 Hari Besar Nasional Serentak

Di Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Eris, Kombi, Lembean Timur, Romboken, Kakas dan Kakas Barat dengan 7 kursi, target 2 kursi akan tercapai. Bakal majunya Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Minahasa Adrie Kamasi diyakini mampu mendongkrak jumlah suara Partai Golkar yang signifikan di dapil ini. Bahkan pengusaha sukses yang akrab dengan inisial AK ini berpeluang mencapai kuota suara untuk 1 kursi.

Tambahan 1 kursi lagi diprediksi datang dari kader petahana Novlin Tampi serta figur lain seperti Lexy Solang, Jemmy Sigar, Vivi Wakary dan Sonny Matano, Roger Mongaku, Ronald Mengko, Fentje Tampung, Royke Kombaitan, Rubka Lomban, Roy Lasut dan Geril Rompas Kamasi.

Di dapil 3 yang meliputi yang meliputi Kecamatan Langowan Timur, Langowan Barat, Langowan Utara dan Langowan Selatan, Partai Golkar dipastikan akan mempertahankan 1 kursi saat ini.

Srikandi Partai Golkar Minahasa Ivonne Andries ditambah pendatang baru seperti Jendry Sambuaga, Fidel Arupes, Alfian Sumigar, Persi Wungkana dan Elvis Malingkonor menjadi modal untuk mempertahankan 1 kursi. Apalagi di dapil baru dengan 5 kursi ini terdapat 4 figur petahana dari PDIP, sehingga secara realistis Partai Golkar diprediksi akan meraih 1 kursi.

Baca Juga  Diutus Uskup Rolly Untu dengan Doa dan Berkat, Bukti Natalia Wongkar Andalkan Tuhan di Pileg Sulut 2024

Untuk dapil 4 yang meliputi Kecamatan Sonder, Tompaso, Tompaso Barat, Kawangkoan, Kawangkoan Barat, dan Kawangkoan Utara dengan 6 kursi, Partai Golkar berpeluang mendapat 2 kursi. Kekuatan sang petahana dari Kawangkoan sebelum pemekaran Stvri Tenda ditambah kader-kader potensial yang akan dipilih masuk line up di Pileg 2024 diyakini bakal mengumpulkan suara yang signifikan untuk meraih 2 kursi di dapil ini. Ada 5 figur dari 13 nama yang layak diusung yakni Sekretaris DPD Partai Golkar Minahasa Febry Suoth, James Singal, Johni Pua, Adrie Lengkeu, Djenly Kasenda, Lucky Wenas, Rommie Seran, Vanesa Tewu, Syull Pinatik, Krystianto Lumiwa, Joyke Kasenda, Founy Mononimbar dam Shania Ilat.

Di dapil 5 yang meliputi Kecamatan Mandolang, Tombariri dan Tombariri Timur dengan 5 kursi, Partai Golkar berpeluang mendapat 2 kursi. Incumben Angely Runtu dan figur lain seperti Bendahara DPD Partai Golkar Minahasa James Pangalila, Linda Sajow, Christofel Gimalang, Frieda Roringkon, Jimmy Langkay, Hence Tindangen dan Roosye Repi yang akan dipilih dan diusung diyakini mampu meraih 2 kursi. Belum lagi jika isu yang beredar bahwa kader potensial James Arther Kojongian (JAK) yang pada Pileg 2014 silam terpilih dengan suara yang sangat signifikan bakal maju di Dapil 5 ini benar-benar terjadi.

Baca Juga  Tempel Foto Petahana di Bansos Covid-19 Indikasi Politisasi

Dan untuk dapil 6 yang meliputi Kecamatan Pineleng dan Tumbulu dengan 5 caleg, Partai Golkar berpeluang mendapatkan 1 kursi lewat sejumlah kader partai yang berpeluang diusung seperti Ferdy Pattymahu, Vicky Sumalata, Zoroaster Taroreh, Timothy Sajow, James Giroth, Ritha Lumi, Allan Kindangen dan Jumbran Wohon. Bahkan sejumlah figur numpuni yang bukan kader partai di dapil ini disebut-sebut bakal maju lewat Partai Golkar, yang membuat capaian 1 kursi di dapil ini hampir pasti terwujud.

Sekretaris DPD Partai Golkat Minahasa Febry Suoth S.Sos ketika dikonfirmasi mengaku pihaknya masih terus menggodok figur-figur di setiap dapil yang akan diusung di Pileg 2024.

“Target dari Pak Ketua DPD Bapak Adrie Kamasi SH MH adalah 9 kursi. Jika tercapai syukur, jika lebih puji Tuhan. Nama-nama figur potensial terus digodok sebelum diputuskan. Karena target kita adalah menang. Karen itu seluruh kader tetap solid dan terus bergerak turun ke masyarakat sebagaimana instruksi Ketua DPD Minahasa Bapak Adrie Kamasi,” tandasnya. (*/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0