HomePemerintahan

Pemkab Talaud dan Unika De La Salle Tandatangani MoU Peningkatan SDM

Pemkab Talaud dan Unika De La Salle Tandatangani MoU Peningkatan SDM

MANADO, JP- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Universitas Katolik (Unika) De La Salle Manado melakukan kerjasama terkait dengan peningkatan SDM (sumber data manusia) di kabupaten tersebut.

Penandatangan Memoranum of Understanding (MoU) tersebut dilakukan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud
Dr. Elly Engelbert Lasut, M.E. (E2L) dan Rektor Unika De La Salle Prof. DR. Johanis Ohoitimur, yang berlangsung di di Auditorium Nicolaus, Gedung Josephus, Unika De La Salle Manado, Selasa (23/11/2021).

Dalam sambutannya, Rektor Prof Ohoitimur menyatakan menyambut hangat kedatangan Bupati E2L yang untuk pertama kalinya mengunjungi kampus ini.

Selanjutnya, sambil memperkenalkan Unika De La Salle Manado, Rektor mengatakan bahwa penandatangan MoU tersebut besar sekali artinya bagi universitas.

“Dalam rangka program Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, sekarang ini perguruan tinggi harus terbuka untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah, dunia usaha, dunia industri, lembaga-lembaga kemanusiaan, dan mitra-mitra perguruan tinggi lainnya,” ujarnya.

Baca Juga  Tumiwa Targetkan PAD Gunung Tumpa Rp500 Juta

Menurut Rektor, dosen dan mahasiswa perlu mengimbangi konsep dan teori yang mereka dapatkan di kampus dengan kenyataan-kenyataan dalam masyarakat.

“Karena itu, melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud, diharapkan bahwa pintu akan dibuka bagi dosen dan mahasiswa untuk terjun ke masyarakat dan menjadi mitra bagi Pemerintah Daerah dalam membangun masyarakat,” kata Rohaniwan Katolik dari Tarekat MSC ini.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud
Dr. Elly Engelbert Lasut, M.E. dan Rektor Unika De La Salle Prof. DR. Johanis


Rektor juga mengharapkan bahwa MoU ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama sehingga dosen-dosen dari berbagai fakultas dapat mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca Juga  Di NTT Ada Desa Gorontalo

“Kami bisa membantu di bidang teknologi informasi, kesehatan, pariwisata, ekonomi, hukum, pendidikan, dan pertanian,” tukasnya.

Selain itu, Rektor juga berharap agar Pemerintah Daerah dapat mengirim putra-putri Talaud untuk mengikuti kuliah di Unika De La Salle melalui program beasiswa Pemda, seperti yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat) dan Kabupaten Mimika melalui Yayasan Pembedayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (Papua).

Sementara itu dalam sambutannya,, Bupati E2L membagi ceritera mengenai perkembangan masyarakat di Talaud dan program-program Pemerintah Kabupaten bagi masyarakat. Di mana program yang sedang jalan dan sangat ingin dikembangkan terus adalah pengelolaan pemerintahan kabupaten, kecamatan dan desa dengan menggunakan teknologi.

Baca Juga  UMP Sulut 2020 Naik Minimal 8 Persen

Karena itu, Bupati mengharapkan agar Unika De La Salle membantu memberikan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur sipil negara (ASN) dan aparat desa di bidang teknologi informasi.

“Kita masuk melalui teknologi informasi yang sangat penting dan kami butuhkan,” ucapnya.

Dari situ, lanjut Bupati, bidang-bidang lain seperti pariwisata, kesehatan, pendidikan, keuangan, dan lain-lain akan ditarik dengan sendirinya.

“Semoga MoU ini segera ditindaklajuti oleh kedua belah pihak,” harap Bupati E2L.

Turut hadir dari Pemkab Talaud diantaranya Ketua Komisi Pendidikan DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud dan beberapa pejabat dari SKPD Pemkab Talaud. Sementara dari pihak Unika De La Salle Manado hadir para Wakil Rektor, Dekan-dekan dan para Wakil Dekan, Kepala Lembaga dan Pejabat lainnya. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0