HomeBerita UtamaPendidikan & Agama

2021, Digitalisasi Sekolah Dimulai, Dana BOS di Daerah 3T Ditingkatkan

2021, Digitalisasi Sekolah Dimulai, Dana BOS di Daerah 3T Ditingkatkan

JAKARTA, JP- Selama ini pemerintah telah menerapkan kebijakan pembelajaran secara digital buntut dari pandemi Covid-19.

Kini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI aka menghadirkan program digitalisasi sekolah pada tahun depan atau 2021.

“Jadi tahun depan digitalisasi sekolah
akan menjadi tema utama,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, sebagaimana dirilis dari Kompas.com.

Wacana tersebut jelas Nadiem, dilakukan untuk mengantisipasi pembelajaran secara digital seperti dilakukan selama pandemi.

“(Sebagai) persiapan, semua sekolah mempunyai gawai, yaitu laptop untuk bisa mengerjakan baik PJJ atau digitalisasi sekolah untuk dapat pelatihan terbaik, kurikulum online, dan lain-lain,” jelasnya.

Baca Juga  Pastor Mangkey Ungkap 3 Perjumpaan Sri Paus di Mosambik

Menurut Nadiem, Kemendikbud akan menganggarkan sebesar Rp 1,175 triliun, untuk pengadaan unit laptop bagi guru dan siswa menghadapi uji asesmen kompetensi yang direncanakan Kemendikbud berlangsung tahun depan, serta juga untuk memberikan TIK yang layak bagi guru-guru dan anak-anak.

“Selama pandemi telah disalurkan bantuan kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen, untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara daring. Kebijakan yabg dinilai tepat ini merupakan yang pertama dalam sejarah Indonesia,” jelasnya.

Menariknya, Nadiem mengusulkan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membuat dompet digital siswa. Di mana, lanjutnya, dalam nomor bantuan kuota juga disertakan layanan dompet digital untuk mempermudah distribusi bansos.

Baca Juga  Dalam 4 Hari, Gadis Ini Diduga Dicabuli Tiga Pria

Soal dana BOS, skema penyalurannya diubah di mana langsung diterima oleh kepala sekolah. Bahkan, selama pandemi, sekolah dapat menggunakan anggaran secara bebas tanpa ada restriksi yang sebelumnya diatur pemerintah.

Khusus mengenai dana BOS untuk sekolah di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T), Kemendikbud akan memperbesar alokasi anggarannya mulai tahun 2021, di mana per anak akan menerima dana BOS.

“Kita tambahkan hampir Rp 3 triliun tambahan dana BOS untuk akomodasi. Tidak ada yang dikurangi. Tapi di daerah 3T, sekolah kecil di pulau-pulau, daerah terluar, akan meningkat per siswanya,” tandasnya. (JPc/kpc)

Baca Juga  Biadab! Buruh Bangunan Ini Tega Bunuh Ibu Kandung Demi Senangi Mertua

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0