HomeNusa Utara

Kegiatan Paskah Nasional Tahun 2022 di Talaud Resmi Dimulai

Kegiatan Paskah Nasional Tahun 2022 di Talaud Resmi Dimulai

MELONGUANE, JP – Pelaksanaan kegiatan Paskah Nasional Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, resmi dimulai ditandai Pencanangan Paskah Nasional Tahun 2022 oleh Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut didampingi Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga di Monumen Yesus Memberkati, Kota Melonguane, Talaud, Kamis (14/04/2022).

Selebrasi Paskah Nasional Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud akan digelar pada 17 Mei 2022 mendatang di Kota Melonguane. Namun rangkaian kegiatan menyambut acara keagamaan bersekala nasional itu resmi dimulai hari ini, diawali Peluncuran Akbar atau Grand Launching Paskah Nasional yang dikemas dalam empat sesi kegiatan.

Keempat kegiatan tersebut, yakni ibadah yang digelar di Gereja Jemaat Germita Bukit Sinai Melonguane Barat. Ibadah dipimpin oleh Sekum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty dan dihadiri Bupati Elly Engelbert Lasut, Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga, Ketua Sinode Germita Pdt. Arnold Apolos Abbas dan Sekda Talaud Yohanis B. K. Kamagi, selaku Ketua dan Sekretaris Panitia Lokal Paskah Nasional XVIII, unsur Forkopimda Talaud, para pimpinan dan pengurus gereja-gereja setempat, para pejabat dan pegawai Pemkab Talaud serta masyarakat setempat.

Baca Juga  Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Talaud Dimulai Jumat Esok

Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi Salib Paskah Nasional dari Gereja Jemaat Germita Bukit Sinai Melonguane Barat menuju Monumen Tuhan Yesus Memberkati di Kompleks Perkantoran Pemkab Talaud. Prosesi yang dibuka Bupati Elly Lasut didampingi Wakil Bupati Moktar Parapaga turut diikuti Sekum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty juga Ketua dan Wakil Ketua DPRD Talaud, Jakob Mangole dan Djekmon Amisi.

Menariknya, prosesi yang melewati pusat Kota Melonguane di bawah panas terik itu diiringi dengan Drum Band dari para pelajar setempat serta lakon kisah sengsara Yesus Kristus oleh Tim Teater Jemaat Germita Bukit Sinai Melonguane Barat yang memantik perhatian ratusan warga yang mengikuti prosesi, juga masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan Salib Paskah Nasional.

Rangkain kegiatan akhirnya memuncak pada selebrasi pencangan Paskah Nasional XVIII di Monumen Tuhan Yesus Memberkati. Kegiatan pencanangan sendiri diawali dengan doa pencanangan yang kembali dipimpin oleh Sekum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty  diikuti penyerahan Salib Paskah Nasional dari Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty kepada Bupati Elly Lasut dan dari Bupati Elly Lasut kepada delapan pimpinan gereja yang mewakili pimpinan gereja-gereja arasy nasional untuk selanjutnya diarak ke seluruh kecamatan dan desa di Kepulauan Talaud.

Baca Juga  Salib Paskah Nasional Diarak di Desa Rainis

Pencanangan Paskah Nasional juga ditandai dengan pelepasan burung merpati secara bersama-sama oleh Bupati Elly Lasut dan Sekum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty serta penerimaan dan pelepasan Salib Paskah Nasional secara adat oleh Ratumbanua Melonguane Ramli Adam.

Kesempatan itu, Bupati Elly Lasut menyampaikan, dengan dilakukannya Pencangan Paskah Nasional ini, maka seluruh rangkaian kegiatan Paskah Nasional XVIII di Kabupaten Kepulauan Talaud secara resmi dimulai.

“Semoga ini, kemudian menjadi tanda dimulainya launching, dimulainya perayaan Paskah Nasional yang dimulai hari ini. Tuhan Yesus Memberkati,” pungkas Elly Lasut saat menyerahkan Salib Paskah Nasional XVIII  yang diterimanya dari Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty kepada perwakilan delapan gereja arasy nasional.

Baca Juga  Sekum PGI: Indonesia Bukan Cuma Jakarta

Perarakan Salib Paskah Nasional XVIII di 19 kecamatan, 11 kelurahan dan 142 desa se-Talaud direncanakan berlangsung selama 17 hari. Perarakan dimulai pada Senin, 18 April dari Desa Sawang, Kecamatan Melonguane dan berakhir di Kelurahan Melonguane, Kecamatan Melonguane sehari sebelum acara puncak yang digelar pada 17 Mei 2022.

Sekretaris Panitia Lokal Paskah Nasional yang juga Sekda Talaud, Yohanis B. K. Kamagi menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Inspektur Jenderal RII Kementerian RII Dr. Jan Maringka sebagai Ketua Paskah Nasional dan seluruh jajaran serta Sekum PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty, para pendeta, gembala, pastor dan tetua adat juga semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pencanangan Paskah Nasional yang telah berjalan dengan lancar dan berakhir dengan baik.

“Tuhan memberkati bapak ibu semua. Memberkati kita semua sampai puncak acara Paskah Nasional Tahun 2022,” pungkas Kamagi saat menyampaikan ucapan terima kasih usai pencanangan yang ditutup dengan ramah tamah. (Rey/JPc)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0