HomeSosok

KABAR DUKA: Misionaris Terakhir dari Belanda di Keuskupan Manado Itu Tutup Usia

KABAR DUKA: Misionaris Terakhir dari Belanda di Keuskupan Manado Itu Tutup Usia

TOMOHON, JP – Awan duka menyelimuti Keuskupan Manado. Pasalnya, seorang Rohaniwan Katolik bernama Pastor Albertus B.G.J. Smit, MSC dikabarkan telah meninggal dunia di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon, Kamis (11/08/2022) dalam usia 82 tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun menyebutkan bahwa Almarhum yang akrab disapa Abi atau Miki oleh teman seminarinya ini lahir di Goor Belanda pada 22 Maret 1940 dengan nama lengkap Albertus Bernardus Gerardus Joseph Smit, dari pasangan suami – istri Johan J.B Smit dan Gorrit Dina Siemerink.

Menariknya, Almarhum tercatat sebagai misionaris terakhir dari Belanda yang berkarya di Keuskupan Manado. Secara khusus seluruh hidupnya diabadikan sebagai pembina dan pengajar di Seminari Menengah Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen Tomohon Kakaslasen sejak tahun 1967.

Baca Juga  Heboh GSVL Jadi Penjaga Laut di Opening Ceremony Manado Fiesta 2019, Ini Penjelasan Kadispar dan EO

Menariknya lagi, Almarhum pernah melayani dua paroki sebagai Pastor Paroki dengan nama Santo atau orang kudus yang sama yakni Paroki Santo Antonius de Padua Tara – Ttara tahun 1967 – 1985 dan Paroki Santo Antonius Padua Tataaran 1985 – 1987. Dan bahkan Almarhum juga menjabat sebagai Rektor Karmel, Kakaskasen Tomohon sejak tahun 1988.

“Pagi ini telah meninggal dunia konfrater kami Pastor Albertus Smit MSC di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon, Sulawesi Utara, pada pukul 09.17 Wita dalam usia 82 tahun. Beliau adalah misionaris terakhir dari Belanda yang berkarya di Keuskupan Manado. Secara khusus seluruh hidupnya diabadikan sebagai pembina dan pengajar di Seminari Menengah Santo Fransiskus Xaverius Kakaskasen Tomohon Kakaslasen. Mohon doa untuk keselamatan jiwanya. Kami yang berduka
Keluarga besar provinsiSC Indonesia,” demikian pesan yang dibagikan di group Serba Serbi KBK Keuskupan Manado.

Baca Juga  Wouuw! Walikota GSVL Ajukan Pinjaman Rp300 Milyar Lewat PT SMI, Pengamat: Sebaiknya Ditunda Usai Pilkada

Informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa Misa Requiem, Kamis (11/08/22022), pukul 19.00 Wita di Seminari Kakaskasen dan Misa Pemakaman, Jumat (12/08/2022) pukul 14.00 Wita di Seminari Kakaskasen.

Tak heran bila banyak sekali ucapan duka mewarnai laman media sosial. Ad Vitam Aeternam Pastor Smith. Tuhan pasti menjemputmu masuk ke dalam Kerajaan Surga. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0