HomeNusa Utara

Pemkab Talaud Terima Penghargaan dari BPS

Pemkab Talaud Terima Penghargaan dari BPS

Foto: Pjs Bupati Talaud Franciscus Engelbert Manumpil menerima penghargaan dari BPS Sulut atas capaian kategori “Baik” dalam Indeks Pembangunan Statistik. (Kominfo Talaud/JejakPublik.Com)

MELONGUANE, JP – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud diganjar penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara (Sulut) atas capaian kategori “Baik” dalam Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Penghargaan itu diterima langsung Pjs Bupati Kepulauan Talaud Franciscus Engelbert Manumpil dalam kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Survei Ekonomi Pertanian di Hotel Mercure Manado, Senin (21/10).

Baca Juga  Ibadah Jumat Agung di Talaud Lancar dan Aman

Adapun rapat koordinasi daerah (Rakorda) dibuka oleh Inspektur Utama BPS Republik Indonesia Dadang Hardiawan dan dihadiri oleh para penjabat serta pejabat sementara bupati dan walikota se-Sulut, kepala BPS kabupaten/kota, serta jajaran pemerintah daerah se-Sulut.

Selain melakukan pemeriksaan data dan tabulasi hasil Pendataan Survei Ekonomi Pertanian 2024, Rakorda ini juga melakukan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024. EPSS sendiri merupakan sarana untuk mengukur kemajuan dan kualitas statistik sektoral pemerintah daerah. Output EPSS adalah IPS (Indeks Pembangunan Statistik) yang mendukung tujuan Satu Data Indonesia dan Sistem Statistik Nasional.

Psj Bupati Talaud Franciscus Engelbert Manumpil bersama Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik Talaud Sthela Bentian usai menerima penghargaan dari BPS Sulut. (Kominfo Talaud/JejakPublik.Com)

Berdasarkan hasil EPSS 2024, enam pemerintah kabupaten dan empat pemerintah kota di Sulut mendapat kategori “Baik” dalam IPS. Dimana Kabupaten Kepulauan Talaud sendiri berhasil meraih rangking lima dengan nilai IPS mencapai 2,76 seperti dikatakan Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik Talaud Sthela Bentian dalam keteranganya yang diterima jejakpublik.com.

Baca Juga  Tumbelaka Layangkan Surat Terbuka kepada Gubernur Sulut Soal Covid-19, Begini Bunyinya

“Tahun lalu, kita mendapatkan nilai 1,71. Tahun ini, naik sangat signifikan, menjadi 2,76,” kata Sthela, “dan Talaud mendapatkan ranking 5 dari 15 Kabupaten kota dan untuk nilai dari IPS sudah diserahkan langsung Kepala BPS Pusat pada 25 September 2024 di Jakarta”. (Rey)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0