HomeHukum dan Kriminal

Serbuan Teritorial Kodim 1309/Manado di Pineleng, Danrem: Mantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Serbuan Teritorial Kodim 1309/Manado di Pineleng, Danrem: Mantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat

FOTO: Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Wakhyono, saat memimpin upacara pembukaan Serbuan Teritorial TNI.

MINAHASA – Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos., M.I.P memimpin upacara pembukaan Serbuan Teritorial TNI di wilayah Korem 131/Santiago Bertempat di Lapangan Sekolah SMP Negeri 2, Desa Pineleng Satu, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Senin (22/5/2023)

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa Serbuan Teritorial TNI ini merupakan merupakan inovasi TNI dalam tugasnya membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dan membantu tugas pemerintah, dilakukan melalui solusi alternatif yang bersifat massif dan menyentuh sendi kehidupan Bangsa Indonesia.

“Dengan semangat Serbuan Teritorial TNI, kita tingkatkan kegiatan Binter TNI secara masif guna mengatasi kesulitan rakyat di wilayah Korem 131/Santiago,” ujarnya.

Upacara pembukaan Serbuan Teritorial TNI di wilayah Korem 131/Santiago.

Danrem pun mengungkapkan tujuan dari kegiatan Serbuan Teritorial TNI tersebut.

“Kegiatan Serbuan Teritorial TNI bertujuan untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka mewujudkan ruang alat dan kondisi juang, guna menciptakan suasana yang kondusif yang menunjang terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri,” jelasnya.

Baca Juga  Dari Client Service Hingga Direktur Diperiksa Kejagung Terkait Kasus ASABRI

Ia menyebut, dalam pelaksanaan Serbuan Teritorial TNI dilaksanakan dengan sasaran fisik, diantaranya adalah Rehab Rumah Tidak Layak Huni, tempat Ibadah Masjid Al-Mustaqim dan Rehab Gereja GMIM Kalvari di Desa Pineleng Dua Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa

Sedangkan Serbuan teritorial juga menyasar kegiatan non fisik yaitu kegiatan serbuan teritorial karya bakti yang dilaksanakan di Taman makam pahlawan Tuanku Imam Bonjol, yang meliputi pembersihan sekitar makam pahlawan Tuanku Imam bonjol, pembersihan parit, pagar serta pengecetan dinding, yang diikuti oleh personel Kodim 1309/Manado, Koramil jajaran Kodim 1309/Maando, Pemerintah Desa serta masyarakat di sekitar Taman makam pahlawan dan juga kegiatan berupa penyuluhan dan sosialisasi tentang pengetahuan bela Negara atau wawasan kebangsaan, penyuluhan stunting dan pemutaran film perjuangan serta kegiatan bakti sosial.

Danrem berharap sinergitas dan kemanunggalan Pemerintah Daerah, TNI dan rakyat.

“Sinergitas ini akan menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi yang ada untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kegiatan Serbuan Teritorial Kodim 1309/Manado TA. 2023 di Taman makam pahlawan Tuanku Imam Bonjol.

Di akhir sambutannya Danrem 131/Stg memberi pesan kepada para prajurit.

Baca Juga  Penyidik Kejagung Periksa Penanggungjawab Teknik Sertifikat Laik Operasi PLN Pusat Sertifikasi

“Saya berpesan kepada seluruh prajurit yang terlibat agar melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggungjawab, hormati dan pahami adat istiadat dan budaya setempat, bangun Soliditas dan Sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI dengan Polri, aparat pemerintah serta komponen masyarakat,” tandasnya.

Sedangkan Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono mengatakan, sebagai satuan Komando Kewilayahan prajurit Kodim 1309/Manado terus berkolaborasi dengan pemerintah serta masyarakat melaksanakan pembinaan teritorial dengan baik, serta melakukan berbagai program teritorial sebagai wujud dari kepedulian Kodim 1309/Manado terhadap kondisi sosial di wilayahnya dan lingkungan sekitar.

“Ini merupakan salah satu wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka serbuan teritorial Korem 131/Stg di wilayah Kodim 1309/Manado, ” papar Dandim.

Atas kepedulian TNI ini masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan serbuan tersebut, apalagi upacara pembukaannya berlangsung di sekolah dan melibatkan para siswa.

Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Wakhyono foto bersama para siswa SMPN 2 Pineleng.

Diketahui, Serbuan Teritorial TNI mengangkat tema “Dengan semangat Serbuan Teritorial TNI, kita tingkatkan kegiatan Binter TNI secara masif guna mengatasi kesulitan rakyat di Wilayah Korem 131/Santiago”.

Baca Juga  Kejagung Periksa Kakanwil LPEI Surakarta dan Direktur PT PBP

Turut hadir dalam kegiatan Kasrem 131/Stg Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, para Kasi Kasrem 131/Stg, Dandim 1309/Mdo Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom.,M.Tr (Han), Dandim 1309/Minahasa Letkol Inf Ircham Efendi, Kasdim 1309/Mdo Letkol Inf Dedi Junaedi SE, Wakapolreta Manado AKBP Faisol Wahyudi SIK, Kapolres Minahasa AKBP I Ketut Suryana, SIK, Kasi Intel Kejari Minahasa Suhendro Gandakusuma SH., MH, Kadis PUPR Kabupaten Minahasa Daudson Rombon, Kapolsek Pineleng Iptu Ronald Sibaja, SIK, Pelda Joni Tingkai (Plh Danramil 1309-04/PTM), Camat Pineleng Drs. Jhonly H.S Wua, M.M, Camat Mandolang Reyli Yurike Pinasang, SE, Kadis Kesehatan Minahasa dr. Olviane Imelda Rattu, M.Si, Hukum Tua Desa Pineleng Satu Agustinus Rampengan, Hukum Tua Desa Pineleng Dua Hengky Tangapo, para Tokoh Agama, tokoh masyarakat desa, para perangkat Kecamatan Pineleng, perwakilan siswa SMAN 1 Pineleng, perwakilan siswa SMPN 2 Pineleng. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0