HomeHukum dan Kriminal

Edy Birton Lantik Elly Sumampouw Jadi Aspidmil Kejati Sulut

Edy Birton Lantik Elly Sumampouw Jadi Aspidmil Kejati Sulut

MANADO, JP- Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) Edy Birton, S.H.,, MH., melantik Kolonel Laut Elly J. Sumampouw S.H., sebagai Asisten Pidana Militer (Aspidmil) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut Upacara pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut berlangsung di Aula Sam Ratulangi Kejaksaan Tinggi Sulut, Rabu (10/08/2022)

Demikian rilis dari Kajati Sulut melalui Kasi Penkum Theodorus Rumampuk S.H., M.H., kepada jejakpublik.com.

Disebutkan bahwa sebelumnya Sumampouw menjabat sebagai Kabid Hukum dan Informasi (Analis Kebijakan Ahli Madya) pada Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah Bakamla.

Dalam sambutannya, Kajati mengungkapkan bahwa sejak tahun 2021 Kejaksaan telah menambah satuan kerja yang baru yakni Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer (JAM Pidmil), beserta struktur pejabat yang ada di dalamnya. Sedangkan untuk di daerah telah dibentuk Asisten Pidana Militer.

Selama ini,;lanjutnya, tugas dan fungsi Aspidmil di Kejaksaan Tinggi Sulut dilaksanakan oleh Aspidum selaku Plt. Aspidmil namun berdasarkan SK Jaksa Agung No. : Kep-IV-448/C/07/2022 tanggal 18 juli 2022 telah di tunjuk pejabat definitif yaitu Kolonel Laut Elly J. Sumampouw, S.H., sebagai Aspidmil pada Kejati Sulut yang telah dilantik hari ini.

Baca Juga  Kajati Sulut Hadiri Rapat Forkopimda Bersama Gubernur Sulut, Ini Yang Dibahas

“Berkenan hal tersebut saya ucapkan selamat kepada saudara Kolonel Laut Elly J. Sumampouw, SH sebagai Aspidmil pada Kejati Sulut. Saya yakin penempatan saudara pada jabatan ini akan mampu mendukung, menguatkan dan melengkapi dalam upaya membangun Kejaksaan khususnya organisasi Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer,” ujarnya.

Kajati berharap juga kepada Elly Sumampouw dapat aktif dalam Organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) dan sebagai Pengurus IAD Wilayah Sulawesi Utara,” jelasnya.

Lebih lanjut Kajati menjelaskan bahwa bidang Pidana Militer merupakan struktur baru di Kejaksaan RI yang salah satu tugas dan fungsinya adalah untuk mengkoordinasikan penanganan perkara koneksitas yaitu penanganan perkara tindak pidana yang melibatkan anggota TNI/Militer dan warga sipil, dan untuk Aspidmil Kejati Sulut wilayah kerjanya meliputi Provinsi Sulut, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga  Resmi Jabat Kapolda Sulut, Hari Ini Irjen Pol Mulyatno Tiba, Pdt Hanny: Selamat Datang, LMI Siap Bersinergi

“Oleh karena itu Aspidmil yang baru dilantik saya harapkan segera beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru. Laksanakan tugas sebaik baiknya, yaitu mengkoordinasikan pelaksanaan penanganan perkara koneksitas yang ada di wilayah Sulut, Gorontalo dan Sulteng. Sehingga salah satu tujuan d bentuknya struktur organisasi yang baru ini untuk mewujudkan Single Prosecution System atau Penuntut Umum Tunggal yang dilakukan oleh Kejaksaan sebagai pemegang asas Dominus Litis dapat terwujud,” katanya.

Yang diharapkan, menurut Kajati, Elly Sumampouw dapat memberi rasa keadilan, memberikan kepastian hukum, kemanfaatan hukum bagi masyrakat umum dan prajurit TNI pada khususnya.

“Sebagai struktur baru pasti banyak hambatan dan kendala dalam pelaksanaan tugasnya nanti, saya berharap hambatan serta kendala tersebut tidak menyurutkan semangat tetapi saya minta untuk sebaliknya menambah semangat,” paparnya.

Pada kesempatan ini pula Kajati mengucapkan selamat kepada para jaksa mendapat promosi jabatan.

“Saya selaku pimpinan mengucapkan selamat atas promosi jabatan yang baru dan bagi yang belum saya harap tetap bersemangat dan bersabar, karena yang belum mendapat promosi masih di butuhkan di sini. Yang penting tetap semangat dan jaga kekompakan,” ajaknya.

Baca Juga  Buka Rakernis Bidang Intelijen, Jaksa Agung Beri Apresiasi Puspenkum, Minta Kembangkan Lab Digital Forensik Kejaksaan

Selain itu Kajati mengucapkan terima kasih kepada Aspidum atas kinerja selama ini dalam mengemban tugas sebagai Plt. Aspidmil.

Dalam kesempatan ini juga Kajati mengingatkan kepada seluruh jajajarannya terkait tahun politik…

“Saya minta menjaga dan mewaspadai Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) di daerah masing- masing serta segera bentuk Posko Pemilu dan mengaktifkan Gakumdu disentra masing-masing,” tandasnya.

Ikut hadir dalam upacara ini Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Fredy Runtu, S.H., Asisten Intelijen Stanley Yos Bukara, S.H.,, MH., Asisten Pembinaan Topik Gunawan, S.H., M.H., Asisten Tindak Pidana Khusus Eko Prayitno, SH.,MH, Asisten Pengawasan Fatkhuri, SH, Asisten Tindak Pidana Umum Jeffry Maukar, SH.,MH, Para Kajari, Para Koordinator, Kabag TU dan Para Kasi di Kejati Sulut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19., (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0