HomePendidikan & Agama

Anak Kota Yang Awali Pelayanan di Daerah Terpencil, Pendeta Christian Luwuk Dinilai Layak Jabat Wakil Sekretaris BPMS GMIM

Anak Kota Yang Awali Pelayanan di Daerah Terpencil, Pendeta Christian Luwuk Dinilai Layak Jabat Wakil Sekretaris BPMS GMIM

MINAHASA, JP- Sejumlah nama tengah mencuat untuk menduduki jabatan di Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM periode pelayanan 2022-2027.

Salah satunya adalah Pendeta Christian Luwuk, MTh. Bahkan hamba Tuhan yang kini menjabat sebagai Ketua BPMW Kawangkoan Satu mulai sejak Mei 2019 sampai sekarang ini (Januari 2022, red) ini dinilai banyak kalangan layak menjabat sebagai Wakil Sekretaris Antar Bidang dan Urusan RTK BPMS GMIM.

Bukan tanpa alasan. Pdt Christian memiliki seabrek jabatan dan pengalaman pelayanan di lingkungan GMIM yang membuatnya sangat layak menduduki jabatan tersebut.

Ia dipercayakan oleh BPMS menjadi Sekretaris Tim Penyusun Perubahan Tata Gereja GMIM yang menghasilkan Tata Gereja GMIM 2021. Juga menjadi Tim Sosialisasi Pelaksanaan Sidang Majelis Sinode Istimewa (SMSI) Perubahan Tata Gereja yang bersama Ketua BPMS menjadi pembicara dalam kegiatan sosialisasi tersebut selama 6 hari di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon sebelum SMSI pada bulan Maret 2021, yang dihadiri oleh sekitar 1500-an perutusan Jemaat dan Wilayah se GMIM.

Bahkan Hamba Tuhan kelahiran Manado 21 Februari 1973 ini saat ini dipercayakan menjadi Anggota Tim Penyusun Rencana Strategis (Renstra) GMIM untuk Pelayanan Periode 2022 – 2027.

Baca Juga  Polres Talaud Siap Amankan Idul Fitri di Talaud

Suami dari Meivi Meilin Manopo serta ayah dari Euriene Theodora Marzioz Luwuk, Epafras Calvary Luwuk, dan Efra Jonathan Luwuk ini mengawali pendidikan sekolah dasar di SD GMIM XXVIII Manado tahun 1979 – 1985. Lalu melanjutkan pendidikan di SMP PIKAT Manado tahun 1985 – 1988 dan di SMA Negeri 2 Manado tahun 1988 – 1991

Setelah tamat SMA, harus berisitirahat selama satu tahun dan tidak bisa melanjutkan studi di perguruan Tinggi karena orang tua tidak mampu membiayai. Namun oleh anugerah Tuhan, akhirnya bisa masuk Fakultas Theologi Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) pada tahun 1992 dan diwisuda pada bulan Februari 1997. Selanjutnya, Tahun 2013 – 2015 mengikuti pendidikan Pasca Sarjana UKIT.

Pdt Christian mengawali pelayanan saat menjadi Guru Sekolah Minggu, Pembina Remaja, dan Aktivis Pemuda di Jemaat Sario Kotabaru.

Pendeta Christian Luwuk, MTh.


Setelah tamat Fakultas Teologi UKIT, sesuai nasar pribadi akhirnya Tuhan berkenan untuk menjalani masa vikariat sebagai Vikaris Pendeta GMIM di Jemaat “Ekklesia” Kalatin Wilayah Ratahan I pada bulan Mei 1997 hingga tanggal 30 Mei 1999.

Baca Juga  Terpilih Secara Aklamasi, Tielung Kembali Pimpin Pemuda Katolik Minsel

Menariknya meski berasal dari kota namun Pdt Christian diutus melayani di daerah terpencil. Saat itu Jemaat “Ekklesia” Kalatin yang dilayaninya terdiri dari 2 kolom, berada di perkampungan Kalatin sebagai suatu daerah yang sangat terpencil atau terisolir yang hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda sapi dan jalan kaki.

Di jemaat yang belum memiliki Pendeta tersebut, kemudian Pdt Christian diteguhkan menjadi Pendeta GMIM oleh Pdt. P.M. Tampi S.Th., M.Si., pada tanggal 30 Mei 1999 dan ditugaskan melayani sebagai Pendeta Jemaat di Jemaat “Ekklesia” Kalatin mulai bulan November sampai bulan Desember 1999.

Setelah melayani sebagai Pendeta selama sekitar 7 bulan, selanjutnya Pdt Christian ditugaskan menjadi Ketua BPMJ “Ekklesia” Kalatin mulai bulan Januari 2000 hingga bulan Juni 2005. Lalu dimutasi dan melayani sebagai Pendeta dan Ketua BPMJ “Kalvari” Talaitad Wilayah Tareran II, mulai bulan Juni 2005 sampai bulan Februari 2010

Baca Juga  "Kasih Karunia Allah Ada Pada-Nya"

Pdt Christian kembali dimutasi dan melayani sebagai Pendeta dan Ketua BPMJ “Betlehem” Lansot Wilayah Tareran I, mulai bulan Maret 2010 hingga bulan November 2013, yang kemudian dimutasi lagi dan melayani sebagai Pendeta dan Ketua BPMJ “Efrata” Ratatotok Wilayah Ratatotok, mulai bulan Desember 2013 sampai bulan Mei 2019.

Mulai bulan Desember 2013 sampai Mei 2019 Pdt Christian ditugaskan dan melayani sebagai Ketua BPMJ “Efrata” Ratatotok dan sekaligus sebagai Ketua BPMW Ratatotok. Di masa itu jemaat Efrata Ratatotok memekarkan Jemaat Marturia Ratatotok dan Anugerah Ratatotok. Akhirnya Pdt Christian ditugaskan untuk melayani sebagai Pendeta dan Ketua BPMJ “Sion Sentrum” Sendangan Wilayah Kawangkoan Satu, mulai bulan Mei 2019 sampai sekarang ini sekaligus menjabat Ketua BPMW Kawangkoan Satu.

Selain tugas pelayanan di GMIM sebagai hamba Tuhan, saat ini Pdt Christian juga ditugaskan sebagai Dosen Tidak tetap di Fakultas Teologi UKIT Yayasan AZR Wenas dan juga menjabat sebagai Sebagai Wakil Sekretaris FKUB Minahasa. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0