HomeBerita

Hari Ini Flobamora Sulawesi Utara Gelar Rakerda I di Gedung Rakyat, Bakal Dibuka Gubernur dan dihadiri Forkopimda Sulut, Ini Agenda-agendanya

Hari Ini Flobamora Sulawesi Utara Gelar Rakerda I di Gedung Rakyat, Bakal Dibuka Gubernur dan dihadiri Forkopimda Sulut, Ini Agenda-agendanya

MANADO, JP – Memaknai 1 tahun lahirnya organisasi masyarakat Flobamora Sulawesi Utara, Dewan Pimpinan Daerah ormas ini akan menggelar Rapat Kerja Dearah (Rakerda) I tahun 2023. Kegiatan yang mengusung tema “Mempererat Kekeluargaan, Membangun Peradaban” ini akan berlangsung di Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Jalan Raya Manado-Bitung, Kelurahan Kairagi 1, Kecamatan Mapanget Kota Manado, Minggu (09/07/2023) mulai pukul 11.00 Wita.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Dewan Penasihat Sebastian Sabon Aman yang juga adalah Ketua Panitia Pengarah Rakerda I Tahun 2023 kepada jejakpublik.com.

“Setelah melakukan persiapan dalam waktu yang sangat singkat maka siang ini kami akan menggelar Rakerda I tahun 2023 di gedung rakyat Kantor DPRD Sulut. Ini juga momentum kami memaknai satu tahun lahirnya ormas kami ini,” ujarnya.

Sabon Aman yang didampingi Sekretaris Panitia Pengarah DR Benedikta Mokalu mengungkapkan, Flobamora Sulawesi Utara merupakan sebuah organisasi masyarakat yang sudah berbadan hukum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia tentang Perkumpulan warga Provinsi Sulawesi Utara asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan keturunannya serta telah terdaftar di Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara dan kepengurusannya dilantik oleh Gubernur Sulawesi Utara di Kantor Gubernur Sulut yang keanggotaannya berjumlah ribuan orang.

Baca Juga  8 Klub Berjibaku di Laga Terakhir Penyisian Group Flobamora Cup

“Rakerda ini digelar dalam rangka memperkuat eksistensi organisasi sebagai perwujudan Undang-undang Dasar serta sebagai upaya konsolidasi organisasi dalam mengambil kesepakatan secara bersama dalam menyusun dan menetapkan program kerja tahun 2023 yang akan dijalankan,” jelasnya.

Dipaparkan Sabon Aman yang juga adalah sesepuh warga Sulut asal NTT ini, sejumlah agenda akan mengisi kegiatan Rakerda ini.

“Setelah acara seremoni pembukaan akan dilanjutkan dengan persidangan. Dalam persidangan disosialisasikan tentang AD/ART organisasi serta pengajuan dan pembahasan program kerja. Di akhir Rakerda akan diserahkan Surat Keputusan DPD Flobamora Sulut kepada para Ketua organisasi sayap yakni Pemuda Flobamora Sulut dan Mahasiswa Flobamora Sulut serta para Ketua Dewan Pimpinan Cabang Flobamora Sulut Kabupaten dan Kota,” bebernya.

Salah satu kegiatan Flobamora Sulawesi Utara yakni perayaan Natal dan Tahun Baru yang digelar pada awal tahun 2023 di JG Center, Kabupaten Minahasa Utara.


Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Gregorius Peuhulu yang didampingi Goreti selaku Sekretaris mengatakan bahwa kegiatan ini rencananya akan dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan dihadiri pimpinan Forkopimda Sulut.

Baca Juga  Baliho ODSK Marak di Instansi Pemerintah dan Sekolah Jelang Pilgub, Warga: Cuma Dorang deng Tuhan Yang Tahu

“Kami telah melayangkan surat undangan kepada Bapak Gubernur dan pimpinan Forkopimda sebagai wujud komitmen dan sinergitas kami. Dan seluruh pengurus akan menjadi peserta dalam Rakerda nanti,” kata sesepuh warga Sulut asal NTT ini.

Lanjut Ketua Dewan Pengawas DPD Flobamora Sulut ini, segala sesuatu yang menjadi kebutuhan Rakerda sudah dipersiapkan dengan baik, termasuk berkaitan dengan mekanisme persidangan.

“Meski ormas kami baru berusia satu tahun namun pelaksanaan Rakerda ini akan dilakukan seprofesional mungkin. Mudah-mudahan pelaksanaan Rakerda ini berlangsung aman, lancar dan sukses,” harap Peuhulu seraya menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan hari Minggu karena mayoritas pengurus merupakan pegawai swasta dan karyawan perusahan yang bekerja penuh Senin – Sabtu namun tidak mengganggu waktu umat Kristiani beribadah dan Misa.

Baca Juga  Ketua Asprov PSSI Sulut Joune Ganda Siap Buka Turnamen Sepak Bola Flobamora Cup

Di pihak lain, Pengurus Inti Flobamora Sulut yakni Ketua Umum Simon Sili Gesimaking, Ketua Harian Johny Nanggor, Sekretaris Umum Laurensius Reng, Bendahara Umum Eusabius Lewo Kelodo dan Wakil Bendahara Thadeus Nagur senada menegaskan kesiapan DPD Flobamora Sulut dalam melaksanakan dan menyukseskan Rakerda I ini.

“Selama satu tahun setelah ormas kami berbadan hukum dan terdaftar di Badan Kesbangpol Sulut serta kepengurusan dilantik Gubernur Sulut kami ‘door to door’ melakukan konsolidasi ke rukun-rukun warga Sulut asal NTT dan masyarakat Sulut asal NTT pada umumnya yang tinggal tersebar di 15 kabupaten kota di Sulut. Dalam konsolidasi ini kami juga sudah melakukan beberapa kegiatan penting dan strategis dalam rangka mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi sebagai warga diaspora di Sulut. Dan di momen HUT pertama ormas kami ini yang jatuh pada tanggal 29 Juni, kami menggelar rapat kerja daerah,” tandas mereka senada. (JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0