HomeSosok

Erwin Kontu, Birokrat Muda dengan Seabrek Prestasi “Cerdas”

Erwin Kontu, Birokrat Muda dengan Seabrek Prestasi “Cerdas”

KEPUTUSAN hijrah dari Pemerintah kota Bitung ke Pemerintah kota Manado tahun 2017, mengejutkan banyak pihak.

Betapa tidak posisi sebagai Kepala Bagian Humas Pemkot Bitung membuat Erwin Kontu SH merupakan salah satu pejabat terpenting karena menjadi jubir Walikota dan Wakil Walikota Bitung.

Kadis Kominfo Erwin Kontu SH saat mempresentasikan aplikasi C3 di Kantor Walikota Manado.

Kedekatan dan selalu berurusan dengan para wartawan membuat Erwin, sapaan akrabnya sering menghiasi halaman surat kabar harian (koran, red), media online, televisi dan radio.

Namun langkah beraninya ini berdampak besar dalam kariernya, ketika pria bertubuh subur ini dilantik Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastian SE (GSVL-Mor) menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kota Manado.

Baca Juga  Rindu Pineleng jadi Destinasi Wisata, Ini Harapan Linda Kaunang

Meski dipandang sebelah mata, di mana sejumlah kalangan meragukan kemampuannya, namun suami dari Ita Dengah ini terus bekerja membuktikan kepercayaan pimpinan.

Kadis Kominfo Erwin Kontu saat mendampingi Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA mempresentasikan inovasi teknologi Pemkot Manado.

Pesimisme sejumlah pihak dijadikan tantangan bagi Ayah dari Queensy dan Febrian, untuk terus berkiprah menelorkan sejumlah terobosan dan inovasi brilian.

Statusnya sebagai pendatang baru dan tak memiliki kealihan luar biasa dalam mengelola TIK Pemerintahan, membuat mantan jebolan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini terus belajar sambil menjalani tugasnya mengelola Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado.

Nada pesimisme sejumlah kalangan ini, tidak membuat Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat ini ciut. Kejujuran tentang ketidakmengertian dan ketidakpahamannya, justru mendorong mantan Marketing Unilever di Sulawesi Tengah ini terus belajar mengasa kemampuannya dan berkarya untuk negara dan daerah.

Salah satu hasil karya Kadis Kominfo Erwin Kontu dan jajarannya.

Dan perlahan tapi pasti seiring berjalannya waktu, kesuksesan pun diukir oleh sosok yang rendah hati dan selalu bergaul dengan siapa saja ini, yang membuat kota Manado kian dikenal di level nasional bahkan internasional.

Baca Juga  Elisa Rakinaung Dilantik Jadi Wakil Dekan Fakultas Keperawatan Unika De La Salle, Flobamora Sulut Bangga

Sebut saja, kerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan launching aplikasi Cerdas Command Center (C3).

Terobosan dan inovasi brilian hasil karya Erwin bersama didukung para operator, para teknisi jaringan, programmer, desainer, dan web programming, serta staf Dinas Kominfo yang mumpuni ini, telah menghantar kota Manado meraih banyak penghargaan, tak hanya di tingkat provinsi Sulawesi Utara, tapi juga di level nasional hingga internasional.

Kadis Kominfo Erwin Kontu dan jajarannya.

Diantaranya, penghargaan RKCI, IKCI, Bhumandala 3 tahun berturut-turut, dan puncaknya World Champion Contact Center of the World 2018 dan Finalis ajang serupa pada 2019 di Barcelona.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Sonya Selviana Kembuan, Sosok inspiratif Kartini Masa Kini (Bagian 2)

Semua ini telah ikut menempatkan kota Manado sebagai The Rising Star Smart City, dan telah ikut mewujudkan Visi dan Misi dari GSVL-Mor menjadi Manado Kota Cerdas.

Sampai di sini, birokrat muda sarat pengalaman ini dinilai sukses melampaui cukup banyak seniornya yang telah lama berkiprah di ibukota Provinsi Sulut.

“Kami akan terus berkarya melahirkan inovasi dan terobosan terbaik untuk mendukung dan mewujudkan visi dan misi bapak Walikota dan Wakil Walikota Manado (GSVL- Mor, red),” janji Erwin.

Erwin Kontu dan istri Ita Dengah.

Kini di tengah kesuksesannya itu, Erwin dianugerahi “kado kehidupan” dari Sang Khalik, Tuhan yang Maha Kuasa. Selasa (15/10/2019) hari ini, dirinya genap berusia 45 tahun.

Selamat hari jadi Bung Erwin Kontu SH. Semoga selalu dianugerahi kesehatan yang baik, umur panjang, sukses dalam hidup dan karya serta diberkati selalu bersama keluarga. Proficiat! (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0