HomeBerita

Bukti Kepedulian TNI Untuk Rakyat, Serbuan Teritorial Korem 131/Santiago Resmi Ditutup, Ini Kata Danrem dan Dandim

Bukti Kepedulian TNI Untuk Rakyat, Serbuan Teritorial Korem 131/Santiago Resmi Ditutup, Ini Kata Danrem dan Dandim

FOTO: Danrem 131/Santiago Brigadir Jendral TNI Wakhyono secara simbolik menutup kegiatan Serbuan Teritorial Korem 131/Santiago di Lapangan Postulat MSC Pineleng.

MINAHASA, JP – Setelah berlangsung kurang lebih sebulan akhirnya Serbuan Teritorial (Serter) TNI Tahun 2023 di wilayah Korem 131/Santiago resmi ditutup oleh Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 131/Santiago Brigadir Jendral TNI Wakhyono S.Sos, M.I.P.

Penutupan ini berlangsung dalam upacara yang berlangsung di Lapangan Postulat MSC, Desa Pineleng II Jaga IV, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (22/06/2023).

Upacara penutupan Serbuan Teritorial Korem 131/Santiago.


Pada upacara penutupan serbuan Teritorial kali ini yang bertindak sebagai Komandan Upacara (Dan Up) yaitu Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1302/Minahasa Letnan Kolonel (Letkol) Inf Mutakbir, dan upacara tersebut diikuti oleh 1-SST anggota Kodim 1309/Manado, 1-SST anggota Kodim 1302/Minahasa, 1+SST Yonif Raider 712/Wt, 1-SST Lantamal VIII/Manado, 1-SST Lanutsri/Manado, 1-SST anggota Polresta Manado, 1-SST Anggota Polres Minahasa, 1 -SST Satpol-PP Manado, 1-SST Satpol-PP Minahasa dan 1-Regu Menwa Unsrat.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah daerah dan pihak lainnya yang telah mendukung terlaksananya program Serbuan Teritorial TNI di wilayah Korem 131/Santiago secara totalitas,” ujar Danrem saat membacakan amanat Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh komponen masyarakat atas kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan dan senantiasa hadir untuk bergotong royong, bahu membahu guna menyelesaikan seluruh kegiatan secara maksimal, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Baca Juga  Kajati Sulut Minta Kacabjari Dumoga Bersinergi dengan Polsek

Peserta upacara penutupan Serbuan Teritorial Korem 131/Santiago.


“Ini merupakan wujud darma bakti TNI dalam membantu pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan di wilayah Korem 131/Santiago,” katanya.

Dikatakan Danrem, progam serbuan teritorial yang telah dilakukan memiliki nilai manfaat untuk menunjang kebutuhan masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat desa. Juga dapat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat desa.

“Ini untuk meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju,” katanya.

Danrem sebagaimana amanat Syafei Kasno berharap, apa yang telah dibangun bersama, baik kebersamaan antara TNI dan rakyat maupun pembangunan fisik dapat dijaga bersama.

“Mari kita memelihara semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong. Saya juga minta, semua ini senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat dan kita semua,” pinta Danrem.

Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono memperlihatkan foto progres pelaksanaan Serbuan Teritorial Korem 131/Santiago selama sebulan kepada Danrem.


Di akhir sambutan, Danrem secara resmi menutup secara resmi kegiatan serbuan teritorial TNI tahun 2023 tersebut.

“Dengan selesainya kegiatan serbuan teritorial TNI tahun 2023 ini,  semoga dengan tekad dan itekad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan iklas semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dan akhirnya kegiatan Serbuan Teritorial yang mengusung tema ‘Dengan semangat serbuan teritorial TNI, kita tingkatkan kegiatan binter TNI secara masif guna mengantasi kesulitan rakyat di Wilayah Korem 131/Santiago’ ini dengan resmi saya nyatakan ditutup,” tegasnya.

Baca Juga  Pendeta Hanny Pantouw, Sang Penjaga dan Perawat Toleransi Sulut, Tokoh Inspiratif untuk Moderasi Beragama Indonesia

Upacara berlangsung aman, tertib dan lancar. Kedatangan Danrem di lokasi upacara disambut tarian Maengket dari Kali. Sementara di lokasi penutupan serbuan territorial sendiri dilaksanakan bazaar yang menjual sembako dengan harga murah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Pineleng dan sekitarnya.

Para undangan di acara penutupan Serbuan Teritorial Korem 131/Santiago.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait, Kasi Intel Kasrem 131/Stg Kolonel Inf Sandy, Kasi Ter Kasrem 131/Stg Kolonel Kav. Danny Hermawan, Kasiren Kasrem 131/Stg Kolonel Inf Teguh, Paban-1/Ren Ster TNI Kolonel Inf Danny Alkadrie, Pabandya Anev Prigat Ster TNI Letkol Laut Sunarya, S.E. S.H., M.Tr. Opslat, Kepala Dinas Operasi Lanudsri Letkol Pas Togap M Siburian, Han Biro Ops Polda Sulut AKBP Uki, Para Pasi dan Danramil Jajaran Dim 1309/Mdo, Kasi Intel Kajari Manado  Bpk. Hijran Safar, para hukum tua, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta masyarakat penerima bantuan dan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga  OD-SK Dapat Lawan "Lebe Hebat", Pilgub Sulut (Pasti) Head to Head

Usai upacara dilanjutkan peninjauan 3 rumah tidak layak huni (RTLH) dan 2 rumah ibadah yang direhab serta dilaksanakan pengguntingan pita oleh Paban I/Ren Ster Mabes TNI Kolonel Inf Danny Alkadrie.

“Pengerjaan RTLH yang berada di wilayahnya Kodim 1309/Manado. Pengerjaan fisik yang telah dilakukan pada kegiatan Serbuan Teritorial TNI berupa rehab dan renovasi tiga unit rumah tidak layak huni serta satu mushola satu gereja,” ungkap Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono SIKom.

Sultje Rewah, salah satu penerima bantuan saat menerima bantuan yang diserahkan Danrem.


Lanjutnya, keberhasilan Serter ini tentunya tidak terlepas dari soliditas dan sinergitas kerja sama dari TNI, pemerintah daerah serta partisipasi segenap komponen masyarakat lainnya.

“Atas kerjasama ini apa yang telah direncanakan dapat terlaksana tepat waktu selama satu bulan dan selesai yang di harapkan,” tandas Dandim.

Sementara itu, saat kunjungan ke lapangan, Anice Koraag yang merupakan salah satu penerima RTLH mengungkapkan kegembiraannya mendapat “kado” spesial berupa rumah layak huni dari TNI dan menyampaikan ucapan terima kasih disertai doa dan haraoan untuk TNI.

Anice Koraag (tengah) bersama keluarganya foto bersama personel TNI yang selama sebulan mengerjakan rehab rumahnya dengan latar belakang rumah yang direhab TNI.


Pada kesempatan tersebut, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait turut hadir dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan Serbuan Teritorial yang digagas di wilayah Korem 131/ STG

“Saya sungguh sangat mengapresiasi kerja keras dan semangat yang telah ditunjukkan dan senantiasa hadir untuk bergotong-royong, bahu membahu guna menyelesaikan seluruh kegiatan secara maksimal termasuk kontribusi Polresta Manado yang turut serta mengikuti kegiatan Serbuan Teritorial TNI Tahun 2023  Korem 131/ Santiago ini,” kata Kombes Julianto.

Danrem foto bersama undangan.


Dirinya meyakini apa yang dilakukan dapat mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Semoga dengan tekad dan etika yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas dapat memberi manfaat bagi masyarakat,” harapnya. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0