HomePendidikan & Agama

Desa Kuhu Minim Pengetahuan dan Kader Kesehatan, Tim Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Beri Pelatihan

Desa Kuhu Minim Pengetahuan dan Kader Kesehatan, Tim Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Beri Pelatihan

MINUT, JP- Kebutuhan akan layanaan kesehatan bagi masyarakat saat ini merupakan sebuah keharusan, mengingat kesehatan sangat penting bagi sesorang dalam menunjang aktifitasnya.

Sayangnya, masih banyak warga yang belum mendapat pelayanan kesehatan secara merata karena keterbatasan fasilitas, dan juga jangkauan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang agak sulit untuk didapatkan.

Seperti yang dialami masyarakat di Desa Kulu, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Desa Kulu merupakan desa berpenduduk 351 KK yang berada di pesisir pantai utara dan juga cukup jauh dari fasilitas kesehatan.

Baca Juga  Polisi Tingkatkan Patroli Malam Jelang Paskah Nasional 2022 di Talaud

Berhubung Desa Kulu ini letaknya yang berada di pesisir pantai sehingga terdapat juga beberapa kasus gawat darurat seperti tenggelam yang sulit tertangani atau ditolong karena fasilitas kesehatan yang agak jauh dan minimnya pengetahuan masyarakat serta Kader kesehatan di desa berkaitan dengan pemberian Bantuan Hidup Dasar terhadap mereka yang mengalami kasus kegawat daruratan ini.

Kondisi ini ternyata mendapat perhatian serius dari Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado. Terbukti, Kamis (16/12/2021) lalu, Tim Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Katolik (Unika) De La Salle Manado yang dipimpin oleh Martinus Geneo, S.Kep.,:Ns., M.Kes., selaku Ketua Tim dengan anggota tim Johanis Kerangan, S.Kep., Ns., M.Kep., Joanne Ingrid Robot, S.Ft, Physio., M.Fis dan Filly Jeannete Mamuaja, SST.Ft., M.Kes., serta 7 orang mahasiswa ini mendatangi Desa Kulu dan selanjutnya melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga  Hadirkan Blog Profesional Guru, Pemkab Talaud Gagas Seminar Online Gratis untuk Guru se-Sulut

Di Desa Kulu ini, Tim dari Fakultas Keperawatan Unika De La Salle Manado ini memberikan pendidikan kesehatan dalam bentuk pelatihan bantuan Hidup dasar bagi Aparat Desa, Kader Kesehatan Desa dan masyarakat Desa.

Pelatihan ini disambut baik oleh Penjabat Hukum Tua Desa Kulu Permenas Gorlette, S.Sos. Ia berharap jika ada kesempatan untuk mendapatkan edukasi kesehatan lagi masyarakat Desa Kulu dengan tangan terbuka dan sukacita pihak desa pasti menerimanya.

Sementara itu, Ketua Tim Martinus Geneo, S.Kep., Ns., M.Kes., juga menyampaikan banyak terima kasih atas penerimaan yang baik dari apparat desa dan seluruh warga masyarakat Desa Kulu yang sudah menerima tim untuk melakukan kegiatan pengabdian di Desa Kulu tersebut. (JPc)

Baca Juga  Kerendahan Hati Ataukah Kesombongan

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0