HomeManado City

Walikota Vicky Lumentut Resmikan Pasar Rakyat Buha Berfasilitas Lengkap

Walikota Vicky Lumentut Resmikan Pasar Rakyat Buha Berfasilitas Lengkap

MANADO, JP- Walikota Manado DR. Ir G.S. Vicky Lumentut SH., M.Si., DEA., telah meresmikan Pasar Rakyat Buha, yang berlokasi di Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Senin (22/03/2021).

Walikota GS Vicky Lumentut (kanan) bersama Kapolresta Manado Kombes Pol. Elvianus Laoly, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf RY Raja Sulung Purba, dan Dirut PD Pasar Stenly Suwuh, menekan tombol sirene sebagai tanda peresmian Pasar Rakyat Buha.

Dalam sambutannya, Lumentut mengatakan Pasar Buha merupakan program relokasi pedagang yang ada di pasar Tuminting.

“Pemerintah telah memfasilitasi permintaan para pedagang di pasar yang baru ini. Di sini jauh lebih baik dari yang di Tuminting. Jadi pedagan yang difasilitasi berjualan di Pasar Buha adalah pedagang dari pasar Tuminting. Dan saya sudah instruksikan kepada dewan direksi bahwa mereka yang lebih dulu. Setelah mereka baru saudara-saudara yang ada di sekitar pasar Buha,” ujarnya.

Walikota Manado G.S. Vicky Lumentut menandatangani prasasti peresmian Pasar Rakyat Buha.

Ia menegaskan pembangunan Pasar Rakyat Buha ini diselesaikan  sebelum tugas sebagai walikota saya akan berakhir.

Baca Juga  Berkat Kerja Cerdas GSVL-MOR, Manado Terpilih jadi Finalis Bhumandala Award

“Dari awal pembangunan ingin memastikan pembangunan pasar Buha selesai sebelum dia purna tugas,” katanya.

Menurut Lumentut kehadiran pasar Buha dapat menjadi motor penggerak ekonomi Kota Manado. Karena itu, dirinya juga berharap agar para pedagang dan pembeli bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Pasar Buha pada saat bertransaksi. Fasilitas dimaksud diantaranya jalur kendaraan umum yang masuk sampai ke dalam Pasar Buha.

“Ada trayek yang masuk sampai ke pasar Buha, dari pusat kota ke sini. Akan ada trayek baru yang akan melayani pemukiman-pemukiman baru yang belum terjangkau angkutan kota. Salah satunya yang sudah di evaluasi, trayek Pasar Buha lewat Politeknik keluar Kayuwatu lalu turun ke terminal Paal Dua. Selain itu ada lagi trayek pasar Buha ke Bengkol, Pandu belok Batu Saiki dan ke Tongkaina,” ungkapnya.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut membawakan sambutan di acara peresmian Pasar Rakyat Buha.

Tak hanya itu, lanjut Lumentut, akan disediakan layanan kesehatan di Pasar Buha. Dia juga menegaskan, agar seluruh pedagang yang belum divaksin agar didaftarkan melalui Direksi PD Pasar dan akan divaksin secara gratis guna memproteksi kemungkinan tertularnya virus Covid19.

Baca Juga  DPRD Manado Rapat Dengar Pendapat Bersama Mitra Kerja

“Jika ada pembeli atau pedagang yang sakit kita siapkan pos pelayanan kesehatan,” ucapnya.

Bahkan walikota pilihan rakyat dua periode ini berjanji, pihaknya sudah menyiapkan langkah mengantisipasi kurangnya pendapatan di awal berjualan.

“Pemerintah Kota Manado akan memberikan subsidi. Asal jujur akan kita fasilitasi,” tegasnya.

Walikota GS Vicky Lumentut (tengah) di acara Pasar Rakyat Buha.

Lebih jauh dikatakan Lumentut, keberadaan Pasar Buha akan memberikan dampak baik bagi perekonomian seluruh pedagang, dan konsumen bisa berbelanja dengan nyaman karena kondisi pasar yang tertata bagus tidak semerawut.

Baca Juga  Kawal Mor Bastiaan di Kampanye Dialogis, AA: MOR-HJP Pasti Menang

“Dan bagi masyarakat di sekitar Pasar Buha, selamat berbelanja di tempat yang relatif lebih baik dan nyaman. Saya titip tolong terus jaga kebersihan di pasar ini,” tukasnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat yang datang berbelanja untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Salam sehat, salam bersih dan salam rukun for torang samua,” pungkas Lumentut.

Dirut PD Pasar Stenly Suwuh (tengah) hadir di acara peresmian Pasar Rakyat Buha.

Sebelumnya, Dirut PD Pasar Stenly Suwuh menjelaskan, revitalisasi pasar tradisional dalam hal ini Pasar Buha ini, merupakan relokasi dari Pasar Tuminting yang sudah tidak lagi representatif.

“Pasar Buha sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk listrik, air bersih, lapak, kios serta sarana pendukung lain. Ketersediaan lapak sudah mencukupi, kalau ada kelebihan akan diberikan ke masyarakat sekitar Pasar Buha,” tandas Suwuh.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut bincang-bincang dengan Kapolresta Manado Kombes Pol. Elvianus Laoly.

Turut hadir Forkopimda dalam peresmian pasar rakyak Buha diantaranya, Kapolresta Manado Kombes Pol. Elvianus Laoly, Dandim Manado,  Asisten 2 Pemkot Manado, Kadisperindag Manado, Camat Mapanget, Camat Tuminting Bonix Saweho, Dirut PD Pasar Stenly Suwuh, jajaran Direksi dan Staf PD Pasar Manado. (Advetorial/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0