HomeKolom & Interaktif

Profesionalitas Seorang Guru

Profesionalitas Seorang Guru

Oleh: Yulince Mirip
(NIM: 19281036)

Siapakah Guru?

Guru adalah pendidik, yang menjadi panutan bagi pesetra didik. Oleh karena itu guru harus memiliki standar kualitas yang mencakup tanggungjawab, mandiri, dan disiplin. Guru sangat penting bagi siswa sehingga guru harus mampuh menjalankan tugasnya dengan baik. Kemajuan sekolah, sangat tergantung pada perofesional guru.

Guru berperan untuk membimbing, mendidik, menilai, memberikan pengetahuan, melatih, dan megevaluasi siswa. Guru membatu siswa untuk bekembang dan untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, untuk dapat menambah pengtahuan siswa.

Bagaimana Cara Menjadi Guru yang Profesional ?

Baca Juga  Tantangan Pendidikan Di Era New Normal

Untuk menjadi seorang guru yang profesional, guru harus memiliki standar kompetensi. Menurut Standar Kompetensi yang ada dalam peraturan Menteri Pendidikan Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, ada 4 macam kompetensi yang harus dimiliki guru, yaitu: (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Profesional, (3) Kompetensi Kepribadian, dan (4) Kompetensi Sosial.

Maka seorang guru profesional harus mampuh mengelola kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenagkan, mampuh merencanakan pembelajaran sampai mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Seorang guru profesional juga harus disiplin karena guru menjadi panutan bagi para siswanya. Jadi profesionalitas seorang guru nampak pada kualitas dan dedikasinya sebagai seorang pendidik generasi-generasi penerus bangsa dan negara. (*)

Baca Juga  Pendidikan Berawal Dari Keluarga

Sumber: Peraturan Menteri Pendidikan No. 16 Tahun 2007.

(Penulis: Mahasiswa Semester 5 Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik De La Salle Manado)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0