HomeBeritaBerita Utama

13 Frater Ditahbiskan Diakon, Ini Harapan Uskup Rolly

13 Frater Ditahbiskan Diakon, Ini Harapan Uskup Rolly

MANADO, JP- Sukacita dialami umat Katolik se-Keuskupan Manado. Pasalnya sebanyak 13 Frater baik dari Tarekat Missionaris Hati Kudus Yesus (MSC) maupun dari Keuskupan Manado (Projo) ditahbiskan menjadi diakon.

Uskup Keuskupan Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC menahbiskan 13 diakon di Kapel Seminari Hati Kudus Pineleng, Minahasa, Sulawesi Utara, Sabtu (29/06/2019).

Tahbisan ini berlangsung dalam Misa yang dipimpin Uskup Manado Mgt Benedictus Estephanus Rolly Untu MS sebagai celebran utama, serta Uskup Emeritus Mgr Josef Suawatan MSC,
Superior Skolastikat MSC Pastor Anselmus Jamlean MSC, Rektor Seminari Pineleng Pastor Melky Malingkas Pr dan para Pastor sebagai Conselebran, di Kapel Seminari Tinggi “Hati Kudus” Pineleng, Sabtu (29/06/2019) pagi ini.

Para calon Diakon sebelum ditahbiskan


Misa tahbisan ini berlangsung khusuk namun meriah dengan dihadiri para orang tua dan keluarga dari ke-13 Frater serta umat Katolik.

Baca Juga  Sah! KPU Tetapkan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Tahbisan dimulai dengan pengajuan calon tahbisan Diakon, lalu doa restu pihak keluarga calon tahbisan Diakon. Dimana Josafat Kobis dan Agnes Lomban, keluarga Kobis-Lomban menjadi wali para Diakon. Kemudian diikuti dengan sapaan Uskup dan pengakuan iman dan janji selibat dari para diakon. Dan setelah pengakuan kesetiaan untuk menerima tugas Diakon dan pengikraran janji setia calon Diakon, pengucapan Litani para kudus dan dilanjutkan dengan upacara tahbisan dengan urutan penumpangan tangan, doa tahbisan diakon, pengenaan stola dan dalmatik dan penyerahan buku Injil.

Uskup Rolly mengatakan dalam Yohanes 4:34 Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku”. Uskup Rolly menghendaki agar para Diakon dalam tugas dan pelayanannya selalu menjalankan kehendak Tuhan.

Baca Juga  Manado Raih Opini WTP, GSVL Apresiasi OD-SK

Uskup Rolly lalu memberikan motivasi setelah itu.

“Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit. Kami habis akal namun tidak putus asa; kami dianiaya namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan namun tidak binasa. Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami,” kutip Uskup Rolly dari nats 2 Korintus 4:8-10.

Wali Tahbisan Keluarga Kobis-Lomban


Pada perayaan ini juga ditahbisan Diakon Carol Sompotan MSC menjadi Imam. Pastor Carol merupakan anggota MSC Indonesia yang sebelumnya menjalani tugas diakonalnya di Jepang.

Baca Juga  Tinggal Digubuk Namun Menolak BLT, Ketika Dipaksa Aksi Mengejutkan Dilakukan Kakek Saan

Berikut 13 Frater yabg ditahbiskan Diakon:

Diakon Tarekat MSC:
Diakon Rudolf Dayu Wicahyo MSC
Diakon Agustinus Budiman
Diakon Stefanus adi budi kristianto MSC
Diakon Novri Dien MSC
Diakon Andreas Buarlele MSC
Diakon Yos Haris Ruban MSC
Diakon Wensislaus Batbual MSC
Diakon Mathias Batfian MSC

Diakon Keuskupan Manado:
Diakon Jufry Anthonius Dotulong Pr
Diakon Yohanes I Made Pantyasa Pr
Diakon Jerry Bambalu Torrebelaz Pr
Diakon Malvin Anthonius Karundeng Pr
Diakon Koresta Fransiskus Rian Lila

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1